Teknik Menyuntik Ikan Koi

Aug 20th, 2013 | By | Category: Koi Care

Centralkoi — Meski bukan dokter hewan terkadang menyuntik koi dapat dilakukan sendiri. Namun perlu berhati-hati dalam melakukannya, karena kesalahan bisa berakibat fatal pada Koi kesayangan kita. Menyuntik Koi sendiri idak direkomendasikan untuk Koi-koi yang berkualitas baik. Ada beberapa alasan mengapa kita menyuntik ikan Koi antara lain untuk pengobatan penyakit, pemberian rangsangan pada kawin suntik dan lain-lain.

Jika ingin bereksperimen ala dokter ikan sungguhan, ada tiga lokasi yang bisa dipilih dalam menyuntik ika Koi, tiga lokasi tersebut adalah Intraperoteneal (IP), Intramuscular (IM), dan Intravenous (IV).

Intraperoteneal (IP), adalah lokasi yang paling umum dan metode yang paling efektif dalam menyuntik Ikan Koi. Lokasi yang dipilih untuk metode IP adalah rongga perut antara sirip ekor dan lubang dubur dengan sudut 45 derajat .

Menyuntik Ikan KOI

Menyuntik Ikan KOI dengan Teknik Intraperoteneal (IP)

PenyuntikanIntramuscular (IM) dilakukan dengan sudut dan arah jarum yang sama dengan IP, tetapi dilakukan dalam jaringan otot di sepanjang dan di sisi sirip punggung. Selain otot punggung penyuntikan bisa dilakukan pada jaringan otot di sirip dayung (pectoral muscle).

PenyuntikanIntramuscular (IM)

PenyuntikanIntramuscular (IM)

Penyuntikan dengan metode Intravenous Koi Injections diberikan pada rongga mulut.

Intravenous Koi Injections

Intravenous Koi Injections

Tags: , , , ,

Popularity : 7,445 views


Leave Comment