Ochiba Keindahan “Autumn Leaves On Water”

Sep 20th, 2011 | By | Category: Koi Type

Centralkoi — Ochiba memang varietas koi yang relatif baru dibandingkan dengan varietas koi lainnya. Namun pesonanya telah memikat banyak penggemar koi di penjuru dunia. Ochiba dikenal dengan nama panjangnya Ochiba Sigure yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “autumn leaves on water”. Warna sisik yang bersinar sempurna memberikan kesan sebagai daun yang mengambang di atas air. Pola warna pada ochiba shigure yang bisa memiliki warna abu-abu, kuning, tembaga atau perunggu memberikan kesan sebagai daun yang jatuh pada musim gugur.

Koi Ochiba diklasifikasikan dalam keluarga Kawarimono yang merupakan penggolongan koi yang tidak bisa diklasifikasikan dalam kategori koi yang lainnya. Konon Koi Ochiba dilahirkan dari parent Soragoi (Koi berwarna abu-abu dengan sisik membentuk pola net) dan Chagoi (Koi berwarna coklat keemasan).
Kedua parent ochiba tersebut memiliki karakteristik yang sangat jinak dan ramah terhadap manusia, sehingga Ochiba Shigure juga memiliki sifat yang sama. Karakteristik ini biasanya dipakai untuk melatih koi agar bisa dilakukan hand feeding.

Dari Kiri Metalic Doitsu Ochiba, Ochiba Shigure, Ochiba Ginrin

Saat ini Ochiba Shigure semakin populer di kalangan penghobi ikan koi. Hasil persilangan dari berbagai varietas koi menghasilkan ochiba yang semakin beragam. Beberaga ragam jenis ochiba yang sekarang ditemukan antara lain: Doitsu Ochiba, yang merupakan Ochiba tanpa sisik, Ochiba Ginrin (Ochiba dengan pola ginrin pada sisiknya), Metalic Doitsu Ochiba dan lain-lain.

Selain jenis ochiba di atas saat inipun sudah lahir ochiba hasil persilangan antara chagoi coklat dengan Kohaku. Hasilnya adalah ochiba yang membentuk pola merah lumpur yang nampak seperti daun yang jatuh pada kolam.

Tags: ,

Popularity : 5,923 views


Leave Comment