Tips Merawat Kolam Koi

Jan 13th, 2015 | By | Category: Kolam koi

MERAWAT KOLAM KOI — Banyak penghobi koi pemula berfikir bahwa mereka cukup memasukkan koi ke dalam kolam, memberi makan dan cukup melihat mereka tumbuh. Tanpa peduli dengan kondisi kolam dan air, padahal Koi merupakan ikan yang sangat sensitif akan perubahan ekosistem mereka. Perubahan ekosistem yang menjadi buruk membuat kesehatan ikan koi akan menurun dan sulit berkembang, bahkan berujung pada kematian.

Untuk merawat kolam koi agar ikan koi tetap dalam kondisi yang sehat dan indah, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan antara lain:
1. Jaga permukaan Kolam agar tetap bersih dari kotoran seperti daun-daun dan kotoran lainnya. Daun yang jatuh ke kolam koi dan membusuk akan meningkatkan jumlah amoniak terlarut dalam air.

2. Periksa filter kolam secara teratur. Pastikan tidak ada sumbatan dan kotoran yang menghambat kerja filter. Filter kolam yang tidak bekerja dengan baik akan membuat kondisi kolam koi kotor dan air yang buruk.

3. Bersihkan dasar kolam koi dengan vacuum cleaner untuk dasar kolam atau deengan media lainya. Endapan kotoran pada dasar kolam koi berpotensi booming amoniak yang berbahatya bagi kesehatan ikan koi.

4. Periksa volume kolam secara periodik. Secara alamiah air kolam koi akan berkurang karena penguapan. Memeriksa kedalaman air kolam seminggu sekali dan menambahkan air secukupnya merupakan hal yang baik. Selain itu ada kemungkinan kebocoran pada sistem filter bahkan pada kolam.

5. Selalu memantau ikan koi. Perilaku koi biasanya menunjukkan gejala-gejala tertentu akan hinggapnya suatu penyakit. Misalnya saja koi sering menggosok-gosokkan badan, bisa jadi ada bakteri atau kutu yang hinggap di badannya.

6. Memberikan nutrisi tambahan pada ikan dan kolam jika diperlukan.

7. Kontrol pertumbuhan ganggang/algae dengan Algaecida atau dengan cara alami lainnya, seperti filter yang baik, UV Lamp dan lain-lain.

8. Batasi polulasi ikan pada kolam agar jangan overpopulated. Jumlah ikan yang berlebihan akan meningkatkan kadar amonia dalam kolam yang akan membahayakan kesehatan ikan koi.

Merawat koi pada dasarnya adalah bagaimana merawat kesehatan air kolam koi yang baik. Jika kondisi kesehatan kolam koi baik maka koi akan tumbuh baik dan indah untuk dipandang.

Tags: , , , ,

Popularity : 15,389 views


4 comments
Leave a comment »

  1. bos minta izin yha mau nitip ….ane mau jual cepet Blagdon Pond Monsta Vacuum cocok buat kolam ikan kondisi masih gress…. ane mau jual 3 juta lengkap ma hostnya buat yang minat bisa contact nomer ane 27927602 lokasi di tangerang.. buat agan” yang serius

    Reply

  2. Dimana bisa di beli flexycoat, saya cari2 dikota saya tinggal gak ada yg jual.

    Reply

  3. Saya punya dirumah
    Tapi adakah yang tahu parts-nya
    Karena mau beli yang bagian plastik bening tempat pompa-nya.

    Reply

  4. Kolam Koi saya berbentuk Z disebagian kiri rumah. Dengan ukuran total panjang 9 meter lebar 60 cm dan kedalaman 50 cm. Jumlah yang saya pelihata 50 ekor sebaguan besar berukuran 25-35, sebagian 15 cm. Ukuran filter 40x 40×40 cm tiap chamber. Kolam saya terdiri dari 4 chamber. Chamber pertama untuk menampung air dari kolam kemudian masuk ke chamber ke 2 yg berisi filter , kemudian masuk ke chamber 3 juga ada filter dan selanjutnya masuk ke chamber 4 tempat penampunhan air bersih. Air bersih sanjutnya dipompa dengan kapasitas 8 L/jam menuju kolam Koi. Namun setiap 3-4 hari air menjdi keruh. Sebelum masuk kekolam air dilewatkan sinat UV dg kapasitas 10 watt. Pertanyaan saya apakah kurang kapasitas pompa dan pimpa UV ?

    Reply

Leave Comment