Hal Penting Dalam Membangun Kolam Koi

Nov 14th, 2012 | By | Category: Kolam koi

MEMBANGUN KOLAM KOI — Kolam koi sangat memiliki pengaruh terhadap banyak hal dalam memelihara ikan koi. Kolam koi yang memadai bukan hanya membantu koi hidup dengan sedat dan optimal namun juga memancarkan pesona keindahannya. Sebaliknya kolam yang buruk akan membuat koi tidak ada bedanya dengan ikan konsumsi lainnya bahkan mengalami kematian. Karena dipelihara sebagai penyejuk mata dan sebagai hobi, membangun kolam koi seyogyanya dibuat sebaik dan semenarik mungkin agar sedap dipandang dan menyenangkan.

Berbeda dengan ikan hias lain seperti komet, ukuran tubuh koi dewasa relatif lebih besar bahkan bisa berukuran jumbo. Warna-warni pada tubuhnya juga lebih beragam sehingga membuat kolam ikan makin semarak.

Jika anda tertarik memelihara ikan koi, maka ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Persiapan ini perlu dilakukan agar ikan koi yang harganya ratusan hingga jutaan rupiah per ekor itu dapat hidup sehat. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk untuk membangun kolam koi:
1. Hitung dan Persiapkan Ukuran Kolam
Ketika memutuskan untuk memelihara koi, perhatikan dimensi kolamnya. Volume air sangat memengaruhi kesehatan ikan koi. Jika ikan tidak terlalu besar, maka buatlah kolam ikan yang tidak terlalu dalam, begitu pula sebaliknya. Kemudian, perhatikan pula jumlah populasinya di dalam kolam. Seimbangkan luasnya kolam dengan jumlah koi yang akan dipelihara. Kolam yang terlalu besar bisa menyulitkan koi untuk mencari makan.


Kolam-Koi

Desain Kolam Koi Yang Tepat Menambah Keindahan

 

2. Pasangan Aerator Atau Sumber Oksigen Lain
Selain berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke dalam kolam, aerator juga berguna untuk menciptakan arus. Gelembung arus yang ditimbulkan aerator membuat koi sering bergerak. Hal itu bagus untuk koi sebab, makin besar ototnya, makin gendut pula tubuhnya. Sumber oksigen lain bisa dari air mancur, air terjun dan lain sebagainya.

3. Dinding Kolam Yang Halus
Sifat koi yang gemar menggesekkan tubuhnya ke dinding kolam perlu diwaspadai. Dinding kolam yang bertekstur kasar bisa membuat sirip ikan koi terluka. Oleh karena itu, pilih jenis material yang halus untuk dinding kolam ikan.

4. Sinar Yang Cukup
Sinar matahari berperan penting pada kesehatan ikan koi. Dalam sehari, koi membutuhkan hangatnya sinar matahari minimal tiga jam, apalagi untuk jenis koi hikari atau bersisik mengilap. Kekurangan cahaya matahari membuat warna pada tubuh koi memudar. Maka dari itu, ciptakan kolam yang cukup terang. Bila kolam ikan berada di dalam ruangan, maka Anda bisa menyinarinya dengan lampu pijar.

Hal penting lagi dalam membangun kolam koi adalah Filter air. Air pada kolam koi dibuat tidak berganti, karena itu filter air adalah salah satu perangkat yang wajib ada dalam membangun kolam koi. Jika tidak ada filter air, bisa kemungkinan besar koi tinggal menungu waktu untuk pergi dari kolam anda atau tidak bisa berkembang.

 

Sumber:
http://properti.kompas.com/read/2010/10/26/19085870/Empat.Hal.Penting.Membangun.Kolam.Ikan.Koi

Tags: ,

Popularity : 3,451 views


Leave Comment