Pentingnya Biosecurity Untuk Kesehatan Ikan Koi

Dec 12th, 2012 | By | Category: Koi Care

KESEHATAN IKAN KOI — Mencegah lebih baik dari mengobati, itulah ungkapan yang sudah lama kita dengar. Berbicara mengenai kesehatan dan keselamatan ikan koi nampaknya demikian juga halnya. Meski di tingkat penghobi Biosekuriti belum banyak menjadi perhatian, namun ada pula yang sudah menerapkannya secara tidak sadar, namun lebih banyak yang mengabaikan hal tersebut. Bagi breeder koi yang sudah besar dan berpengalaman dan juga dealer koi berkualitas, konsep biosecurity menjadi hal penting yang tidak boleh ditinggalkan.

Pada dasarnya Biosecurity di dalam memelihara ikan koi bertujuan untuk melindungi ikan koi dari penularan penyakit. Penularan penyakit ini bisa muncul dari ikan koi sendiri, dari air kolam, peralatan yang dipakai untuk memelihara koi, makanan dan lain sebagainya. Berbagai macam bakteri patogen bisa terbawa dari komponen tersebut. Bisa jadi patogen tidak berakibat buruk pada ikan yang satu karena memiliki kekebalan yang baik namun bisa jadi berakibat buruk pada ikan yang lain.

 


Biosecurity Koi

Biosecurity Mencegah Penyakit Ikan Koi

Untuk mendukung agar penyakit tidak menular dan menjangkit pada ikan koi biosecurity menjadi satu hal penting mendapat perhatian. Biosecurity pada dasarnya adalah sebuah SOP (Standart Operating Procedure) yang diterapkan secara ketat agar penyakit tidak menular saat beberapa kelompok ikan dicampurkana atau bersentuhan dengan dunia luar. Kebiasaan penghobi ikan koi, akan mencampurkan begitu saja ikan yang baru dibeli dengan ikan yang sudah lama dalam satu kolam. Meski ikan baru tersebut nampak sehat, namun belum tentu ia steril dari patogen yang terbawa. Karen itu penting sebelum ikan koi baru dimasukkan kolam dilakukan karantina terlebih dahulu.

Untuk breeder atau dealer besar biasanya mereka memiliki beberapa kolam yang disediakan khusus sesuai dengan fungsinya. Misalnya saja kolam untuk display, kolam karantina, kolam indukan dan lain sebagainya. Bagi customer yang akan masukpun diberikan aturan yang cukup ketat misalnya, mensterilkan diri (tangan dsan lain-lain), tidak boleh membawa makanan, tidak boleh memberi makan, tidak boleh menyentuh air dan peralatan dan lain sebagainya.

Nampaknya memang terkesan ribet dan rumit dalam menerapkan hal tersebut, namun penting bagi kesehatan koi. Bagi penghobi mungkin tidak serumit itu namun, konsep biosecurity patut diadopsi. Misalnya saja sumber air yang harus dipastikan bersih, pemeriksaan ikan yang sakit, karantina ikan sakit, jangan memberi makan sembarangan dan tentunya kondisi air yang selalu prima harus dijaga.

Tags: ,

Popularity : 3,940 views


Leave Comment