Yang Perlu Diperhatikan Dalam Desain Taman Indoor

Mar 1st, 2013 | By | Category: Landscaping

Taman indoor atau taman dalam ruangan bisa menghadirkan suasana yang segar di dalam ruangan. Tentunya semuanya sepenuhnya menjadi hak anda untuk menentukan desain taman indoor yang sesuai dengan keinginan hati. Membuat desain taman indoor sebenarnya bisa kita lakukan sendiri. Dengan beberapa referensi dan tool yang telah ada anda bisa tentukan sendiri. Selanjutnya jika desain taman indoor sudah selesai, tinggal serahkan pada ahlinya.

Namun sebelum anda membuat desain taman indoor, ada beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan, agar taman indoor anda berfungsi maksimal dan menambah keasrian rumah anda.

Taman indoor

Taman Indoor, Gambar decor-details.onsugar.com

1.Cahaya

 

Taman membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis. Bila cahaya kurang, tanaman akan kesulitan untuk mengolah nutrisinya sehinga tanaman kelihatan seperti kekurangan pupuk. Ciri-ciri tanaman yang kekurangan cahaya adalah daun yang menguning dan bentuk tanaman yang memanjang (etiolasi) sehingga tanaman menjadi lemah dan mudah patah.

Untuk menyiasati cahaya di dalam ruangan, gunakan lampu khusus yang menggantikan matahari. Sebagai gambaran dengan lampu berkekuatan 70 watt, ia dapat menerangi ruangan 4 meter persegi.

Walaupun demikian, akan lebih aman jika Anda memilih tanaman yang tidak membutuhkan cahaya terlalu banyak seperti jenis dracena , phylodendron , aglaonema dan lumut. Sebagai pengganti rumput untuk taman indoor bisa digunakan jenis Selaginnela .

2. Sistem Drainase

Sistem drainase harus dibuat di awal untuk membuang kelebihan air pada media tanam. Caranya bisa dengan menggunakan pipa yang diberi lubang kemudian disalurkan ke pembuangan.

3. Penyiraman

Untuk tanaman indoor penyiraman dilakukan lebih sedikit daripada outdoor karena kebutuhan air lebih minim, misalnya sekali sehari.

4 .Nutrisi & Media Tanam

Media tanam yang digunakan sebaiknya memiliki porositas yang tinggi sehingga air tidak menggenang dan pupuk tidak tercuci karena penyiraman. Misalnya zeolit, red lavarock , sekam bakar, cocopeat . Hindari menggunakan media tanam yang mudah tergenang sebab memungkinkan adanya cacing atau binatang lainnya.

Sumber:
http://www.tabloidnova.com/Nova/Griya/Taman/4-Desain-Taman-Dalam-Ruang

Tags: , ,

Popularity : 28,210 views


Leave Comment