Kemilau Koi Ogon Aka Hikarimono

Sep 30th, 2011 | By | Category: Koi Type

Centralkoi– Hikari Mono atau lebih banyak dikenal dengan nama Ogon merupakan koi dengan warna metalik dan hanya memiliki satu warna saja. Dalam bahasa Jepang Hikari berarti metalik atau berkilau sedangkan mono berarti satu. Sedangkan ogon sendiri berarti emas. Sebutan lain untuk Koi Ogon adalah Hikari Mujimono yang sebenarnya mengandung double kata, karena muji sendiri berarti satu.

Koi ogon terdiri atas beberapa jenis yang didasarkan pada warna ikan, misalnya saja koi metalik yang berwarna putih/platinum maka disebut Platinum Ogon. Sedangkan ogon yang berwarna kuning terang atau hampir seperti emas disebut Yamabuki Ogon.

Nezu ogon merupakan ikan koi metalik dengan warna dasar grey(abu-abu), sedangkan Orenji Ogon merupakan ogon yang berwarna orange metalik.

Karena warna yang terang dan cemerlang ogon menjadi koi yang mudah untuk dilihat. Kekuatan ogon adalah pada kualitas Hikari atau kecemerlangan warna metaliknya. Selain kecemerlangan warna pada ogon, pola net pada sisik juga turut mempercantik koi ini.


hikarimono

Yamabuki Ogon, Platinum Ogon,Orenji Ogon, Dan Nezu Ogon



Jika dibandingkan dengan Koi dengan sisik Ginrin, ogon hampir-hampir memiliki kesamaan. Untuk membedakan kedua jenis koi ini memang agak sulit, namun jika melihat keduanya secara bersamaan akan bisa dibedakan dengan lebih mudah.
Kemilau pada koi ginrin lebih nampak memantulkan sinar sedangkan pada ogon cenderung merata pada bagian belakang kulit. Hal ini karena penempatan pigmentasi warna yang berbeda antara ogon dan ginrin. Bagian penting yang membedakan antara keduanya adalah pada tepi sisik ikan.

Karena hanya memiliki satu warna penilaian ogon didasarkan pada kualitas warna metalik dan tentu saja pada body conformation. Ogon juga memiliki karakter yang cepat dalam pertumbuhannya dan cukup jinak jika dipelihara.
Jika anda mencari koi ogon saat masih muda maka pilih koi yang bagian kepalanya bersih dan tidak ada noda sedikitpun hampir-hampir seperti botak namun memiliki permukaan yang kemilau. Seiring dengan pertambahan usia, warna ogon akan cenderung lebih gelam dan muncul bintik-bintik pada bagian kepala yang tidak diharapkan .

Tags: ,

Popularity : 9,835 views


Leave Comment