Tips Memindahkan Ikan Koi

Nov 20th, 2015 | By | Category: Koi Care

TIPS MEMINDAHKAN IKAN KOI — Seringkali kita perlu memindahkan koi dari satu lokasi ke lokasi lain. Bisa karena pindah kolam, membeli koi baru, ikut kontes atau bisa pindah rumah. Nah hal penting yang perlu dilakukan adalah prosedur dalam memindahkan ikan koi. Karena ikan koi berbeda dengan ikan konsumsi, maka cara memindahkan ikan koi juga harus hati-hati. Memindahkan ikan koi yang benar selain meminimalkan stress dan kerusakan juga menjaga kondisi koi tetap sehat dan indah.

Cara yang paling umum dan mudah dalam memindahkan koi adalah dengan membawanya menggunakan kantong plastik. Kantong plastik merupakan media aman untuk memindahkan ikan koi, karena tidak berpotensi merusakkan sisik maupun tubuh ikan koi.

Berikut ini adalah cara memindahkan ikan koi dengan kantong plastik:

1. Isi tas plastik dengan ukuran yang sesuai ikan koi dengan air dan oksigen . Air berasal dariĀ  kolam asal koi separuh volume kantong. Volume air total adalah 1/3 volume kantong, sedangkan 2/3 adalah oksigen murni.
2. Tangkap koi dan masukkan dalam kantong tanpa memindahkan pada media lain, jika memungkinkan dilakukan dengan tangan dan hati-hati.
3. Setelah ikan koi ada di dalam kantong plastik, isi kantong plastik dengan oksigen dan ikat dengan karet.
4. Jika koi sudah sampai tujuan, jangan langsung dibuka kantong plastiknya. Dalam kondisi masih tersegel ikatan karet, masukkan kantong plastik dan koi ke kolam baru. Biarkan selama kurang lebih 20 menit. Ini dilakukan untuk menyesuaikan suhu dalam kantong dengan suhu kolam tujuan.
5. Lepaskan ikan koi ke kolam baru dengan hati-hati. Air dalam kantong plastik jangan dibuang ke kolam baru. Hal ini untuk mencegah masuknya penyakit yang mungkin terbawa dari lokasi awal.

Cara Mengangkut Koi, Sumber koivet.com

Cara Mengangkut Koi, Sumber koivet.com

Selama proses pengangkutan ada kemungkinan koi mengalami stress sehingga perlu pengamatan dan perhatian setelahnya. Beberapa hal yang perlu dilakukan setelah ikan koi dipindahkan adalah sebagai berikut :
1. Berikan aerator dalam kolam baru atau pada penampungan ikan koi dengan cukup.
2. Jika kondisi stress parah , arahkan koi dekat dengan sumber aerator dan “paksa” koi untuk menelan oksigen.Ini akan membantu mempercepat pemulihan kondisi ikan koi setelah pengangkutan.
3. Setelah lebih fresh, kan koi biasanya akan segera keluar dan berenang dari pegangan tangan. Jika sudah demikian ikan koi tinggal memantau perkembangannya.

Nah itu beberapa tips sederhana dalam membawa dan memindahkan ikan koi, serta pertolongan pertama pada ikan koi stress.


Popularity : 3,468 views


Leave Comment