Mengoptimalkan Pertumbuhan Koi Dari Air

Nov 25th, 2011 | By | Category: Koi Care

Centralkoi–Berbicara megenai pertumbuhan ikan koi pecinta koi masih merujuk pada breder dan industri Koi dari negeri Jepang. Memang faktanya breeder epang telah secara konsisten mampu menghasilkan koi berkualitas bagus dengan pertumbuhan yang cukup pesat. Para Peternak Koi di Jepang memang telah lama belajar dari pengalaman memelihara ikan koi secara berkesinambungan. Salah satu parameter penting yang menjadi perhatian adalah kualitas air. Paramater itu antara lain Water Hardness dan Level TDS (Total Dissolved Solid) air. Ada baiknya jika kita belajar memelihara Koi dari Industri koi di Jepang.

Pertumbuhan ikan koi di Jepang dapat ditingkatkan pada kondisi air Soft dan murni. Hardwater mengacu pada tingkat material terlarut yang ada pada air kolam. Sedangkan Softwater mengacu pada rendahnya material yang terlarut dalam air. Tingkat TDS ini diukur dalam satuan ppm (part per million) atau dalam dh (German Degrees Of Hardness).
KH, Carbonate Hardness
Tingkat PH air juga turut mendukung pertumbuhan ikan koi. Carbonate Hardness memiliki kaitan dengan PH air kolam koi. Nilai KH yang ideal berada pada level 2 sampai 6 dH. Sedangkan nilai PH berada pada level 6.8 dan 7.4.
GH, General Hardness
GH merupakan ukuran yang dipergunakan untuk mengukur jumlah mineral terlarut di dalam air misalnya Kalsium dan Magnesium. GH tidak ada hubungannya dengan PH secara langsung. Para peternak koi Jepang selalu mengupayakan nilai GH yang rendah dengan nilai sekitar 50 ppm (2.9 dH).

TDS, Total Disolved Solids

TDS mengacu pada Jumlah material yang terlarut di dalam air. TDS meliputi KH, GH, kotoran ikan , sisa makanan dan berbagai kandungan zat kimia dalam air. Beberapa nilai TDS di beberapa lokasi antara lain:
Wakabayashi 65 to 78ppm,
Takumi 76 to 85ppm,
Takigawa 105 to 108ppm,
Imai 35 to 48ppm, Inoue 35 to 48ppm,
Momotaro 75 to 85ppm.

Di semua lokasi tersebut menunjukkan pertumbuhan ikan koi yang cukup baik. Namun demikian secara genetik koi-koi yang dipelihara di Jepang berasal dari indukan yang berkualitas baik pula.

Ada beberapa faktor lain yang ikut berpengaruh dalam ukuran TDS antara lain frekuensi pemberian makan, sistem filter dan lain-lain. Pada akhirnya agar pertumbuhan ikan koi bisa maksimal maka nilai TDS pada air harus pada kondisi yang cukup rendah.

Tags: ,

Popularity : 5,978 views


Leave Comment