Mengenal Koi Gin Rin

Jun 29th, 2011 | By | Category: Koi Type

Centralkoi — Koi Kin-Gin Rin atau sering disebutkan dengan nama pendek Gin Rin merupakan ikan koi dengan sisik yang berkilauan di sekujur badannya. Warna kemilau pada sisik Gin Rin ini dihasilkan oleh relfeksi pigmen warna yang berada di bawah sisik. Semua jenis koi bisa berpotensi memiliki pola Gin Rin misalnya saja Shiro Gin Rin , Kohaku Gin Rin dan lain-lain. Hanya saja pola Gin Rin pada berbagai jenis koi terkadang tidak merata si sekujur tubuh koi.

Jenis Ginrin Koi

Koi Ginrin dapat diklasifikasikan ke dalam 4 kategori yaitu:

Beta / Niigata Gin Rin: Jenis Beta Ginrin ini merupakan koi yang jarang ditemukan. Beta Ginrin memiliki kilauan warna yang full menutupi seluruh sisik, seperti cermin padat yang memiliki . Dengan kata lain Beta Ginrin memiliki sisik mengkilap lengkap.


Pola Beta Ginrin

Pola Koi Beta Ginrin



Tama / Pearl Gin Rin (mengkilap di tengah setiap sisik) : Juga jarang terlihat hari ini. Spot kemilau muncul sebagai titik reflektif kecil di tengah sisik. Bentuk dari Pearl Gin Rin ini menyerupai mutiara yang muncul pada sisik ikan koi. Nama lain dari Pearl Gin Rin adalah Tsubo Gin Rin.

Pearl Ginrin

Pola Koi Pearl Ginrin


Kado Ginrin (hanya tepi sisik yang mengkilap) : Memiliki pola kemilau pada tepi luar dari sisik .


Kado Ginrin

Kado Ginrin


Hiroshima atau Diamond Gin Rin (garis mengkilap pada setiap sisik) : jenis paling umum dan paling halus. Pola kemilau pada sisik menyerupai berlian yang muncul pada permukaan sisik koi.

Diamond Gin Rin yang baik muncul sebagian besar pada punggung koi / contoh terbaik memiliki setidaknya tiga baris gin rin di setiap sisi sirip punggung mereka terorganisir ke dalam baris yang rapi lengkap tanpa kesenjangan dan sama kuat pada semua warna koi.


Diamond Ginrin

Pola Koi Diamond Ginrin


Apresiasi Koi Ginrin

• Poin yang berlaku untuk Kohaku, Sanke dan Showa juga berlaku. Kin-gin-rin dianggap sebagai fitur ‘add-on’, sehingga poin yang berkaitan dengan masing-masing varietas dasar juga penting. Misalnya, kulit putih untuk ketiga varietas harus putih murni, dari hidung hingga ekor, tanpa bintik-bintik atau noda.

• Beta-gin dianggap terbaik, meskipun Hiroshima-gin rin adalah yang paling umum. Untuk keunggulan, kerabat-gin-rin garis sisik harus lengkap dari bahu hingga ke ekor dan bersinar . Sejumlah besar keluarga-gin-rin mencapai garis sisik di sisi juga sangat dihargai.

 

 

Sumber:
http://www.koimag.co.uk/
TKFGS newsletter
Gambar:
http://www.koi-bilderbuch.de/koivarianten/kinginrin.html
http://www.mypalhs.com/forums/showthread.php?103663-GinRin

Tags: , , , , ,

Popularity : 6,747 views


Leave Comment