Penyebab Warna Koi Hilang

Oct 24th, 2011 | By | Category: Koi Care

Centralkoi– Sering dialami para pecinta ikan koi, tiba-tiba warna-warna tertentu hilang dengan tiba-tiba. Pada beberapa jenis koi warna-warna memang mengalami perubahan timbul dan tengelam sampai pada usia yang cukup mature/koi sudah finish warna menjadi lebih stabil. Namun ada hal-hal lain yang turut mempengaruhi warna ikan koi. Salah satunya adalah faktor genetik koi. Genetik yang baik akan mambuat koi lebih tahan terhadap beberapa perubahan lingkungan sehingga warna ikan koi menjadi lebih stabil. Karena itulah banyak pecinta koi sangat memperhatikan dari keturunan mana koi itu berasal.

Faktor lain yang membuat warna ikan koi memudar adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang buruk. Selain memerlukan makanan sebagai penunjang pertumbuhan ikan, makanan koi juga dipergunakan sebagai penunjang perkembangan dan kecemerlangan warna. Karena pigmen warna yang menentukan pada koi akan berkembang jika disuplai dari makanan, salah satunya pakan koi yang mengandung spirulina.

Suhu air juga memiliki pengaruh terhadap warna ikan koi. Pada air kolam yang bersuhu rendah, warna koi cenderung lebih solid dan hidup. Sebaliknya pada suhu yang lebih hangat warna koi cenderung memudar. Meski pada suhu hangat koi akan tumbuh lebih cepat. Yang lebih berpengaruh adalah fluktuasi suhu yang cukup besar dan sering membuat warna ikan koi tidak bisa stabil.

Tingkat stress sangat mempengaruhi warna ikan koi. Tingkat stress ini bisa ditimbulkan oleh bermacam-macam sebab, misalnya pemindahan ikan dari satu kolam ke kolam yang lain, perubahan suhu, perubahan komposisi material dalam air dan lain-lain.

Pemijahan koi juga bisa menyebabkan ikan koi menjadi kehilangan warna indahnya, terutama pada koi betina. Saat pemijahan memerlukan energi dan aktivitas yang cukup tinggi. Kondisi yang lebih buruk adalah hilangnya sisik-sisik pada koi betina yang bisa berakibat kematian.

Untuk menghindari hilangya warna pada ikan koi, perlu diantisipasi hal-hal penyebab di atas. Selain itu ada beberapa perlakuaan yang bisa dilakukan agar koi tidak kehilangan warna indahnya:

  •   Berikan pakan color enhancer yang berkualitas baik. Pilihlan Makanan koi peningkat warna dari produk yang memiliki reputasi yang baik. Lebih baik lagi diberikan pada saat koi mengalami pertumbuhan yang optimal. Sehingga antara pertumbuhan tubuh dan warna menjadi seimbang.
  • Jagalah air selalu dalam kondisi yang optimal bagi pertumbuhan ikan koi. Misalnya saja kandungan PH dalam air. Ukur dan perbaiki kualitas air jika ada perubahan yang cukup membahayakan.
Tags:

Popularity : 11,695 views


Leave Comment