Mengobati Penyakit Koi Dengan Terapi Panas

May 13th, 2011 | By | Category: Koi Care

Centralkoi – Adakalanya koi kesayangan kita terserang penyakit tertentu. Biasanya penyakit mudah menyerang koi pada saat kekebalan tubuh ikan menurun dan lingkungan hidup(air kolam Koi) buruk. Kondisi yang membuat lingkungan koi tidak ideal adalah suhu air yang dingin. Meski koi dapat hidup pada kondisi air yang dingin, namum pertumbuhan koi optimal akan dicapai pada suhi air yang hangat. Hal ini disebabkan fungsi metabolisme tubuh ikan koi akan berlangsung dengan baik pada suhu air sekitar 76 derajat Fahrenheit (sekitar 25 derajat Celcius). Pada suhu yang dingin sekitar 65 derajat Fahrenheit(sekitar 18 derajat Celcius), pertumbuhan ikan koi mulai melambat.

Pada suhu yang rendah pertahanan tubuh koi juga mengalami penurunan, sehingga koi mudah terserang penyakit. Karena itu penting untuk menjaga suhu kolam koi pada temperatur yang hangat, sehingga metabolisme tubuh optimal dan koi menjadi sehat.

Terapi menaikkan suhu kolam koi banyak dilakukan oleh para hobis untuk mengobai berbagai penyakit yang melanda ikan kesayangan kita. Tentu cukup sulit untuk memberikan water heater pada kolam yang luas. Biasanya terapi panas ini dilakukan pada tanki/bak karantina khusus yang tidak terlalu besar.

 

Koi Yang Sehat Membuat Hati Riang

Koi Yang Sehat Membuat Hati Riang, Foto pskoi.com

 

 
Penyakit yang disebabbkan oleh virus semisal lymphocystis dapat disembuhkan pada tanki karantina dengan suhu 80-84 derajat Fahrenheit. Pada suhu tersebut kekebalan tubuh koi akan meningkat, sedangkan penyakit virus hanya dapat diobati oleh pertahanan alami ikan.

 

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti Aeromonas, mulut busuk, dan lain-lain sering sembuh tanpa antibiotik pada suhu 80-84 derajat Fahrenheit. Dalam situasi ini bakteri Aeromonas tidak hidup dengan baik dalam suhu tinggi dan sistem kekebalan tubuh koi sangat tinggi.

Jika penyakit pada ikan koi sudah cukup parah parah sampai tidak mungkin memasukkan antibiotik ke dalam makanan, terapi air hangat dan garam sebesar 0,3% , akan membantu mengobati penyakit pada ikan koi.

Meski terapi panas dapat mengobati berbagai macam penyakit koi, yang perlu diingat adalah jangan menaikkan suhu air kolam koi terlalu cepat. Parasit dan bakteri juga dapat tumbuh lebih cepat dalam air yang hangat. Sedangkan sistem ikan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan tetapi organisme penyakit tidak.

Menaikkan suhu dari lingkungan pada 3 – 5 derajat interval setiap 24 jam untuk 80-84 derajat Fahrenheit. Mempertahankan suhu stabil dengan kurang dari 2 derajat variabel per Perlakukan hari dengan garam 0,3% dan parasiticides atau antibiotik selama periode penyesuaian, dan lanjutkan dengan pengobatan jika perlu sampai menyembuhkan terpengaruh.

Menjaga temperatur untuk 4 – 6 minggu setelah pengobatan, lalu perlahan-lahan drop suhu untuk menyesuaikan bahwa air kolam. Ini akan memastikan Koi kuat dan memudahkan transisi ikan kembali ke kolam. Pastikan koi kesayangan anda sehat dengan terapi panas.

 

Sumber:

http://www.lagunakoi.com/Heat-Therapy-Library-sc-339.html

Tags: , ,

Popularity : 12,939 views


Leave Comment