PERKEMBANGAN PERTUMBUHAN IKAN KOI

Jan 26th, 2011 | By | Category: Koi Care

Central Koi — Koi cenderung tumbuh tercepat selama dua tahun pertama hidupnya. Pada tahun pertama, seekor koi dapat tumbuh mencapai panjang 30 cm  dan bisa mencapai panjang 50 cm pada pada saat  usia dua tahun. Pada tahun ketiga, sebagian besar ikan koi akan mencapai panjang 70 cm. Ukuran tersebut tidak mutlak tetapi panjang normal yang lazim diapai oleh seekor Koi. Ada kemungkinan pertumbuhan lebih cepat dan ada kemungkinan bisa lebih lambat tergantung pada banyak hal. Pada saat Koi mencapaui usia dua tahun maka organ-organ reproduksi sperma pada koi jantan dan telur pada koi betina mulai berproduksi secara aktif sehingga gizi dan makanan banyak diserap untuk reproduksi sehingga pertumbuhan tidak secepat sebelum usia dua tahun.Pertumbuhan koi dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain Kualitas air kolam, Makanan Koi, Keturunan dan Kedalaman kolam.

1. Kualitas Air Kolam

Kualitas air kolam koi merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk pertumbuhan ikan koi. Meskipun Koi dapat hidup dan berkembang pada air yang berkualitas buruk tetapi akan rentan terhadap serangan penyakit dan warna menjadi pudar dan tidak indah lagi. Untuk menjaga kualitas koi yang tinggi dan sehat faktor pertama yang harus diperhatikan adalah kualitas air kolam yang prima. Untuk mengoptimalkan perkembangan  dan meningkatkan kualitas koi , kualitas air harus  terjaga  dan tetap seperti itu dari hari ke hari dan tahun ke tahun. Ini adalah konsep yang sulit untuk dicapai sepenuhnya, karena air dalam kolam koi biasanya tidak berganti dan jika pada air yang berganti harus dipastikan selalu bersih dan bebas dari zat-zat berbahaya.  Air kolam koi yang bersih dan sehat juga akan membuat  koi tampak cantik , kulit bersinar, dan warna yang cemerlang.
Parameter Kualitas air
– PH = 7,0-7,6 & konstan
– Hardness  = 50-180 ppm
– Alkalinitas = 120-180 ppm
– Temperatur air  = konstan – tidak bergeser lebih dari 4 derajat F. dalam 24 jam
– Dissolved Oksigen (DO)  = 14 ppm di setiap waktu
– Amonia, nitrit atau nitrat harus pada 0 ppm setiap saat.
– Kontaminan seperti timah, tembaga, klor, besi, & residu obat-obatan harus semiminimal mungkin.

2. Makanan Koi

Pertumbuhan Koi membutuhkan makanan dan gizi yang baik. Makanan pada  Ikan Koi dipergunakan selain sebagai pertumbuhan juga untuk meningkatkan kualitas warna. Pada dua tahun pertama makanan dipergunakan untuk pertumbuhan badan, tetapi pertumbuhan badan yang terlalu cepat karena pemberian makanan yang berlebihan akan mengakibatkan pudarnnya warna pada koi. Kombinasi antara makanan yang bertujuan untuk pertumbuhan dan mencemerlangkan warna koi adalah pemilihan yang tepat. Empat tahun pertama sangat penting dalam rangka perkembangan struktur tubuh  dan perkembangan tulang koi. Memasuki tahun kedua secara natural kkoi betina memproduksi  telur dan koi jantan memprosuksi sperma. Pada masa ini makanan dipriotitaskan untuk telur dan sperma, pertumbuhan sedikit mengalami perlambatan. Pertumbuhan menjadi prioritas kedua, dan pengembangan warna (seperti yang kita suka) menjadi prioritas ketiga.

3. Keturunan

Garis Keturunan sangat penting dalam menentukan pertumbuhan ikan koi. Indukan Koi dengan ukuran jumbo akan menghasilkan keturunan yang berpotensi untuk tumbuh menjadi ikan koi jumbo.  Koi yang memiliki indukan yang bagus juga akan berpotensi melahirkan keturunan yang bagus pula. Warna yang cemerlang juga dihasilkan dari indukan yang memiliki warna yang cemerlang pula. Karena itu Koi yang memiliki garis keturunan yang jelas dihargai dengan harga yang lebih mahal, karena lebih mudah diprediksikan masa depannya.

4. Kedalaman kolam

Kedalaman Kolam koi akan mempengaruhi bentuk tubuh sampai batas tertentu, sebagai latihan otot terhadap tekanan.Kolam yang dalam juga cenderung memiliki suhu yang stabil dibandingkan dengan kolam yang dangkal. Hal ini akan membuat ikan tidak mudah stress oleh perubahan suhu air kolam.

Tags: , , , , , , ,

Popularity : 11,123 views


Comments are closed.