Kesalahan Dalam Memberi Makan Ikan Koi

Oct 12th, 2011 | By | Category: Makanan Koi

CentralkoiMemberi makan ikan koi merupakan saat yang menyenangkan dalam memelihara ikan koi. Namun terkadang ada beberapa kesalahan yang dilakukan dalam memberikan makanan koi yang tidak disadari. Kesalahan ini terkadang sampai berakibat fatal dari penurunan kualitas hingga kematian ikan koi. Kaidah umum dalam memberi makan ikan koi adalah lebih baik memberi makan dengan jumlah sedikit namun dalam frekuensi yang sering lebih baik daripada memberi makan dengan jumlah banyak dengan frekuensi yang jarang.

Kesalahan pertama yang sering dilakukan orang dalam memberi makan koi adalah Overfeeding atau memberi makanan secara berlebihan. Meski koi selalu lahap jika diberi makanan namun makanan yang berlebihan ini tidak akan dicerna dengan baik oleh koi dan akan dibuang sebagai kotoran. Kotoran ini selain akan mencemari lingkungan kolam juga akan membuat filter kolam bekerja lebih keras.

Sisa makanan yang berlebih ini harus segera dibuang dari kolam sesegera mungkin sebelum membusuk. Makanan koi yang membusuk akan menghasilkan racun yang berbahaya bagi ikan koi.

Kesalahan yang kedua adalah terlalu sering memberi makan atau kurang. Frekuensi memberi makan ikan koi bervariasi tergantung pada suhu air kolam. Semakin dingin suhu air kolam, metabolisme tubuh koi semakin lambat sehingga frekuensi pemberian makanan juga harus dikurangi, sebaliknya jika suhu air kolam meningkat metabolisme tubuh ikan koi juga meningkat sehingga frekuensi pemberian makanan juga meningkat.

Kesalahan ketiga adalah mengubah pemberian makanan dengan merek yang berbeda secara mendadak. Mengganti makanan dengan merek yang berbeda perlu dilakukan secara bertahap, dengan mencampurkan dengan makanan yang lama. Campuran makanan dengan proporsi yang sedikit makanan baru, kemudian meningkat sampai semua beralih ke makanan baru. Rentang waktu kurang lebih 7-10 hari.

Jenis-jenis makanan tertentu tidak boleh diberikan pada ikan koi dan perlu dihindari. Makanan-makanan tersebut antara lain makanan burung,jagung, kacang tanah, roti, nasi dan kacang polong. Alasan nasi dan roti tidak bisa diberikan untuk makanan koi adalah karena mengembang ketika terkena air. Makanan yang berkarbohidrat tinggi akan menyebabkan obesitas pada ikan koi.

Kesalahan lain adalah memberikan makanan suplemen yang berlebihan. Makanan suplemen bagi ikan koi bermacam-macam, pastikan memberikan suplemen sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan. Jangan memberikan suplemen yang tidak diperlulan.

Dengan memberikan makanan yang baik dan tepat akan menghindarkan kita dari memberikan makanan yang salah pada koi, sehingga koi tetap sehat dan indah tentunya.

Sumber:

http://koicarebasics.com/important-koi-food-mistakes-to-avoid/

Tags:

Popularity :


29 comments
Leave a comment »

  1. ikan koi saya tiba-tiba diam -nafas seperti terengah-engah dan kemudian tergelepar, tidak ada kelainan di kulit , kira-kira kenapa ya

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ada banyak kemungkinan, bisa jadi keracunan makanan, bisa kekurangan oksigen atau penyakit yang tidak terlihat. Coba teliti hal-hal sebelum kejadian , juga lihat bagian insang apakah normal atau busuk insang.

    Reply

  2. Dalam satu minggu ini ikan saya mati gejalanya diam di atas tidak mau mkan thiba2 mati knpa ya

    sempat/tidak tlng di balas

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ada beberapa kemungkinan al:perubahan suhu yg mencolok,masuknya penyakit baik dr air ,makanan,ikan baru dll,selain ituq periksa apakah ikan mengalami stress sebelumnya

    Reply

  3. Pakan ikan yg benar untuj ikan koi itu namanya apa??
    Dan apakah perlu ikan koi itu diberi makanan berserat (seperti : selada air,tomat,jeruk,cacing,udang)??
    Dari makanan berserat tersebut mana yg lebih baik seratnya (klo cacing saya agak jijik sih)??

    Reply

    koikeeper Reply:

    Banyak merek pakan koi dari yg murah hingga mahal (import), misal breederpro,konishi dll. Atau pelet untuk ikan lainnya,sesuaikan saja dg kualitas koi kalau koi kualitas biasa dikasih pakan mahal sayang pakannya. Makanan tambahan yg berserat bagus untuk pencernakan koi baik pakan buatan maupun pakan alami spt yg disebutkan, hanya kalau belum biasa perlu dibiasakan terlebih dahulu.

    Cacing mengandung protein yg tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan koi, burayak koibiasanya diberikan cacing sutra pada awal pertumbuhannya.

    Reply

  4. saya sudah mempunyai ikan koi sejak 2th yg lalu yg saya pertanyakan bgaimana cara’y untuk pertumbuhan’y semakin cepat, dan yg saya lebih heran lg saya memberi mkan setiap hari tetapi tumbuh’y lama sekali bgaimana cara menanggulangi’y ??
    Trimakasih,

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan koi al:
    1. Genetik ikan koi, koi yang berasal dari indukan yang besar cenderung bisa besar, kematangan telur saat dipijahkan dll.
    2. Lingkungan kolam (kondisi air, suhu,kedalaman,luas,intensitas sinar matahari, kepadatan ikan dalam kolam).
    3. Makanan yang mengandung gizi yang cukup.
    4. Riwayat pemeliharaan koi, jika koi sudah pernah terganggu pertumbuhannya cenderung susah besar.

    Silahkan dianalisa beberapa kemungkinan pada ikan yang anda pelihara apakah dari keturunan koi besar atau tidak, kondisi kolam dan apakah ikan pernah mengalami gangguan pertunbuhan.

    Reply

    allo Reply:

    owhh bgtu yea ..
    mkasih banyak yeah info’y .. :)

    Reply

  5. saya baru nyoba-nyoba pelihara koi nih. jenis yang saya pelihara diantanya: koi kohaku, kujaku, tancho ogon platinum, shiro bekko.
    mau tanya nih:

    1. berapa persentasi jumlah pakan yang diberikan dari bobot total ikan koi, apa sama dengan persentasi pakan ikan konsumsi yaitu 3-5 %?
    2. saya menggunakan pakan takari, kebetulan tancho ogon platinum masih dalam tahap pengembangan, apa dapat mempengaruhi bahkan merusak tanco pada ogon platinum saya?
    3. saya memelihara koi tersebut pada bak fiber, apa perlu dilakukan pemasangan lampu, mengingat pada bagian bak fiber tersebut suasananya kurang cahaya?
    4. pentingkan pencahayaan bagi ikan koi, apa fungsinya?

    terima kasih, mohon penjelasannya.

    Reply

    koikeeper Reply:

    Persentase makanan hampir sama dengan ikan lainnya, lebih bagus pemberian makannya sedikit sedikit tapi sering. Kalau secara genetik merah pada tancho memang strong dan Hikari pada ogon juga demikian, pakan tersebut tidak terlalu berpengaruh. Ada baiknya kolam koi mendapatkan sinar matahari dan tidak bisa tergantikan oleh lampu.

    Wassalam.

    Reply

  6. ikan koi saya udh 3 hari diam-diam saja dibawah dan nafasnya engap-engap, tadi pagi udh ad yg mati 1. tolong ini harus bagaimana. ini mungkin penyebabnya adalah airnya yang kotor karena terlalu banyak ikan di aquariumnya. tadi pagi saya sudah pindahkan ke aquarium yang lain yang bersih, apakah dengan memindahkan koinya bagus atau bisa memperburuk keadaan ikan koi tsb.

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ganti Air seluruhnya, jika ada tempat pindahkan bak karantina, kasih garam ikan dan Elbayou, Aerasi yang besar, dan suhu air agak tinggi (pasang heater).

    Reply

  7. saya masih baru dalam memelihara koi… ikan koi saya ada bebrapa yg sering naik ke permukaan kolam sambil terengah-engah dan kurang nafsu makan, kira2 apa ya penyebabnya dan bagaimana cara efektif untuk mengatasinya soalnya sdah sya kasih garam berkali-kali tp belum ada perubahan….terima kasih..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ada beberapa kemungkinan penyebabnya:
    1. Ikan sakit,perlu ditelusur lagi lebih jauh kondisi fisik apa ada luka,memar dan lain sebagainya selanjutnya diberikan pengobatan yang sesuai.
    2. Kolam kurang oksigen, coba cek aerator, pomppa dan filter
    3. Kolam terlalu padat, kurangi kepadatannya.

    Jika tidak mau makan sebaiknya, dipuasakan dulu tidak usah diberi makan. Buang pakan yang tidak habis setelah itu beri makan sedikit2 asal habis. Setelah lahap makannya baru beri makan secukupnya. Semoga membantu.

    Reply

  8. mohon infonya agan2. ikan koi saya tidak mau makan setelah saya lakukan pemijahan. mohon bimbingan penyebabnya, dan bagaimana untuk menanggulanginya. karna,ini pertama kalinya saya melakukan pemijahan. terima kasih.

    Reply

    koikeeper Reply:

    Habis Mijah jangan kasih makan dulu, tempatkan pada kolam dengan aerasi yang cukup besar.

    Reply

    bambang Reply:

    terima kasih atas infonya..

    Reply

  9. Gw punya koi,,sebagian ada yg hamil.,,.tetapi ikan itu ukuran masih kecil.,bagaimana cara mengatasinya.,.adakah makanan / obat untuk menggurkan tanpa harus dipijahkan.,.???
    karena ikan yg hamil terus” an kan akan merusak body ikan,.,

    Reply

    koikeeper Reply:

    Tidak ada cara lain kecuali harus buang telur. Pindahkan ke kolam/bak baru dengan air baru,sebelum bak diisi air harus kering, beri enceng gondok atau ijuk. Biasanya Koi yang gendong telur cukup matang akan mengeluarkan telur dalam kondisi demikian. Habis itu buang saja telurnya.

    Reply

    Aligia Ronny Reply:

    Thx info nya.,..,.

    Reply

  10. fren… tlongin… aq… ikan koi.. aq tadi pagi mati 3.. secara.. tiba”… soalnya.. ri kmrin.. ikan koi.. aq.. baek baek.. ajah… gak mnjukan… kejanggalan mau mati…

    Reply

    koikeeper Reply:

    Kuras Kolam, Ganti air baru, Kasih garam dan elbayaou, aerasi yang kenceng

    Reply

  11. owh.. gtu.. yah… fren….. trus.. klau… tiba tiba… mata.. ikannya.. jadi.. buta.. satu.. napa… ??graknya..sikh masih.. lincah.. tapi.. jalnya.. miring miring…

    Reply

  12. ffrenn… tlongin aq.. ikan…. koi. aq tadi.. mati lagi.. pdahal.. kmrin.. dan semalem.. grakanya.. lincah.. lincah.. semua.. tapi.. knpa.. masikh… paginya. mati jga…

    Reply

  13. Bisa bantu referensi pembuat Kolam Ikan Koi yang bagus tapi dengan biaya yang agak miring. Tks

    Reply

  14. Dear Bro,

    Berapa ekor koi yang ideal untuk ukuran kolam 1mx3,5mx0,80m.

    Thanks.

    Reply

  15. Gimana ya cara mengatasi ikan koi yang tidak mau makan?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Perlu dicek dulu apa penyebab Koi tidak mau makan, bisa karena sakit, Stress atau takut dengan orang. Jika sakit harus diobati dulu. Coba dipuasakan dulu selama beberapa hari lalu beri makan sedikit demi sedikit.

    Reply

Leave Comment