Tips Dasar Membuat Kolam Koi

Feb 15th, 2013 | By | Category: Kolam koi

Centralkoi — Hal pertama yang perlu diperhatikan bagi penggenar Koi pemula adalah Membuat Kolam Koi yang representatif bagi kelangsungan hidup dan kesehatan Koi. Kualitas air dalam kolam Koi merupakan faktor penentu kesuksesan memelihara Koi. Keindahan dan kesehatan Koi sangat dipengaruhi oleh kondisi air dalam kolam koi. Kolam koi yang representatif meliputi syarat yang cukup bagi kehidupan Koi dan keindahan jika dipandang. Beberapa penggemar Koi ada yang tidak terlalu menghiraukan aspek kedua ini tetapi ada sebagian yang terlalu menekankan aspek keindahan tetapi melupakan syarat yang cukup kolam bagi Koi. Koi merupakan Ikan yang akan nampak indah jika dilihat dari bagian punggung bukan dari bagian samping, maka memelihara Koi dalam aquarium tidak akan dapat menikmati keindahan koi secara maksimal.

Kedalaman Kolam Koi

Sebagian orang beranggapan bahwa agar dapat menikmati keindahan Koi, mereka Membuat Kolam Koi yang dangkal antara 30 cm sampai 50 cm saja, sehingga Koi Mudah dilihat, sebenarnya sah-sah saja anggapan ini, akan tetapi Kolam yang dangkal akan membuat Koi tidak bisa tumbuh dalam ukuran jumbo. Bila Koi Jumbo dipelihara pada Kolam Dangkal lambat laun akan membuat tubuh Koi menjadi bengkok sehingga mengurangi keindahan. Solusinya adalah Membuat Kolam Koi dengan kedalaman yang cukup tetapi air selalu bersih dan jernih sehingga meski Kolam Koi cukup dalam tetap dapat melihat Koi meski berada di dasar kolam sekalipun.

Membuat Kolam Koi yang representatif memang memerlukan biaya yang tidak sedikit yang terkadang berbenturan dengan biaya yang tersedia karena itu dalam Membuat Kolam Koi harus menyesuaikan dengan kondisi. Lebih baik kolam dengan ukuran kecil tetapi kualitasnya baik daripada kolam yang besar tetapi kualitas airnya buruk. Akan tetapi prinsip dasar Kolam Koi yang bisa dipegang adalah Mudah perawatan dan yang lebih penting dapat menjaga kesehatan dan Kualitas Koi.

 


Kolam-Koi

Membangun Kolam Koi Dengan Tepat Akan Menambah Keindahan



Selain itu dalam Membuat Kolam Koi yang harus dipertimbangkan adalah berapa jumlah Koi yang akan dipelihara dan berapa ukuran Koi yang akan dicapai. Ukuran Kolam yang kecil dan dangkal tidak bisa mendukung pertumbuhan koi mencapai ukuran Jumbo. Selain itu seiring dengan pertumbuhan Ikan Koi dalam kolam akan menghasilkan kotoran dan Kandungan Amonia yang meningkat dalam kolam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kehidupan Ikan Koi.

Sumber Oksigen Penting Dalam Membuat  Kolam Koi

Untuk dapat Membuat Kolam Koi yang optimal ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yang pertama adalah Sumber Oksigen yang cukup dan sistem Filter yang baik.Sebagaimana hewan lain, Ikan Koi memerlukan Oksigen untuk bernafas dan cukup rentan dengan kondisi kolam yang mimim oksigen. Karena itu perlu supali oksigen yang cukup dalam kolam koi. Oksigen bisa dihasilkan dari pergerakan air kolam koi, misalnya dibuat dengan air terjun atau dilakukan penambahan aerator pada kolam koi. Sistem filter juga memegan peranan yang penting untuk menjaga kualitas air dalam kolam.

Karena itu filter merupakan equipment wajib dalam Membuat Kolam Koi. Sistem Filter dalam Kolam Koi tidak cukup hanya menghasilkan air yang bersih dan jernih saja seperti halnya kolam renang dengan menambahkan Chlorine misalnya. Bagi Koi Chlorine merupakan zat yang cukup berbahaya bagi kelangsungan hidupnya. Sistem filter dalam Kolam Koi juga harus menjamin kolam Koi bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Maka sistem filter biologis menjadi pilihan dalam kolam koi.

 

Membangun-kolam-koi

Oksigen Yang Cukup, Membuat Kolam Koi Sehat

 

Beberapa Hal penting yang menjadi catatan sebelum Membuat Kolam Koi

1. Lokasi Kolam Koi
Lebih baik Lokasi Kolam Koi adalah di dekat rumah,agar dapat menikmati keindahannya dan diberi makan paling tidak dua kali dalam sehari. Hindari Membuat Kolam Koi dibawah pohon karena daun-daun bisa mengotori kolam dan hindari di tempat-tempat yang tidak aman dari hama dan orang tidak bertanggung jawab.

2. Membuat Kolam Koi lebih baik di Bawah tanah, dengan cara menggali tanah. Karena Keindahan Koi adalah pada bagian punggungnya. Kolam Koi seperti akuarium kurang memberikan pemandangan yang bagus bagi keindahan koi.

3. Sistem Filter Kolam Koi Yang baik

4. Sumber Oksigen bagi Kolam Koi

5. Ukuran Kolam Koi, lahan yang tersedia jangan dialokasikan semua untuk kolam koi tetapi sisakan 30% untuk ruang filter. Sesuaikan pula dengan jumlah ikan, ukuran ikan yang akan dipelihara. Pikirkan baik-baik bila akan membangun kolam koi dengan ukuran besar karena dalam operasional akan memerlukan daya pompa yang besar dan biaya perawatan yang lebih besar pula.

6. Kedalaman Kolam Koi, idealnya kolam Koi memiliki kedalaman 2 meter atau kalau tidak memungkinkan sekitar 1 meter. Dengan kedalaman ini suhu pada kolam koi antara siang dan malam tidak mengalami perbedaan yang mencolok. Perubahan suhu yang mencolok kuran baik bagi Koi. Koi harus selalu beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Kolam yang dalam cenderung membuat pertumbuhan Koi lebih cepat dan membuat koi aman dan nyaman.

7. Bentuk Kolam
Pada dasarnya bentuk kolam adalah bebas sesuai selera, yang perlu menjadi catatan bentuk kolam jangan sampai ada bagian yang mati (Death Area), pastikan air selalu mengalir dari waterfall ke setiap penjuru kolam. Bagian kolam yang mati akan membuat bakteri dan gangang tumbuh dan berkembang di tempat tersebut.

8. Sudut Dan dasar Kolam
Upayakan bagian pertemuan antar sisi kolam melengkung dan hindarkan sudut 90 derajat,untuk menghindarkan dari area mati. Bagian Dasar Kolam jangan dibuat rata, buat bagian paling tengah (Botom Drain) lebih dalam dan bagian tepi ke arah tengah miring 20 sampai 40 derajat. Kotoran ikan dan sisa-sisa makanan akan mengendap pada bagian dasar kolam dengan model miring akan membuat kotora terkumpul dan mudah dibersihkan.

9. Jangan menaruh material dan benda Tajam pada Kolam Koi, misalnya batuan sebagai hiasan, semen yang tidak halus pengaciannya. Gerakan Koi terkadang sangt atraktif material ini bisa melukai dan membahayakan koi.

10. Pipa Pralon Untuk menambahkan Air. Air terjun, sistem filter, penguapan air akan mengurangi jumlah air dalam kolam, persiapkan pipa pralon untuk menambahkan air dengan mudah dari sumur atau PAM.

11. Overflow, Siapkan lubang pembuangan untuk mengantisipasi jika air meluap, misalnya karena hujan.

12. Bottom Drain, lubang pembuangan pada bagian dasar kolam untuk membersihkan kolam.

Tags: , , , ,

Popularity : 52,031 views


21 comments
Leave a comment »

  1. [...] Persiapan Kolam Koi Yang Baik Kualitas air kolam koi merupakan penentu keberhasilan dalam memelihara Koi, ahli koi mengatakan [...]

  2. mantap euy hasilnya….

    Reply

  3. Dimana say bisa memperoleh Filter-Filter kolam yg seperti diatas????Saya mempunyai kolam gurami,seandainya saya pasangi filter yg seperti diatas gimana????

    Reply

  4. Bisa cari di Toko-Toko Ikan Hias Om..

    Reply

  5. kalau di dekat pohon belimbing , apakah cepat pertumbuhannya pak,dan kedalaman kolam 0,5 meter

    Reply

    koikeeper Reply:

    Asal daun-daun dijaga jangan sampai mengotori kolam tidak masalah, daun-daun yang membusuk meningkatkan kadar amonia dalam air tidak baik untuk Ikan Koi. Dengan Kedalaman Kolam segitu sudah diharapkan untuk mencapai ukuran Jumbo (up to 50 cm). Jika Koi yang dipelihara ukuran kecil ( misal 10 cm) masih bisa tumbuh besar sampai ukuran 30-35 cm.

    Reply

  6. Uk. kolamku 2x2m2 tinngi 100cm…filter kolam ada 5 kotak uk.40cm /kotak…tp sampe skrg airnya gak bisa jernih2….gimana caranya spy bisa jernih? trus susunan filter yg baik gimana. Skrg ikanku sering kena sakit krn hujan. Gmn ngatasinya….

    Reply

    jun Reply:

    pak boleh sharing??? ada kolam seukuran 2×2 juga

    Reply

  7. Saya baru mau buat kolam ikan koi. Kedalamannya hanya 1 meter. Itu sudah baik atau blm? Klw ditambah lagi kedalamannya idealnya sampai berapa meter pak? Klw misalkan Filternya menggunakan Filter Kolam Fiber (Bentuknya Tabung yang berwarna Biru) Itu bisa tidak pak?? Mksh…

    Reply

  8. Kolam saya di outdoor dengan ukuran 3x4x1,5 ; permasalahan saya adalah kolam 3 bulan menjadi butek karena berlumut. Kemungkinan besar berlumut karena kondisi kolam yang outdoor bkan karena jenis airnya. Apakah bisa dibantu bagaimana membersihkan lumut tersebut dan kedepannya bagaimana menghambat pertumbuhan lumut. Thx alot

    Reply

  9. saya punya kolam koi ukuran 2×2, namun tidak standard,, pengin punya kolam yg standardr, berapa biayanya,, ada yg bisa bantu???

    Reply

    koikeeper Reply:

    Biaya relatif pak, tergantung dengan media filter yang dipakai,model dll

    Reply

  10. like thiss lah ..

    Reply

  11. gue baru mo bikin kolam, luas area yang bisa dibuat kolam 4mx1.8mx1.2m sdh termasuk 5 chamber filter, semua pake beton, ongkos kerja nya aja 10jt blm termasuk media

    Reply

    husin Reply:

    maksud gue biaya total kolam dan filter tanpa medianya itu 10jt

    Reply

    koikeeper Reply:

    Sukses Bos untuk kolam barunya. Kolamnya lumayan gede, tidak sekaliam dalamnya 1.5/ 2 meter sekalian?

    Reply

  12. saya butuh jasa ahli sistem filtrasi kolam koi, thxss

    Reply

  13. Pak, kolam saya 3 x 2 x 0.5m isi 12-16 koi 35cm. Setelah itu bisa tumbuh berapa cm lagi? Atau ada pesan/info lainnya bisa ditambahkan?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Kalau tumbuh sampai berapa cm agak susah memprediksikannya.Ada banyak faktor yang berpengaruh misal: genetik, makanan, kedalaman kolam, kepadatan dan lain sebagainya. Jika koi anda berasal dari indukan yang jumbo misal 70cm up, maka ada kemungkinan bisa besar lagi. Namun melihat kedalaman kolam yang hanya 50 cm agak susah untuk mencapai ukuran besar. Jika memungkinkan tambah kedalaman kolam menjadi 1.25 – 1.5 meter. Kurangi populasi secara bertahap seiring bertambahnya ukuran koi. Selamat mencoba.

    Reply

  14. Saya punya kolam pj 7m lbr 1,5m kedalaman 80cm saya mau isi ikan koi tapi airnya air pam apa bisa ikannya hidup normal dgn air pam om?..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Air Pam biasanya memiliki kandungan kaporit yang tinggi. Sebaiknya diendapkan atau diupayakan agar kandungan kaporit hilang/tidak tinggi sehingga tidak berdampak buruk untuk ikan koi.

    Reply

Leave Comment