Yang Perlu Diperiksa Pada Air Kolam Koi

Oct 7th, 2011 | By | Category: Kolam koi

Tidak perlu diragukan lagi bahwa kualitas air kolam memegang peranan yang sangat penting dalam memelihara ikan koi. Bahkan ada semacam pameo bahwa memelihara Ikan koi pada hakikatnya adalah bagaimana kemampuan menjaga dan mengelola kualitas air kolam. Jika kualitas air kolam baik maka ikan koi sehat dan tumbuh dengan menawan. Sebaliknya jika air kolam buruk ( meski nampak bening) ikan koi akan tidak sehat bahkan mati. Karena itu hal yang penting dilakukan adalah terus menerus memeriksa kualitas dan kondisi air kolam koi.

Ada beberapa parameter penting yang wajib untuk diperiksa secara periodik dan kontinyu. Beberapa parameter air yang perlu diperiksa antara lain:
1. Ammonia, level ammonia yang terlalu jenuh jelas akan merugikan bagi kelangsungan hidup koi. Pastikan hasil pemeriksaan ammonia dibawah ambang batas yang diperkenankan. Gunakan Ammonia tester kit yang banyak tersedia di pasaran.

2. Periksa Nitrit (bukan Nitrat), Nitrit adalah level kedua hasil oksidasi ammonia. Nitrit masih cukup berbahaya bagi ikan koi sehingga nilainya harus dibawah ambang batas maksimum.

3. Nilai PH air kolam koi. Konsidi ideal bagi kelangsungan hidup ikan koi adalah pada lingkungan kolam yang memiliki PH antara 7.5 sampai 8.3 meski ikan koi juga bisa bertahan pada air kolam yang memiliki nilai PH 7.0 sampai 8.5

Kadar Ammonia dan nitrit berkaitan dengan performa filter kolam koi, semakin tinggi nilai dari keduanya berarti ada masalah dengan filter. Bisa juga karena kolam over populasi atau over feeding yang menjadikan ammonia booming.

Salah satu seni memelihara koi adalah menjaga kualitas air pada kolam dalam kondisi ideal dan optimal. Jadi pastikan air kolam koi berada pada kondisi ideal.

 

Sumber:
http://www.koi-ponds-care.co.uk/koi-pond-filters.html

Tags: , ,

Popularity : 8,002 views


Leave Comment