Stres Pada Ikan Koi

Oct 14th, 2015 | By | Category: Koi Care

STRES IKAN KOI —  Seperti halnya manusia dan makhluk hidup lainnya, ikan koi juga bisa mengalami stres. Stres pada ikan koi ini patut diwaspadai karena bisa memicu efek lanjutan yang bisa berakibat buruk pada ikan. Stres yang berkelanjutan bisa membuat ikan sakit dan akhirnya mati. Karena itu perlu dilakukan deteksi dini gejala stress pada ikan koi dan penanggulangan yang tepat.  Salah satu tanda ikan koi stress adalah aktivitas melompat. Biasa kita jumpai ikan baru masuk kolam  melompat keluar hingga menimpulkan luka, penyakit dan akhirnya mati.

Gejala Ikan Koi Stres

Salah satu gejala stres yang ditandai dengan ikan yang melompat biasa terjadi saat ikan koi baru masuk ke kolam baru. Ini wajar karena ikan sedang beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Ikan Koi ini melompat “keluar” karena ada sesuatu di dalam air yang tidak sesuai dengan keinginan mereka, sehingga mereka mencari tempat lain yang dianggap lebih nyaman.
Selain gerakan melompat ingin mencari tempat baru, gejala stres pada ikan koi bisa juga ditunjukkan dengan dengan tidak mau makan mudah terserang  penyakit. Ikan Koi yang  stres juga nampak lesu dan diam saja. Gejala lain stres pada ikan koi adalah warna yang memudar, berat tubuh yang berkurang, ada  luka dan hilangnya beberapa sisik. Sirip dan ekor yang berdarah juga bisa menjadi pertanda ikan koi mengalami stres.

Penyebab Stres Pada Ikan Koi

Beberapa penyebab Ikan koi mengalami stres adalah sebagai berikut :
1.PH dalam air mengalami perubahan atau fluktuasi yang significant.
2.  Kadar Amonia dalam kolam meningkat drastis.
3. Kualitas Air yang menurun
4. Kualitas makanan ikan koi yang buruk.
5. Makanan ikan yang sudah kadaluarsa.
6. Kebisingan atau kegaduhan sekitar kolam karena beberapa aktivitas fisik.
7. Perubahan cuaca yang ektrim, ini biasa terjadi pada kolam yang dangkal.
8. Masuknya zat-zat kimia ke dalam kolam.
9. Perpindahan kolam

Cara Mengatasi Stres Pada Koi

Nah itu adalah beberapa gejala dan penyebab dari ikan koi yang stres. Selanjutnya bagaimana menanggulangi ikan koi yang stress?  Sebenarnya sederhana saja cara  mengatasi ikan koi yang stres. Kuncinya adalah meningkatkan kualitas air pada kolam. Kondisikan kolam pada kondisi air yang ideal, jangan sampai tersisa hal-hal yang menyebabkan koi stres tadi. Berikan aerasi yang cuku, sehingga air kolam kaya akan oksigen. Selain itu berikan makanan ikan koi yang berkualitas bagus dari segi gizinya  dan masih layak konsumsi. Penting juga memberikan makanan yang tepat dari segi jumlahnya, karena jika sampai kurang , koi akan kekurangan nutrisi. Sebaliknya jika berlebih akan menimbulkan polusi pada kolam.

Sumber:
Mac Library

Tags: , , , , , ,

Popularity : 15,408 views


Leave Comment