Menilai Perkembangan Showa

Oct 25th, 2011 | By | Category: Koi Type

Centralkoi– Showa merupakan koi yang sulit diprediksi perkembangannya di masa depan. Pada usia-usia awal perubahan yang terjadi bisa sangat drastis. Hal inilah yang membuat koi showa sangat menantang bagi pecinta koi. Selain memberikan tantangan tersendiri memilih koi showa untuk masa depan juga memerlukan keahlian dan ketelitian untuk memprediksi perkembangannya di masa depan.

Untuk mempermudah memprediksikan perkembangan showa di masa depan saat usia muda, penting untuk melihat bagian per bagian dari showa. Untuk mempermudah mari kita lihat gambar showa pada saat usia 10 bulan. Showa dengan usia 10 bulan masih cukup muda dan akan mengalami perubahan-perubahan. Pertama kali yang penting untuk dipertimbangkan adalah melihat dari tubuh koi yang harus panjang, ramping dan simetris.


Showa

Showa 10 Bulan


Yang kedua adalah Sumi (hitam) yang masih nampak jauh di bawah kulit dan belum begitu jelas. Tipe showa ini adalah Modern showa. Pada bagian insang dan ekor nampaknya tidak akan mengalami perubahan sampai usia dewasa. Warna hitam di atas merah memang masih nampak sebagai kotoran, namun jika suatu saat menebal akan menjadi pola yang cukup indah bagi showa dewasa.

Warna merah (Beni) pada showa muda masih nampak seperti orange, seiring dengan pertumbuhannya warna orange ini akan berubah menjadi lebih merah. Warna merah pada showa dan sanke memang memiliki karakteristik yang berbeda dengan warna merah kohaku. Warna merah pada kohaku terlihat lebih halus dibandingkan dengan showa.


Pertumbuhan Showa

Pertumbuhan Showa



Setelah mengamati warna merah lalu beralih pada pola. Pola warna bagian hidung putih merupakan pola yang cukup sulit dicari pada showa. Ekor berwarna putih dan tidak ada warna merah yang nyasar ke bagian sirip ekor. Merah di bagian punggung kemungkinan akan lebih redup dan didominasi warna hitam. Pola warna merah membentuk 3 step warna dengan sashi dan kiwa yang cukup baik.

Sumber:
http://www.canadiankoiandpond.ca/articles/article5.html

Tags:

Popularity : 6,410 views


Leave Comment