Memilih Koi Jenis Showa

Mar 22nd, 2011 | By | Category: Koi Type

CentralKoi — Koi Jenis Showa atau sering disebut juga dengan Showa Sansoku merupakan Ikan Koi yang memiliki tantangan tersendiri bagi penghobi Koi. Warna pada Showa cenderung sering mengalami perubahan seiring dengan pertumbuhan ikan Koi. Hal ini membuat penghobi harus memiliki kejelian dalam memilih, memprediksi masa depan koi dan cara memeliharanya. Showa Sansoku merupakan Koi tiga warna Merah, Putih dan hitam seperti halnya Sanke. Hanya saja prosentase warnanya saja yang berbeda. Showa. Prosentase warna Hitam pada showa lebih banyak dibandingkan Sanke.

Dalam klasifikasi Ikan koi Showa masuk dalam keluarga Gosanke ( Kohaku, Sanke dan Showa) yang biasanyan merupakan persilangan antara Koi Kohaku dengan Shiro Utsuri. Showa Klasik memiliki prosentase warna 40% Merah, 40% Hitam dan 20 % warna Putih. Modern Showa memiliki prosentase warna Merah,Hitam dan Putih yang sama . Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Showa penghobi Koi merekomendasikan pemeliharaan Koi Showa pada Hard Water. Hard water akan meningkatkan kualitas Sumi/warna hitam pada showa.

Tips Memilih Koi Showa

Berdasarkan pendapat Dr. Arthur Lembke ada beberapa kriteria yang bisa diterapkan dalam memilih Koi jenis Showa ini. Berikut point-point tips tersebut:
1. Memiliki Semua Pola Kohaku yang baik. Koi Showa mengandung warna Merah dan Putih seperti Koi Kohaku, perhatikan Pola ini, baik dari Kualitas Hi (merah) maupu putihnya.

2. Kepala Terdiri atas 3 warna Merah,Putih dan Hitam dalam jumlah yang sama.

3. Pola Warna pada kepala yang paling baik adalah Pola Kohaku dan strip hitam berbentuk V Pada.

4. Pola Warna Hitam Pada showa akan terus berkembang, pilih yang memiliki waran meraqh dan putih yang baik.

5. Warna Merah ada Showa pada awalnya bisa berwarna Orange dan akan berkembang menjadi merah seiring pertumbuhan.

6. Pectoral Fin Idealnya hampir semua berwarna hitam kecuali untuk bagian terluar.

7. Sirip Tidak Boleh berwarna merah, Semua sirip berwarna putih atau sedikit hitam.

8. Persentase warna pada showa Klasik adalah 40% Merah, 40% itam dan 20 % Putih.Modern Showa memiliki persentase warna Merah,Hitam dan Putih yang sama.

9. Showa merupakan Koi yang paling sulit dipilih saat muda karena selalu mengalami perubahan saat tumbuh.

Selamat Memilih Showa.

Sumber:
– Dr. Arthur Lembke, Akca Library
– Foto Niigata-Nishikikoi

Tags: , , , , ,

Popularity : 13,832 views


10 comments
Leave a comment »

  1. Saya baru belajar memelihara koi, memilih koi yang baik bagi saya masih sulit, matur nuwun infonya karena targrt selanjutnya koleksi adalah showa

    Reply

  2. Dear Bapak/Ibu Penggemar koi di Indonesia,
    Tolongin saya, ada permintaan mendesak dari temen saya di Vietnam untuk order 1 ekor saja koi kohaku, showa, dan atau showa sanke dengan panjang 1,2 meter maximum. Kalau ada yang punya kasih kabar dan kirim juga photonya dan harga mau dijual, terimakasih.

    Salam,
    Enung Haryadi

    Reply

  3. Kalau ada yang tahu, tolong juga infokan distribotor obat DIMILIM. Teman saya perlu 0.5 kg saja.

    Thanks

    Reply

  4. Terimakasih anda telah membantu saya.

    Reply

  5. tolong infokan makanan2 alami koi yg bs membuat warna koi makan cerah

    Reply

  6. Saya baru belajar memelihara koi, memilih koi yang baik bagi saya masih sulit, matur nuwun infonya karena targrt selanjutnya koleksi adalah showa

    Reply

  7. menurut saya, warna KOI yang baik tidak bisa di teorikan, karena bagi saya memelihara KOI adalah menyangkut kesenangan hati, jadi percuma saja orang bilang KOI kita bagus tapi kita sendiri tidak bisa menikmatinya. Jadi pada saat membeli jangan terpengaruh teori atau kata orang, tapi berlama-lama lah memilih sampai pada jenis KOI dengan warna yang membuat hati kita senang. ini masalah selera, jadi bagus bagi seseorang belum tentu bagus bagi hobiis yang lain. yang penting adalah KOI kita tetap sehat, makan rakus, dan bisa menghibur hati pemilik nya. hobiis seperti saya tidak ada profit oriented, ini murni untuk kesenangan hati dan penghibur diri. sayangi KOI anda dengan hati, bukan dengan makanan mahal ataupun suplemen2 yang banyak di iklan kan di situs2 dengan harga selangit. KOI butuh di sayang dengan sepenuh hati agar memberikan imbal balik yang setimpal bagi yang menyayanginya dengan sungguh2.

    Reply

    Ronny Bhyazoo Reply:

    Setuju Mas bro…

    Reply

  8. Pusat Penyediaan Benih Ikan Air Tawar
    Pusat Penyedian Benih ikan air tawar, menyediakan benih ikan gurame, telur gurame, nila merah, lele, patin,koi. Selain itu menyediakan benih ikan lainnya. Melayani penjualan/penngiriman luar pulau jawa. Berpengalaman kirim kalimantan, sumatera, sulawesi,Mataram,Jayapura sampai sekarang. Hub Fajar 085643494797.www.benihgurami.blogspot.com

    Reply

  9. thanks gan infonya..

    Reply

Leave Comment