Filter Kolam Koi Dengan Sistem Vortex

Jul 27th, 2011 | By | Category: Filter Kolam Koi, Kolam koi

Centralkoi — Vortex Chamber menjadi sangat populer digunakan pada model filter kolam koi sebagai bagian dari sistem penyaringan utama. Pada tulisan terdahulu mengenai sistem filter kolam koi telah dibahas mengenai beberapa hal mengenai filter kolam koi. Pada kesempatann kali ini akan dibahas mengenai Filter kolam Koi dengan Model sistem Vortex, yang penekanannya pada efektivitas penyaringan mekanis, meski pada akhirnya akan memiliki pengaruh pada proses lainnya. Desain vortex yang berbentuk kerucut sehingga membantu mengendapkan kotoran dari kolam koi di dalam ruang filter. Vortex Chamber bekerja dengan optimal karena gaya sentrifugal yang dihasilkan, oleh karena itu Efisiensi vortex chamber tergantung pada desain, diameter vortex, tinggi, posisi inlet dan outlet pipa dan tingkat pemompaan.

Sistem Vortex Komersial Yang Ada Di Pasaran

Sistem Vortex Komersial Yang Ada Di Pasaran

 

Sistem kerja vortex chamber filter dapat dianalogikan dengan contoh sederhana berikut, jika dalam seember kecil air dimasukkan tanah atau pasir satu genggam kemudian kita mengaduk air dalam ember tersebut dengan tangan dengan kecepatan tertentu dalam arah berputar, maka lambat laun tanah atau pasir yang ditabur dalam ember tersebut akan berkumpul di tengah-tengah. Demikian juga dengan sistem vortex putaran air akan mengumpulkan kotoran air dari kolam koi di dasar vortex yang berbentuk kerucut, setelah terkumpul maka kotoran bisa di flush keluar.

Sistem Kerja Filter Sistem Vortex

 

Model Filter Sistem Vortex

Model Filter Sistem Vortex

Pada Gambar di atas menunjukkan ide dasar untuk sebuah filter kolam koi dengan sistem Vortex. Air kotor dari kolam masuk melalui Inlet dari arah bawah dan kemudian diputar dengan kecepatan tertentu dalam vortex, kotoran akan mengendap di dasar vortex yang berbentuk kerucut sedangkan air “bersih” akan keluar melalui outlet yang terletak di bagia atas kemudian masuk ke ruangan filter berikutnya. Kotoran akan dibuang melalui lubang pembuangan.

 

 

Aliran Arus Air Pada Sistem Vortex

Aliran Arus Air Pada Sistem Vortex

 

Keuntungan Filter Sistem Vortex

– Sistem Filter Vortex menghilangkan kotoran padat sebelum memasuki ruang pompa. Sebagian besar sistem filter kolam dengan model lain melewatkan “pure” limbah padat dari dasar kolam melalui pompa, hal ini akan mengakibatkan beban kerja yang lebih berat untuk sistem filter dan pompa.

– Sistem Vortex terbuka, sehinga memungkinkan oksigen untuk berinteraksi dengan air permukaan di ruang filter, sehingga bertindak sebagai jaring pengaman pasokan oksigen selama listrik padam.

Tiga Chamber Vortex

 

Filter Sistem Vortex Tiga Chamber

Filter Sistem Vortex Tiga Chamber

 

Exit the pond
Air harus keluar dari kolam (mengalir) dari titik terdalam, di mana sebagian besar material kotoran padat akan mengendap. Hal terbaik untuk dilakukan adalah menghilangkan material kotoran padat yang tersisa sebelum masuk kedalam biofilter. Laju aliran air harus cukup rendah untuk memungkinkan kotoran padat mengendap dalam vortex dan cukup besar untuk memungkinkan air turnover setiap 2 jam atau lebih. (Efisien perbandingan antara desain kolam, pompa dan sistem penyaringan seleksi adalah sangat penting).

Chamber Pertama
Air memasuki ruang vortex pertama yang berbentuk seperti kerucut, pada bersinggungan dengan kerucut dan karena itu mulai berputar-putar dalam sebuah pusaran. Berputar-putar lembut ini mendorong kotoran padat tenggelam ke dasar kerucut, untuk membuang kootoran dilakukan dengan membuka saluran pembuangan . Air kemudian mengalir dari bagian bawah kerucut dan keluar melalui port di bagian paling atas dari chamber memasuki chamber berikutnya.

Chamber Kedua

Air kemudian memasuki Chamber kedua, sebuah prefilter. Prefilter filter yang berisi media – seperti filter sikat, yang menyaring sebagian dari puing-puing yang lebih halus mendapatkan oleh ruang pertama. Pada Chamber kedua ini masih terdapat kotoran-kotoran halus yang difilter dengan sikat yang mudah dibersihkan.

Chamber ketiga
Chamber ketiga merupakan biofilter utama. Media Utama biofilter berisi jutaan bakteri yang akan mengkonversi limbah kimia kotoran ikan berupa Amoni dalam proses siklus nitrogen.

Cara Sistem Vortex Bekerja

Cara Sistem Vortex Bekerja

Contoh Implementasi Filter Kolam Koi Dengan Vortex Chamber

Contoh Implementasi Filter Sistem Vortex

Contoh Implementasi Filter Sistem Vortex

Sumber :Vortex Chamber For Koi Pond

 

Tags: , , , ,

Popularity :


13 comments
Leave a comment »

  1. Terima kasih atas segala info terkait filter kolam koi dengan sistem vortex. Insya Allah, saya akan mencobanya.

    Reply

  2. Dear CS,

    Tolong info dimana saya bisa membeli filter Vortex ini. Tq

    Reply

  3. bisa tolong kirimkan foto rancangan/illustrasi nya yang lebih besar? soalnya kurang jelas karena terlalu kecil
    terimaksih

    Reply

  4. pak mau tanya sistem filter vortex ini di surabaya dapat di lihat atau dibeli dimana ?

    Reply

  5. dimana bisa dibeli filter vortex yang siap dipasang (bahan pvc atau sejenis) di jakarta

    Reply

  6. sy tinggal di surabaya, bgaimana bisa beli filter vortex. txs

    Reply

  7. @All, Di Indonesia belum tahu dimana beli-nya, di luar negeri banyak Om. MUngkin bisa minta tolong dealer2 koi yang sudah cukup ternama di Indonesia.

    Reply

  8. bagaimana saya bisa dapat desain kolam koi dan dimana dpt beli sistim vorttek.trim

    Reply

    koikeeper Reply:

    Di beberar forum ada berbagai desain-nya Om

    Reply

  9. Dear Koikeeper ….

    Saya masih belum mengerti benar dengan sistem kerja vortex.
    Selain outlet yang ada diatas, apakah yang dibawah juga harus ada outlet (yang selalu terbuka) guna memastikan kotoran padatnya mau mengalir keluar ??

    Reply

    koikeeper Reply:

    Di bagian bawah bisa dikasih output untuk pembuangan, hanya dibuka saat proses pembersihan saja.

    Reply

  10. Yth. Bapak /Ibu,
    Apa bisa saya di kasih desain vortex untuk kolam ikan Koi dalam format yg lebih jelas? saat ini saya akan buat kolam ikan Koi dengan ukuran 3,5M(p) x 1,3M(L) x 0.6 M(H)

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    Reply

  11. Dimana beli vortex nya ya

    Reply

Leave Comment