Keindahan Koi Asagi Pada Pola Nett

Mar 22nd, 2011 | By | Category: Koi Type

Centralkoi — Jenis koi yang satu ini memiliki keindahan tersendiri bagi penggemar ikan koi. Asagi merupakan koi yang sudah cukup lama keberadaannya. Keindahan Asagi terletak pada pola jaring yang ada pada sisik ikan yang dikombinasikan dengan warna dasar biru indigo. Jika kita akan memilih Asagi sebagai peliharaan kita ada beberapa hal yang penting untuk dijadikan rujukan dalam memilihnya. Sebagaimana ikan koi jenis lainnya, Asagi memiliki kecenderungan untuk mengalami perubahan seiring dengan pertambahan usia dan ukuran asagi.

Bagi yang lebih suka memelihara koi dari usia yang muda dan ukuran kecil, penting untuk dipertimbangkan beberapa hal yang mungkin akan berubah pada koi asagi. Pada usia yang masih muda ada beberapa pertimbangan dalam memilih Asagi antara lain :

Pola jaring/net di badan harus cukup terang karena jaring cenderung menjadi gelap seiring dengan perubahan waktu. Selain itu warna a biru indigo harus cukup bagus dan tegas. Namun jangan sampai batas net/jaring tertutup.
Sisik dengan pola gin rin perlu dihindari saat memilih Asagi muda, karena ini akan menggangu keindahan asagi saat koi tumbuh.


Asagi Video


Selanjutnya, melihat bagian hidung yang memiliki warna putih yang jernih. Jika hidung berwarna putih persih maka biasanya dalam perkembangannya, bagian kepala juga akan mengikuti berwarna putih bersih.
Sebaliknya apabila bagian hidung agak kotor atau kurang putih bersih, bagian kepala cenderung menjadi tidak jelas dan dapat merambat ke bagian wajah bercak-bercak hitam.

 

Sirip dada harus semua atau sebagian besar merah. Merah pada sirip dada umumnya menarik untuk membentuk sebuah Motoaka (merah pada sirip dada +/- 30%). Ekor bisa jernih atau memiliki beberapa warna merah.
Hi (merah ) di sisi tubuh cenderung muncul lebih tinggi pada ikan Asagi yang sudah matang, jadi pilihlah yang memiliki warna merah yang tidak terlalu dominan .

Hendaknya warna merah pada bagian perut dan biru pada bagian atas lurus sepanjang badan dan dibatasi oleh warna putih yang lurus .

Asagi muda harus memiliki beberapa merah di pipi. Secara ideal warna merah ini berakhir hingga bagian belakang penutup insang kemudian sepanjang sisi kepala membentuk tapal kuda di kedua sisi.

 

Sumber:
Selecting Asagi or Shusui, by Dr. Art Lembke,Maryland

Tags: , ,

Popularity : 9,043 views


One comment
Leave a comment »

  1. […] Koi shusui hampir sama dengan koi asagi, karena itu standard yang dipakai untuk memilih asagi juga berlaku untuk memilih koi shusui. Shusui […]

Leave Comment