Mengenal Koi Jenis Sanke

Jun 17th, 2011 | By | Category: Koi Type

Centralkoi — Sanke merupakan Koi dengan komposisi tiga warna di tubuhnya yaitu Merah (HI), Putih Dan hitam (SUMI). Seperti sudah banyak diketahui banyak ragam jenis koi yang dikelompokkan dalam beberapa klasifikasi ikan koi. Sanke merupakan koi yang masuk dalam yang dalam klasifikasi Gosanke (Kohaku, Sanke Dan Showa). Dalam bahasa Jepang Sanke dikenal juga dengan nama Taishio Sansoku. Koi jenis Sanke merupakan koi yang sering dimasukkan dalam kategori utama pada kejuaraan kontes koi. Tidak heran jika banyak penggemar yang menyukai koi jenis ini.

Seperti halnya koi  Kohaku ketajaman warna merah dan putih menjadi kriteria kualitas Koi sanke. Pola hitam juga harus memiliki warna yang tegas dan hitam pekat. Warna putih juga harus putih seperti salju. Secara genetik Sanke merupakan hasil persilangan antara Kohaku dengan Shiro Bekko (Koi putih dengan spot hitam di atasnya ). Koi Jenis Sanke pertama kali ditemukan di Ojiya City, di Nigata di antara burayak Kohaku, yang memiliki warna berbeda dan akhirnya dikembangkan menjadi jenis Sanke ini.

 

Sanke 38 Bu Koleksi Nigata

Sanke 38bu Kokugyo Winner All Japan Young Koi Show, Foto Koleksi Nigata-nishikigoi

Untuk membedakan dengan Showa yang sama-sama memiliki tiga warna merah,putih dan hitam, Koi jenis Sanke lebih cenderung memiliki corak hitam dalam persentase yang lebih sedikit. Dasar Sanke yang baik merupakan pola kohaku yang baik ditambah dengan pola warna hitam di atasnya. Komposisi warna pada sanke 70% warna merah, 10% warna hitam dan sisanya warna putih. Pola warna hitam harus legam dan tegas, tidak ada bayangan. Warna Hitam pada Koi Sanke terkadang bisa muncul dan bisa hilang dalam masa hidupnya. Warna hitam tidak akan muncul lagi setelah Koi Sanke mencapai usia tertentu dan sudah finish. Faktor air akan sangat berpengaruh dalam pembentukan pola warna hitam ini. Sehingga faktor air harus benar-benar diperhatikan. Ada istilah yang sering dipakai untuk mendeskripsikan Sumi pada sanke. Sumi(hitam) pada sanke yang berada di atas warna putih disebut Tsubo Sumi sedangkan Sumi yang muncul di atas warna merah disebut dengan Kasane Sumi.

Secara umum penilaian kualitas sanke adalah sama dengan Kohaku. Pada bagian kepala idealnya tidak terdapat warna hitam(sumi),dan memiliki pola warna mnerah di kepala seperti halnya kohaku yaitu berbentuk U besar dan tidak sampai turun ke bagian bawah wajahnya. Selain itu komposisi warna juga harus memiliki keseimbangan , Sanke tidak akan memiliki keindahan jika komposisi warna tidak seimbang. Misalnya merah di bagian depan semua, kemudian warna hitam di bagian belakang. Seimbang wana antara bagian samping kanan dan kiri, seimbang antara bagian depan dan belakang. Idealnya pola warna sanke adalah pola kohaku yang baik di beri spot hitam berimbang di beberapa bagian.

Warna hitam pada sanke biasanya akan berkembang di kemudian hari seiring dengan perkembangan Koi. Di saat usia muda terkadang ada bagian warna hitam yang belum muncul, tetapi lambat laun akan muncul warna hitam pada bagian tubuh sanke. Karena itu pada saat usia Koi Sanke masih muda jangan memilih sanke yang terlalu banyak warna hitam. Bagian Sirip Sanke juga menjadi penilaian kualitas Sanke , Koi Sanke  yang baik memiliki sirip berwarna putih atau putih dengan stripe hitam, tetapi harus berhati-hati jangan memilih terlalu banyak warna hitam pada bagian sirip, ada kemungkinan warna hitam pada sirip akan berkembang.

Ringkasan Tips Memilih Koi Sanke

1. Semua Syarat yang ada pada Koi Kohaku
2. Hitam Tidak pada Kepala tapi pada punggung Ikan Koi.
3. Hitam dimulai tepat dibelakang Kepala Koi.
4. Pola Hitam Seimbang dan lebih baik pada bagian warna putih dibandingkan diatas warna merah.Warna Hitam di atas wana merah bisa diakomodasi.
5. Bintik-bintik hitam lebih baik jika tidak lebih besar dari seperempat dan tidak boleh mengalihkan perhatian dari pola merah.
6. Prosentase warna pada Koi Sanke adalah merah 70%, Hitam 10% dan sisanya Putih.
7. Sirip Berwarna Putih. Boleh Ada Strip Hitam tetapi jangan terlalu banyak. Seiring dengan pertumbuhaan Koi sanke, strip bisa berkembang.

Sumber :
– Mid-Atlantic Koi
– Akca Library

Tags: , , , , , , , , , , ,

Popularity : 11,664 views


3 comments
Leave a comment »

  1. […] Sanke […]

  2. […] cara memeliharanya. Showa Sansoku merupakan Koi tiga warna Merah, Putih dan hitam seperti halnya Sanke. Hanya saja prosentase warnanya saja yang berbeda. Showa. Prosentase warna Hitam pada showa lebih […]

  3. saya sangat senang membaca central koi , karena sangat banyak pengetahuan tentang koi yang saya dapatkan ,
    baik tentang cara breeder dll , saya ucapkan banyak banyak terima kasih , semoga suatu saat saya bisa memiliki farm koi dan menghasilkan koi koi berkualitas …… dan saya mohon central koi jauh lebih banyak memuat cara cara merawat koi dan bagaimana menanggulangi penyakit . Dan juga cara cara membuat kolam show ( jadi saya bisa membuat kolam show sendiri di rumah ) biar murah harganya ..

    hormat dan terima kasihku
    Rambe

    Reply

Leave Comment