Menggunakan Lampu LED Pada Kolam Koi

Aug 11th, 2011 | By | Category: Landscaping

Centralkoi– Menikmati keindahan ikan koi pada malam hari banyak dilakukan oleh orang yang sibuk. Saat siang hari berkutat dengan aktifitas pekerjaan, malam hari menjadi waktu yang tepat untuk duduk di pinggir kolam koi. Selain sorotan lampu pada kolam ikan, warna-warni lampu di sekitar kolam akan menambah indahnya suasana.

Sala satu pilihan lampu kolam ikan adalah lampu LED. Lampu led selain bisa warna-warni juga memiliki daya rendah, sehingga hemat konsumsi listrik. Berikut beberapa trik dalam menggunakan lampu LED untuk kolam ikan.

1. Pilihlah lampu LED dengan daya tegangan yang rendah serta perlengkapan pencahayaan untuk penggunaan bawah air. Selalu pilih berdasarkan kualitas, karena kualitas yang bagus akan menjamin usia pakai yang lebih tahan lama. Hindarilah penggunaan perlengkapan pencahayaan dari bahan plastik karena lebih mudah rusak ketika dipasang di bawah air.

2. Untuk memilih transformator yang sesuai, Anda harus menghitung besarnya daya yang diperlukan. Caranya mudah, akumulasikan besarnya daya semua lampu yang ingin Anda pasang kemudian kalikan jumlahnya dengan 115 persen untuk menentukan besarnya daya minimal transformator yang dibutuhkan.

3. Beli transformator yang memiliki daya untuk semua besaran lampu yang Anda pasang di kolam tersebut. Jika memungkinkan, memilih transformator dengan daya yang lebih besar akan lebih menguntungkan, jika ternyata kelak Anda berniat menambahkan jumlah pencahayaan di area kolam tersebut. Jangan lupa tambahkan juga timer (dimer) untuk mengatur besarnya intensitas cahaya dari setiap lampu hias. Penggunaan aksesori photocell juga akan membantu Anda menghemat penggunaan listrik, karena lampu otomatis hanya akan menyala ketika suasana gelap atau senja.

4. Pasang lampu pada kolam sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan dari pabrik. Jangan lupa tambahkan filter warna jika memang dibutuhkan. Jangan pernah menghubungkan lampu dengan sumber listrik sebelum benar – benar terpasang!

5. Letakkanlah transformator ke dalam kotak tersendiri, sehingga akan memudahkan Anda ketika terjadi kerusakan instalasi pencahayaan pada kolam.

Setelah semuanya terpasang dengan benar, ingatlah untuk selalu melakukan pengecekan instlasi lampu LED pada kolam dan taman sehingga memudahkan Anda mengantisipasi adanya kerusakan.

Sumber:

http://iderumah.com/info-perumahan/tips-menggunakan-lampu-led-pada-kolam-di-taman.html/

Tags: ,

Popularity : 19,141 views


One comment
Leave a comment »

  1. Hi dear friends,

    We DL Light are Chinese factory, focus on producing Led lights such as led tubes, led panels, led strips, and bulbs. pls refer to http://www.dl-light.com for further info.

    Thanks,
    Lynn

    Reply

Leave Comment