Jalan Panjang Breeding Kin Kikokuryu

Feb 9th, 2012 | By | Category: Koi Type

Centralkoi–Di Niigata, Jepang ada Koi Show yang disebut dengan Nogyosai yang dilaksanakan pada akhir oktober setiap tahun. Pada Kegiatan tersebut semua breeder koi turut serta dengan memasukkan koi mereka. Acara ini merupakan salah satu dari tiga koi show yang sangat bergengsi. Pada Nogyosai tahun 2000 Kin Kikokuryu hasil karya Mr. Seiki Igarashi mendapat perhatian yang luar biasa. Apresiasi pada Kin Kikokuryu ini memang pantas diberikan mengingat proses untuk mendapatkan varietas ini sangat panjang, disiplin dan penuh ketelatenan.

Mr. Igarashi merupakan breeder koi yang sudah cukup berpengalaman di Ojiya City. Ojiya City merupakan salah pusat breeding koi di Jepang. Lokasi peternakannya yang cukup luas dan berada di daerah pegunungan, Mr. Igarashi telah melakukan breeding berbagai macam jenis koi. Pengalamannya dengan breeding koi sudah dimulai semenjak usianya 17 tahun pada tahun 1966. Perjalanan yang sudah cukup panjang dan matang untuk seorang breeder koi.

Pada saat Mr. Igarashi memulai melakukan breeding koi, di Niigata ada sekitar 6000 breeder koi di sana. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu hanya sekitar 200 breeder koi saja yang masih bertahan. Ini menunjukkan bahwa breeding koi bukanlah sekedar menangkarkan koi saja tetapi sebuah kerja seni. Kuncinya dalam breeding koi adalah jika tidak bisa menghasilkan koi berkualitas baik maka ciptakanlah varietas baru yang belum ada. Yang kedua inilah yang dilakukan oleh Mr. Igarashi dengan menciptakan Kin Kikokuryu sebagai koi varietas baru.

Apa Sebenarnya Kin Kikokuryu

Kin Kikokuryu berasal dari koi jenis Karasugoi, yang melewati proses-proses : Magoi –> Karasugoi –> Hajiro –> Doitsu Hajiro –>Kumonryu –> Kikokuryu–> Kin Kikokuryu. Pada setiap tahapan proses tersebut juga perlu perhatian yang besar, karena untuk menuju Kin Kikokuryu harus sukses terlebih dahulu mengembangkan varietas sebelumnya.

Kin Kikokuryu pertama kali diikutkan dalam ajang Nogyosai ke 40 pada tahun 2000 dengan keindahan misterius yang membuat banyak orang terkesima. Pola kecoklatan yang bersinar pada kulit model Nezu Ogon. Sebagai keturunan Karasugoi ia memiliki sumi(hitam) pada seluruh tubuh termasuk mulut, kepala dan sirip. Pola 3 step yang ada pada kin kikokuryu ini membuat koi lebih indah dipandang.

Dari Kin Kikokuryu yang diikutkan dalam Nogyosai ini ternyata masih memiliki saudara satu keturunan yang tidak kalah menariknya. Jenis dari saudara Kin Kikokuryu tersebut ada enam tipe, yaitu:

Tipe A,Kikokuryu, Karena Kin Kikokuryu berasal dari Kikokuryu, wajar jika dalam breeding muncul Kikokuryu. Secara umum Sumi(hitam) tidak akan muncul dengan baik pada tubuh platinum, namun Koi Mr.Igarashi memiliki sumi yang kuat pada tubuh platinum,formasi sumi dan paltinum terbagi secara tegas. Sirip dada juga memiliki warna yang bersinar. Pola Kikokuryu bisa muncul dari Kin Kikokuryu karena indikan jantan merukan Kikokuryu.

Kikokuryu

 

Tipe B, Kin Kikokuryu, tipe ini merupakan yang paling menarik yang dihasilkan Mr. Igarashi

Kin Kikokuryu


Tipe C, Kin Kikokuryu , Merupakan percampuran dari tipe A dan tipe B
Seperti yang dilakukan oleh Mr.Matsuo dengan menempatkan hi pada Kumonryu untuk membuat Beni Kumonryu yang merupakan pencampuran Kohaku dan Kumonryu. Mr Igarashi mencoba untuk menempatkan hi di Kikokuryu. Karena Kikokuryu adalah koi metalik, itu sulit untuk menempatkan hi dan sumi dengan. Dan setelah banyak usaha, akhirnya ia berhasil menempatkan hi dan sumi dengan baik.

Kin Kikokuryu C


Tipe D, Momiji
Ini adalah jenis (C) tanpa shine. Mr. Igarashi menamakannya “Momiji.” Ini memiliki berbagai warna dari kuning menjadi merah seperti musim warna-warna gugur (‘Momiji’ dalam bahasa Jepang). Ini adalah varietas yang sangat menarik untuk kolektor koi. Pada kontes koi akan dikelompokkan dalam kategori Kawarimono.

Moniji


Tipe E, Kin Kikokuryu
Pada Tipe E seperti halnya pla C, namun memiliki pola yang lebih halus.Pola merupakan sesuatu yang sangat penting bagi setiap jenis koi. Pewarnaan memang sedikit lemah namun tetap baik. sumi juga muncul pada seluruh tubuh dari kepala hingga ekor. Tipe ini kadang-kadang terlihat seperti Kujaku.

Kikokuryu Tipe E


Tipe F, Kin Kikokuryu
Tipe F ini memiliki kemiripan yang sangat banyak dengan Kujaku, tetapi memiliki sumi yang tidak dijumpai pada Kujaku. Warna merahnya menambah keindahan tipe ini.

Kin Kikokuryu Tipe F


Sumber:
Kin Kikokuryu – Sensational New Variety,Mamoru Kodama, Chairman of Miyoshiike Co. Ltd.

Tags: , ,

Popularity : 6,612 views


One comment
Leave a comment »

  1. terima kasih untuk tips dan triknya, artikelnya sangat bagus untuk saya sebagai pemula yang mencoba untuk budidaya ikan koi

    Reply

Leave Comment