Mengatasi Penyakit Kutu Jangkar Pada Koi

May 6th, 2011 | By | Category: Koi Care

Kutu Jangkar/kutu jarum atau dalam bahasa inggris dikenal dengan Anchor Worm kerap membuat pusing pecinta ikan hias termasuk ikan Koi. Kutu jangkar secara termasuk dalam kategori Crustasea, yang hidup dibawah sisik ikan koi. Dalam hidupnya kutu jangkar bersifat parasit bagi ikan koi kesayangan, sehingga akan merugikan untuk kesehatan koi. Selain itu keberadaan kutu jangkar pada koi akan menimbulkan infeksi sekunder jika daya tahan koi dan kualitas air buruk. Infeksi sekunder ini terkadang bisa jauh lebih berbahaya.

Kutu jarum/jangkar (Anchor Worm) dapat diatasi dengan beberapa cara, cara paling sederhana adalah dengan mencabut satu persatu kutu dari ikan koi. Namun cara ini tentu sangat melelahkan jika jumlah kutu jangkar sudah sedemikian banyak. Selain itu pada saat kutu jangkar dicabut akan membuat ikan kesakitan dan meninggalkan bekas luka pada ikan koi, sehingga berpotensi merusak.

 

Ikan Koi Yang Terkena Anchor Worm(Kutu Jarum/Jangkar)

Ikan Koi Yang Terkena Anchor Worm(Kutu Jarum/Jangkar)

 

 

 

Cara lain adalah dengan menggunakan Dimilin. Dimilin bekerja dengan mengganggu praktek perkawinan cacing jangkar sehigga siklus hidup mereka akan terganggu. Ini juga berarti bahwa yang saat kutu jangkar menancap pada ikan koi,tetap tidak cedera, tetapi mereka akan tidak lagi mampu menghasilkan keturunan.

Pemberian larutan Kalium Permanganat (PK) pada kolam koi, juga mampu mengatasi menghilangkan kutu jarum pada ikan koi. Namun penggunaan larutan ini sekarang tidak direkomendasikan.

Abate yang biasa dipakai untuk membunuh jentik nyamuk juga bisa dipergunakan untuk membasmi kutu jarum. Dengan dosis disesuaikan dengan volume air dan beberapa kali, kutu jarum akan lenyap dari kolam koi. Selamat mencoba.

Tags: , , ,

Popularity : 17,091 views


10 comments
Leave a comment »

  1. apa yang di maksud DIMILIN dimana mendapatkanya, caranya menggunakanya

    Reply

    koikeeper Reply:

    Om Jamal, Dimilin bisa didapatkan di pet shop, atau toko Kimia.

    Reply

    jamal Reply:

    dosisnya berapa

    Reply

  2. trims.bagaimana cara mengunakannya dan dosisnya?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Cara penggunaannya dicampurkan pada air bak akrantina , dengan dosis yang cukup kecil 1 gram untuk 1000 galon air ( 1galon =19 liter).

    Lebih tidak beresiko pake Abate saja om, cukup efektif dan aman. Konon Dimilin beresiko juga.

    Reply

  3. Abate itu apa?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Abate itu yang biasa buat basmi jentik nyamuk di bak mandi/bak air tampungan lain.

    Reply

  4. Apakah pemakaian abate tidak berpengaruh terhadap ikan2 koi saya???
    Apakah selama pemakaian abate harus di pindahkan k trmpat lai???

    Reply

    koikeeper Reply:

    Dalam jumlah yang tidak over menurut saya tidak masalah. Idealnya dipindah ke bak karantina/tempat yang lebih sempit agar jumlah abate yang dipakai tidak terlalu banyak dan efektifitas pemakaian.

    Reply

  5. Berapa dosis abate tiap 1000liter.
    Trimakasih sebeluimnya

    Reply

Leave Comment