Pompa Air Untuk Kolam Mini

Sep 23rd, 2011 | By | Category: Koi Equipment

Centralkoi — Bagi sebagian pecinta koi memiliki kolam mini bukan berarti tidak bisa memaksimalkan performa kolam dan ikan di dalamnya. Meski kolam mini terkadang hanya dipakai sebagai kolam karantina namun perlu dipertimbangkan pula pompa air yang memadai. Memberikan pompa air yang berkapasitas besar sebenarnya tidak masalah namun tentu daya listrik yang dipakai juga akan besar. Untuk kolam mini pompa air bisa memakai pompa yang sering dipakai untuk aquarium. Biasanya tipe pompa dengan debit air yang kecil menggunakan tipe pompa Submersile atau pompa celup.

Memang tidak ada definisi seberapa ukuran kolam mini, namun  dalam tulisan ini akan dibahas beberapa pompa yang memiliki flow rate sekitar 3000 liter/Jam. Dengan asumsi ini maka volume kolam koi mini sekitar 3000 Liter. Dengan volume air kolam 2500 Liter misalnya maka jika menggunakan pompa air berkapasitas 3000 l/jam maka dalam satu jam air bisa masuk filter paling tidak satu kali siklus.

Berikut beberapa daftar pompa kolam koi mini/aquarium yang bisa dijadikan referensi:

1. Resun SP 5200

Pompa mini buatan China ini memerlukan konsumsi daya listrik : 60 Watt dengan output Flow rate Maksimum : 2800L/H dan ketinggian maksimum : 3.2 Meter.


Pompa Air Resun SP-5200


Terbuat dari Bahan yang menggunakan Stainless Steel shaff dan magnetic rotor yang tahan lama. Selain itu dilengkapi Pengatur arus air sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pompa air ini diklaim memiliki noise rendah sehingga tidak berisik , efisiensi energy yang baik dan low maintenance

Pompa Resun SP 5200 dijual di pasaran pada kisaran Harga Rp. 190.000. Di toko yang berbeda mungkin memiliki harga yang berbeda pula.

2. Atman AT-105

Pompa Kolam mini dengan konsumsi daya listrik sekitar 50 Watt ini memiliki flow rate air yang lumayan lebih tinggi dibandingkan pompa resun di atas yaitu sekitar 3000Liter/jam dengan ketinggian maksimum 3 meter.


Pompa Atman AT 105



Dilengkapi dengan karet yang dapat menempel di semua ukuran aquarium dan kolam sehingga cukup fleksibel. Selain itu pompa ini tidak berisik dan mudah dalam pengoperasian. Di Pasaran dijual pada kisaran Harga : Rp. 180.000.

3. Aquila P5200

Aquila P5200 mengkonsumsi daya listrik 50 Watt dengan output maksimal yang lumayan besar yaitu sekitar 3200Liter/jam
dengan ketinggian maksimal 2.8 Meter. Di pasaran dibandrol pada harga skitar Rp 180.000.


Aquila P3900


4. Lifetech AP5300

Pompa lifetech AP5300 ini memang relatif besar dalam mengkonsumsi daya listrik yaitu sekitar 80 Watt, dengan flow rate maksimal 2800 Liter/jam dan ketinggian maksimal 2.8 Meter. Harga pompa ini juga relatif cukup tinggi dibandingkan pompa merek lain di kelasnya yakni sekitar Rp.280.000.


Life Tech AP5300

Life Tech AP5300



Berikut perbandingan spesifikasi pompa air untuk kolam mini dalam bentuk tabel:

Spesifikasi Resun SP5200 Atman AT-105 Aquila P5200 Lifetech AP5300
Daya (Watt) 60 50 50 80
Qmax (Liter/Jam) 2800 3000 3200 2800
Hmax(Meter) 3.2 3 2.8 2.8
Harga (Rupiah) 190.000 180.000 180.000 280.000


Selamat memilih pompa untuk kolam mini anda.

Tags:

Popularity :


29 comments
Leave a comment »

  1. info bermanfaat…………

    Reply

    Agus sp Reply:

    saya sdg “belajar” memelihara koi. saya memerlukan informasi lebih banyak.
    Terima kasih.

    Reply

  2. brpa harga total termsk ongkir ke Tarakan, Kaltim? Dan brpa lama datang? Terima kasih

    Reply

    koikeeper Reply:

    Maaf om kami ndak jualan Pompa. Silahkan cek ke beberapa Toko Online banyak kok

    Reply

  3. Qmaxnya yg lbh kecil lagi gak ada gan???

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ada om yang lebih kecil, yang lebih besar juga ada. Silahkan sesuaikan dengan ukuran kolam dan budged tentunya.

    Reply

  4. Mas,,kira2 ada rekomendasi type pompa lain kah utk ukurn kolam 4 x 4 x 1,5 meter,,yang kurng lebih volumr air mencapai 24000 liter,,,,?? Mohon share ke email saya yaa mass,,terimakash (mhdrizalfauzihrp@gmail.com)

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ukuran Kolam ini lumayan gede, ndak cukup kalau pake type di atas. Bisa coba berbagai merek yang Flow-nya lebih gede om.

    Reply

  5. kalos saya buat kolam terpal ukuran 2×3 meter tinggi air 180 meter untuk ikan lele,pompa apa yang bagus buat saya?pompa celup atau bukan merek apa harga brapa?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Tinggi kolam 180meter? Nggak salah? Kalau lele ndak usah pake pompa ,tapi kalau mau pake pompa ndak apa2 bisa celup atau non celup.

    Reply

  6. Bos..yg bisa buat water wall yg mana ya?
    Pengen bikin water wall neh
    Makasih

    Reply

    koikeeper Reply:

    Coba nanya-nanya ke Tukang Taman bos, biasanya bisa

    Reply

  7. Saya ada kolam ikan lebar 60cm panjang 4 meter kedalaman 30 cm itu memerluka pompa Ɣªήğ ber kapasitas berapa ya

    Reply

    koikeeper Reply:

    1000l/h cukup bos

    Reply

  8. Informasi yang sangat bermanfaat.. boleh saya bertanya.. dari berbagai merek di atas, merek pompa yang kualitasnya stabil (life 24 jam) yang mana ya? Saya sudah coba yg merek aquila.. di awal pemakaian (masih baru) sih lumyan kenceng.. tapi setelah dipake 24 jam terus meneeus slm 3 hari jadi melambat.. jadinya saya siasatin pompa saya matikan di malam hari setelah di pake 3 hari x 24 jam..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Dari merek2 di atas relatif seimbang. Pengalaman saya pribadi pernah pake Resun sama Atman,kuncinya rajin dibersihkan bagian rotornya. Biasanya kalau kotor, putaran rotor jadi tidak balance sehingga menggerus magnet. Kalau baru 3 hari mestinya belum turun performanya. Coba cek apakah ada sumbatan pada pipa/pompa. Kalau dari luar nampak tidak ada sumbatan coba bongkar bagian rotornya(yang ada kayak kipas)siapa tahu kotor di dalam.

    Reply

    amin nurrakhman Reply:

    Apakah ada referensi (linl) cara bongkarnya terutama untuk merek aquila.. karena saya lawatir kalo salah bongkar bisa berakibat fatal (korsleting) mengingat pompa ini sudah didesain bisa hidup di dalam air tanpa korsleting..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Kalau Link coba browsing saja, antara rotor yang ada kipas dan kelistrikan berbeda bagian. Dan untuk kelistrikan biasanya sudah dibuat waterproof dan permanen tidak bisa dibongkar jadi tidak perlu khawatir. Selamat mencoba.

  9. mas klu yang non celup ada ? kalau bisa buat tegangan DC
    sekalian harga nya berapa, daya, ama spec nya thx :D

    Reply

    koikeeper Reply:

    Pompa Non celup kebanyakan konsumsi dayanya besar, seperti pompa air yang biasa dipakai di rumah tangga. Kalau yang DC saya sendiri belum pernah menjumpai.

    Reply

  10. Salam kenal om.

    Saya mau piara koi sekaligus mencoba dekor rumah dengan cara sirkulasi air kolam koi ke air ngalir nempel di kaca. Nah kolam koi saya ukuran 1 mtr X 1,2 mtr X 80 cm. Sedangkan jarak antara kolam koi dengan kaca tempered yg akan saya aliri air adalah 4,5 meter tinggi nya?

    Boleh minta recomend pompa celup merek apa yg sesuai untuk sirkulasi air agar air bisa naik setinnggi 4,5 meter lewat pipa 1 inch? Sehingga air kolam koi juga terjaga kebersihannya?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Dengan ketinggian segitu, saya kok kurang yakin pompa model celup bisa menaikkan air dengan maksimal. Pake pompa yang bukan celup saja om ada beberapa merek yang bisa dicoba.Mungkin ada yang bisa memberikan pendapat lain dipersilahkan.

    Reply

    supari Reply:

    Pakai pompa yang buat kolam renang.saya spesialist kolam renang .saya jg pernah bantu unyuk kolam koi.hub aja sy 081519211242.bisa pakai merk emaux.duraglass.atau merk starite dgn harga bervariasi

    Reply

  11. saya mau tanya om:saya pakai pompa merk waser baru dua bulan sudah 3 kali macet..kenapa ya om masalahnya dan bagaimana solusinya agar pompa awet

    Tks//handono

    Reply

  12. makasih infonya…

    http://www.berkahtaman.com

    Reply

  13. Saya mau bertanya.. Untuk kolam koi saya menggunakan pompa celup.. Apakah pompa celup dapat dioperasikan 24jam nonstop? Terimakasih

    Reply

  14. saya punya mesin air yang 4500 liter perjam, tapi baling baling rotor nya patah.. kira2 dimana tempat menjual baling baling rotor nya itu ya pak ??

    Reply

  15. Pakainya pompa dan filter untuk ukuran kolam renang.lebih maksimal.saya specialist kolam renang.belum lama saya bantu nyelesaikan masalah kolam koi yng sering kotor.sekarang udah 3 bulan jalan ga ada masalah.air jernih terus

    Reply

  16. ada yang 1HP / 750Watt gak ya….lagi butuh neh

    Reply

Leave Comment