Koromo Koi

Feb 13th, 2012 | By | Category: Koi Type

Centralkoi– Koromo merupakan jenis ikan koi yang banyak dikagumi oleh pecinta koi. Koromo merupakan koi dengan pola merah dengan warna gelap (hitam atau biru) yang membentuk pola dibelakangnya. Pada usia yang masih muda Koromo jarang yang sudah mencapai finish dari segi warnanya. Secara umum koromo dinilai berdasarkan pola yang ada pada kohaku, sanke maupun showa. Penilaian lainnya pada pola jaring(net)yang muncul di atas warna merah.

Pada umumnya Koromo merupakan keturunan dari Asagi yang disilangkan dengan Kohaku, Sanke dan sowa, dan pada umumnya koromo merupakan koi non metalik. Beberapa orang mengkelompokkan Goshiki ke dalam kelompok Koromo, namun sebagian lagi memasukkannya dalam Kawarimono.

Sumi Goromo merupakan koromo dengan pola hitam dibelakang pola merah bukan warna biru. Berbeda dengan Budo Goromo yang berkembang dari warna ungu gelap yang membentuk pola-pola kecil pada sisik di atas pola merah. Pola yang dibentuk Budo Goromo mirip dengan tandan buah anggur. Meski berwarna ungu lebih nampak seperti hitam.

Budo Goromo, Sumi Goromo Dan Ai Goromo


Ai Goromo merupakan koi putih dengan pola kohaku namun pada bagian tepi masing-masing sisik terdapat warna bitu gelap. Pada saat koi berusia muda lapisan gelap tersebut masih nampak samar-samar namun seiring bertambahnya usia akan semakin tebal. Justru jika warna gelap ini terlalu banyak saat koi usia muda , setelah dewasa kurang baik.

Warna biru/hitam pada koromo tidak sampai masuk ke area warna putih. Jika warna ini masuk ke area putih maka dalam klasifikasi akan masuk dalam Goshiki. Penting untuk diperhatikan pada saat memilih koromo di usia muda untuk melihat tepi (kiwa) dari warna merah jangan sampai warna gelap menjorok ke putih. Selain itu pada Budo Goromo sumi(hitam) tidak boleh terlalu ternoda oleh warna gelap yang terlalu besar.

Tags: ,

Popularity : 8,528 views


Leave Comment