Memilih Koi Tancho

Oct 26th, 2011 | By | Category: Koi Type

Centralkoi–Tancho merupakan Koi dengan warna merah bulat yang khas pada bagian kepala dan warna tersebut tidak muncul ti tempat yang lain. Perpaduan warna putih dan bulatan merah pada koi Tancho mirip dengan bendera Jepang. Jika warna merah bulat pada bagian kepala diikuti pula dengan munculnya warna di lain tempat maka koi tersebut dikenal dengan nama Maruten.

Meski Tancho biasanya diasosiasikan dengan Kohaku, yaitu pola bulat merah pada bgaian kepala dan bagian tubuh yang lain berwarna putih, namun setiap jenis koi pada dasarnya bisa membentuk pola Tancho. Contohnya adalah Tancho Ogon, yaitu koi metalik (platinum, nezu ogon,koi kuning ) dengan bulatan merah metalik hanya pada kepala.
Selain itu ada pula pola tancho yang muncul untuk jenis koi Sanke dan showa. Dan biasanya pola Tancho yang ada pada kelas Gosanke (Kohaku, Sanke, Showa) yang sering muncul pada ajang kontes koi.


Tancho Koi

Tancho Kohaku Dan Tancho Sanke


Untuk menilai Koi Tancho yang penting untuk diperhatikan adalah warna dasar yang bersih dan kokoh. Warna merah yang menjadi pola Tancho harus tajam dan bulat. Bulatan merah besar mencakup semua bagian kepala tetapi tidak sampai ke muka dan mata koi. Selain kriteria tersebut kriteria-kriteria koi yang baik pada umumnya juga berlaku untuk Tancho.
Tancho Kohaku biasanya menjadi icon dari Koi Tancho yang ideal, karena itu latar belakang warna putih polos yang bersih akan menambah anggun Tancho Kohaku. Selain itu sisik juga harus rapi karena ini akan menambah keindahan Tancho.

Pada usia muda pola warna merah pada tancho kadang-kadang tidak stabil. Warna merah bisa pudar bahkan hilang karena beberapa sebab, misalnya saja stress dan lingkungan yang tidak mendukung. Karena itu dalam memilih Tancho pilihlah yang memiliki kualitas merah yang cukup tebal.

Tancho memang salah satu jenis koi yang cukup menawan sebagai variasi dari berbagai macam pola koi. Banyak penggemar yang melengkapi koleksinya dengan Koi Tancho.

Tags: ,

Popularity : 9,790 views


One comment
Leave a comment »

  1. mau konsultasi pembuatan filter kolam koi. no telponnya berapa.
    santo, cakung 08129052009

    Reply

Leave Comment