Desain Self Cleaning Kolam Koi

May 31st, 2011 | By | Category: Kolam koi

Centralkoi – Penting untuk difikirkan desain kolam koi sebelum dilakukan pembuatan, utamanya adalah masalah pembersihan kolam koi. Kolam koi yang tidak disesain dengan baik memerlukan perawatan yang merepotkan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalamnya. Karena itu ide untuk membuat desain kolam koi yang bisa melakukan Self Cleaning adalah pilihan yang tepat. Kotoran kolam koi berasal dari feces koi, sisa makanan, dan kotoran dari luar. Kotoran-kotoran itu semakin lama semakin menumpuk pada kolam koi.

Agar bisa melakukan self cleaning kolam koi dibuat miring ke arah pusat kolam, dan selanjutnya pada pusat kolam dipasang bottom drain untuk membuang kotoran ke filter(lihat gambar). Selanjutnya jika tumpukan kotoran sudah cukup banyak di filter chamber bisa dilakukan backwash dengan mudah.

Bentuk Kolam Koi "Self Cleaning"

Bentuk Kolam Koi Yang Mendukung "Self Cleaning"

 

Bentuk Kolam koi juga memiliki pengaruh terhadap kemampuan self cleaning. Bentuk yang tidak beraturan dan banyak lekukan membuat titik-titik mati sehingga kotoran bersembunyi pada titik itu, sehingga tidak mudah dibuang.
Diagram di bawah ini akan menunjukkan bagaimana aliran air dan kotoran pada berbagai bentuk kolam koi.

 

 

Flow Dari Berbagai Bentuk Kolam Koi

Flow Dari Berbagai Bentuk Kolam Koi

 

 

 

 

Sumber:

http://www.lagunakoi.com/Filtration-Designs-c-9.html

Tags:

Popularity : 12,946 views


Leave Comment