Meningkatkan Pengetahuan Memelihara Koi

Feb 17th, 2012 | By | Category: Koi Care

Centralkoi–Hobi memelihara koi menjadi sesuatu yang menyenangkan apabila didukung pengetahuan yang selalu meningkat mengenai koi dan pemeliharaannya. Menjadikan ikan koi jadi juara dalam sebuah lomba bukanlah tujuan akhir, namun seni memelihara koi itulah yang penting. Jika seni memelihara sudah menjadi kemampuan, menjadi juara lomba kontes koi bukan sesuatu yang mustahil. Pengetahuan memelihara ikan koi akan berkembang seiring dengan pengalaman dan kemamuan untuk mempelajari hal-hal baru tentang koi.

Ada banyak kesenangan yang bisa diperoleh apabila bisa mengamati dan melakukan improvisasi terhadap teknik pemeliharaan, melakukan prediksi perkembangan koi. Yang jika semua itu dilakukan dengan sepenuh hati akan menjadikan kesenangan dan ahli dalam koi.

Untuk meningkatkan pengetahuan memelihara koi ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:
1. Gali informasi yang mendalam melalui buku atau majalah koi
Banyak buku , majalah atau resource dari internet yang membahas mengenai koi dalam berbagai bahasa. Banyak gambar koi atau video yang bisa dijadikan referensi untuk membandingkan koi bagus dan koi kurang bagus, koi juara dan koi biasa.

2. Kunjungi Koi Show
Koi Show banyak diselenggarakan oleh organisasi, breeder koi atau komunitas yang tersebar di Indonesia maupun di luar negeri. Dengan menunjungi Koi show kita bisa melihat penilaian koi oleh juri dan penilaian kita sendiri. Bayangkan diri anda sebagai juri mana koi yang masuk Grand Champion, runner up, best mature, best young, best baby, best in size dan lain-lain.

3. Kunjungi Dealer Koi, Hobis yang Sudah berpengalaman.
Jika anda hanya melihat ikan koi di kolam sendiri maka tidak akan bisa menilai apakah koi anda baik atau buruk. Dengan banyak melihat ikan koi pada kolam orang lain atau dealer akan banyak melihat variasi ikan dari yang berkualitas maupun yang biasa-biasa saja. Membandingkan kualitas ikan dari satu tempat ke tampat yang lain akan mempercepat kemampuan anda menganalisa kualitas koi.

4. Libatkan diri Pada Acara Koi Show
Dengan melibatkan diri dalam acara koi show , anda memiliki kesempatan untuk mendengarkan para juri menilai koi, bagaimana satu koi lebih baik dari koi yang lain.

5. Beli ikan Koi Untuk Belajar
Membeli ikan untuk dipelihara kemudian diamati perkembangannya merupakan cara terbaik untuk meningkatkan pengetahuan tentang koi. Amati perubahan-perubahan struktur tubuh, warna, kilau, ketajaman dan lain-lain. Jangan lupa untuk membandingkan koi dari waktu ke waktu dengan mengambil foto. Setelah beberapa tahun anda bisa mencoba menjual koi tersebut untuk menilai berapa layak koi anda dihargai. Ulangi siklus pemeliharaan ini beberapa kali.

6. Tingkatkan Kualitas Koi di Kolam
Jika anda menilai koi yang ada di kolam tidak baik, segera singkirkan koi dengan menjual atau memindahkan ke kolam lain. Ganti dengan ikan yang lebih baik, ini akan membantu melatih mata anda terhadap koi yang baik. Selain itu jika koi yang dipandang kurang baik tetap dibiarkan di kolam akan menjadikan populasi koi di kolam terlalu padat, ini tidak baik bagi koi anda.

7. Ikut Kontes Koi
Jika anda merasa koi anda sudah layak kontes, ikutkan koi ke dalam Kontes. Jangan malu jika koi anda tidak menjadi juara, tetapi pengetahuan dan selalu meningkatkan kualitas adalah hal utama. Anda juga dapat membandingkan koi anda dengan koi juara dan menganalisa kekurangan-kekurangannya.

8. Breeding Koi
Jika anda punya banyak waktu dan sarana, anda bisa melakukan breeding koi anda sendiri. Amati bagaimana koi berkembang dari burayak hingga koi menjadi besar. Bandingkan beberapa pasangan parent dan beberapa keturunannya. Koi dengan kualitas baik belum tentu menghasilkan keturunan yang baik pula.

Semakin banyak hal yang dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan tentang koi maka banyak hal baru pula yang akan diketahui. Dalam hobi koi banyak hal yang sering menjadi penghambat misalnya mengenai harga koi yang mahal untuk belajar, jika itu tidak menjadi hambatan maka semakin lama tidak banyak uang yang dibuang untuk membeli koi, karena setiap pilihan akan sesuai dengan kualitas yang anda prediksikan.

Sumber:

http://www.hikarikoifood.com/2010/09/how-to-increase-your-knowledge-of-koi.html

Tags: , ,

Popularity : 4,647 views


Leave Comment