Hal Mendasar Dalam Membuat Desain Kolam Koi

Sep 6th, 2011 | By | Category: Kolam koi

Centralkoi — Bagi pecinta koi yang serius masalah kolam koi menjadi perhatian penting sebelum memasukkan ikan-ikan kedalam kolam. Ada beberapa faktor yang mendasar yang patut diperhatikan untuk membuat kolam koi menjadi tempat ideal bagi koi kesayangan. Berbeda dengan pecinta koi yang baru memulai, umumnya tidak terlalu perhatian dengan faktor ini. Desain Kolam koi yang baik adalah desain yang mampu menjaga kualitas air dalam kondisi yang prima sehingga mampu menjadi tempathidup yang baik bagi ikan koi.

Ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam desain kolam koi antara lain:

  • Mampu menghilangkan semua limbah padat pada Kolam. Hal ini bisa dilakukan melalui Bottom drain, Skimmer dan lain-lain. Selain itu pastikan kolam bersih dari daun-daun, sisa makanan, kotoran ikan dan lain-lain
  • Setlement Chamber, kotoran padat yang dibuang dari kolam melalu sistem filter dimasukkan ke dalam setlemen chamber sebelum air masuk ke sistem filter biologi. Material padat yang masuk ke sistem filter biologi akan mempengaruhi kinerja filter biologi. Ada banyak teknologi yang dipakai misalnya Vortex Camber.
  • Filter Biologi atau Proses Nitrifikasi ( Mengkonversi amonia menjadi nitrit dan Nitrit menjadi Nitrat) untuk selanjutnya air kembali ke kolam melalui Pompa dalam bentuk air terjun dan bentuk lainnya.

Apapun bentuk maupun ukuran kolam koi anda, jika mengikuti ketiga kaidah fundamental tersebut, kualitas air akan tetap terjaga dan koi akan tetap sehat.

 

 

 

Sumber:

http://www.theponddigger.com/koi-pond.php

Tags: ,

Popularity : 16,815 views


One comment
Leave a comment »

  1. Artikel dan Blog yang sangat bermanfaat. Mohon berbagi artikel untuk diposting di Forum Pertanian dan Agrobisnis Indonesia http://www.forumtani.info Terima kasih

    Reply

Leave Comment