Menghias Kolam Koi dengan Tanaman Air

May 7th, 2011 | By | Category: Kolam koi

Tanaman air dapat dipergunakan untuk memperindah kolam koi kita. Selain membuat kolam koi menjadi indah, tanaman air bisa menjadikan suasana menjadi lebih natural dan segar. Selain berfungsi sebagai penambah keindahan kolam koi, tanaman air bisa berfungsi menjaga keseimbangan ekologi pada taman atau kolam. Dalam kondisi tertentu tanaman air bisa menjadi tempat berlindung bagi ikan koi.

Meski terkadang kita kesulitan untuk melihat koi-koi karena terlindung tanaman air, namun banyak penghobis menambahkan tanaman air. Tinggal mengatur saja, kesan natural dan ekologi terjaga namun tetap bisa menikmati keindahan ikan koi.

Oksigenator
Tanaman air bisa berfungsi sebagai Oksigenator,yang berupa tanaman yang terendam dalam air kolam. Beberapa oksigenator menunjukkan pertumbuhan di atas air jika air kolam terlalu dangkal. Oksigenator tidak berbunga tetapi mereka membantu dalam meningkatkan keindahan kolam .

Selain memberi tampilan yang alami untuk kolam Anda, oksigenator melakukan fungsi yang sangat penting bagi pembersihan kolam. Mereka mengambil nutrisi yang berlebihan dari air kolam, memotong pasokan makanan untuk patogen ganggang dan lainnya.

Selama siang hari, mereka menyerap karbon dioksida dari air kolam dan menghasilkan oksigen yang penting bagi kelangsungan hidup kolam. Selain itu mereka juga dapat bertindak sebagai tempat berlindung untuk ikan selama suhu yang sangat dingin.

 

Parrot Feather

Parrot Feather

Beberapa tanaman oksigenator populer untuk kolam taman termasuk Anacharis, bulu Parrot’s, cabomba, Milfoil, HORNWORT, ELODIA dan VALSINARIA.

 

Floaters
Seperti namanya, floaters adalah tumbuhan kolam yang mengapung di permukaan air. Akar mereka tetap terendam sedangkan daun dan batang mengapung di permukaan air bertindak sebagai penutup kolam. Mereka melakukan fungsi penting melindungi kehidupan kolam seperti ikan dari sinar matahari langsung, sehingga membantu air kolam tetap dingin selama hari-hari cerah panas.

Beberapa floaters populer untuk kolam taman termasuk eceng gondok, frogbit, selada air dan air tentara. Beberapa floaters seperti rumput bebek yang invasif dan maka dapat dihindari.

Tags: ,

Popularity :


One comment
Leave a comment »

  1. [...] kolam koi. Gemericik air membuat suasana alami dan segar dirasakan pada kolam koi. Apalagi nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi memberikan sensasi yang lebih . Disamping itu dengan menambahkan air terjun [...]

Leave Comment