Pentingnya Oksigen Dalam Kolam Koi

Jun 8th, 2011 | By | Category: Koi Care

Centralkoi – Oksigen memegang peranan yang sangat penting bagi kelangsungan organisme hidup dimanapun, termasuk ikan koi pada kolam. Kematian ikan koi banyak disebabkan oleh kandungan oksigen di kolam yang rendah. Agar ikan koi kesayangan di kolam selalu dalam kondisi yang sehat dan indah maka penting untuk difahami apakah kadar oksigen terlarut (disolved oxigen) di dalam air terlalu rendah atau tidak? Jika ya bagaimana meningkatkan konsentrasi oksigen pada air kolam? Bagaimana kita bisa menguji kadar oksigen dalam air kolam? Bagaimana kita bisa mendapatkan oksigen ke bagian bawah kolam . Pertanyaan itu penting untuk hidup ikan koi kesayangan kita agar tetap tumbuh sehat, indah dan optimal.

Oksigen dengan konsentrasi rendah dapat menyebabkan ikan menjadi semakin rentan terhadap penyakit dan bahkan mati tiba-tiba. Yang menyedihkan adalah ikan koi berukuran besar mati pertama ketika tingkat oksigen terlalu rendah.

Konsentrasi Oksigen pada kolam koi akan berkurang ketika: peningkatan suhu terutama di atas 80 ° F, kelebihan jumlah ikan koi di kolam, meningkatnya jumlah materi membusuk pada kolam,sirkulasi yang buruk atau tidak ada aliran air kolam.
Memindahkan air dengan membuat aliran membantu udara tercampur ke dalam air dan meningkatkan oksigen terlarut di dalam air.

Membuat air terjun dan semburan air dengan jet pump dapat membuat aliran air dengan sangat baik. Cara lain adalah dengan menambahkan pompa udara (aerator) dan batu-batu yang memiliki lubang kecil untuk meningkatkan konsentrasi oksigen. Pencampuran berlangsung di permukaan sebagai gelembung meledak dan dengan gerakan air permukaan bergerak menjauh dari udara naik dan kolom air.

Dengan meningkatkan disolved oxygen dalam air kolam, maka akan menjadikan air kolam lebih sehat. Meningkatnya jumlah oksigen dalam kolam juga akan meningkatkan jumlah bakteri aerobik pada kolam koi. Bakteri aerobik adalah bakteri baik di dalam kolam koi, mereka tumbuh dan makan tumbuhan yang telah membusuk mati, alga dan kotoran kolam hingga 30 kali lebih cepat dibandingkan dengan bakteri anaerob (an-aerobik).

Bakteri anaerobik adalah bakteri yang hidup dan tumbuh pada kondisi tidak ada oksigen. Karena itu mempertahankan suplai oksigen yang konstan sangat meningkatkan kemampuan bagi bakteri aerobik untuk berkembang dan menjaga dasar kolam koi Anda bersih, air jernih dan ikan sehat.

Mengingat pentingnya oksigen terlarut di dalam kolam koi, alangkah baiknya jika senantiasa dilakukan pengukuran kadar oksigen dengan water test kit atau DO Meter. Selanjutnya anda bisa menambahkan waterfall, bakki shower, jet pump atau aerator untuk menambahkan kandungan oksigen pada kolam koi. Ikan koi menjadi sehat dan menyenangkan.

 

Sumber:

http://koipondcentral.com/articles/pdair.htm

Tags: , , , ,

Popularity : 14,006 views


Leave Comment