Shiro Utsuri Koi Pesona Zebra Di Kolam

Oct 3rd, 2011 | By | Category: Koi Type

Centralkoi--Seperti halnya zebra yang memiliki belang warna hitam dan putih, shiro utsuri menjadi koi yang cukup menawan. Bersama dengan Hi Utsuri dan Ki Utsur imenjadi bagian dari Utsurimono dalam klasifikasi ikan koi. Dari ketiga jenis koi dalam kelas utsurimono, shiro utsuri selalu menunjukkan performa yang lebih baik dalam show. Shiro utsuri merupakan jenis ikan koi yang cukup menantang dan memiliki nilai tersendiri bagi pecinta koi. Seiring dengan pertumbuhannya, perubahan-perubahan sering terjadi. Di sinilah seni, kepiawaian memilih, memelihara dan pengalaman memelihara koi akan teruji.

Dalam memilih shiro utsuri hal penting yang perlu dipertimbangkan dimulai dari bagian kepala. Kepala Shiro Utsuri harus memiliki warna hitam dan putih. Jangan memilih shiro utsuri yang bagian kepala berwarna hitam semua atau putih semua. Jika kepala hanya memiliki satu warna saja menjadi tidak menarik apalagi untuk kontes.


Shiro Utsuri Koi


Langkah selanjutnya adalah memilih pola yang menarik pada bagian kepala. Komposisi warna pada bagian kepala kurang lebih 40% hitam dan 60% warna putih. Pola warna hitam tegas yang membentuk huruf V pada bagian kepala turun sampai bagian wajah merupakan pola yang menarik dan banyak disukai.

Pada shiro utsuri klasik kombinasi warna hitam dan putih pada bagian badan adalah seimbang(50% hitam dan 50% putih), namun dalam penjurian saat ini warna putih yang dominan lebih banyak dipilih.

Seperti halnya ikan koi lain pola warna hitam dan putih shiro utsuri harus menarik . Jangan memilih shiro utsuri yang memiliki bintik/spot hitam namun demikian jangan pula memilih Shiro Utsuri yang terlalu banyak dominasi hitam.
Kualitas warna putih juga penting untuk dipertimbangkan dalam memilih shiro utsuri. Ada kalanya shiro utsuri muda memiliki warna putih yang cenderung masih abu-abu atau kekuningan. Demikian juga dengan warna hitam yang masih terpendam dan seiring pertumbuhan koi (finish) warna hitam akan muncul dengan jelas dan warna putih juga semakin terang.

Pada bagian sirip shiro utsuri yang penting adalah memiliki warna hitam secara keseluruhan. Hindari shiro utsuri yang hanya memiliki sedikit warna hitam dan tidak terdapat kesamaan pola antara sirip kanan dan kiri. Karena warna shiro utsuri hanyalah terdiri atas warna hitam dan putih, perhatikan dengan seksama tidak ada spot merah yang muncul. Hal ini sering terjadi terdapat spot merah yang kurang begitu terlihat dengan jelas muncul pada shiro utsuri.

Setelah semua kriteria shiro utsuri tersebut didapatkan pada ikan koi, maka selanjutnya adalah memilih bentuk badan yang baik/ body conformation yang baik. Seperti bentuk badan koi yang lainnya tidak ada cacat, bentuk menyerupai torpedo dan badan yang kekar yang memungkinkan pertumbuhan menjadi ikan koi jumbo.

Tags: , , ,

Popularity : 24,240 views


Leave Comment