Mengatasi Argulus (Kutu Ikan) Pada Koi

Aug 6th, 2011 | By | Category: Koi Care

Centralkoi — Argulus atau kutu ikan seringkali dijumpai pada ikan Koi. Argulus berdifat parasit bagi koi sehingga akan merugikan kesehatan ikan. Ukuran Argulus sangat kecil sehingga hanya bisa dilihat dengan jelas dan detail dengan Mikroskop. Efek yang ditimbulkan argulus pada ikan Koi adalah gatal-gatal, menyebabkan infeksi dan efek yang lebih lanjut adalah kematian ikan koi. Seperti halnya kutu jarum Argulus menempel erat pada tubuh koi dan menyerap nutrisi ikan koi.

Meski berukuran sangat kecil , mendeteksi Argulus pada ikan koi cukup mudah tanpa bantuan Mikroskop. Ikan Koi yang telah terkena Argulus pada bagian sirip dan kulit akan berwarna putih. Argulus yang sudah menempel pada koi akan menyuntikan racuk kedalam kulit koi yang akan menyebabkan peradangan dan infeksi. Jika sudah indeksi berpotensi terjadi infeksi sekunder yang jauh lebih berbahaya. Koi yang sudah terkea Argulus biasanya akan berwarna pucat.


Koi Yang Terkena Argulus


Argulus sendiri biasanya muncul pada kolam koi melalui pakan hidup, misalnya cacing suta dan makanan-makanan hidup lainnya. Selain itu kondisi air yang kurang baik akan mendukung pertumbuhan argulus.

Mengobati Argulus Pada Koi

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi Argulus pada koi adalah mengkarantina Koi yang sakit. Tujuannya agar Koi mencegah koi yang belum terinfeksi argulus tetap sehat.

Jika argulus belum terlalu parah pemberian garam ikan pada Bak karantina ditambah elbayou sudah cukup untuk menghilangkan Argulus.

Alternatif lain adalah dengan perendaman jangka pendek dalam luratan standar formalin (37-47 %) sebanyak 0.125 mg/liter air selama satu jam atau dalam larutan kalium permanganat dengan dosis 10 mg/liter selama 30 menit.

Tags: , ,

Popularity :


10 comments
Leave a comment »

  1. maaf saya pengemar baru koi, permasalahan nya salah satu koi saya ada kena kutu, stelah saya cabut,saya cemplungin lg ke kolam,stelah 1 hari satu persatu ikan mati,ciri cirinya insang pucat,sisik ada yang lepas,. Lebih dari itu tidak ada tanda tanda lg.. Mohon bantuanya., tks

    Reply

    koikeeper Reply:

    Kemungkinan Selain kena kutu, Koi anda terserang juga penyakit lain. Bakteri aeromonas mungkin sudah ikut menyerang pada koi. Luka akibat kutu bisa menjadikan infeksi sekunder jika kondisi lingkungan tidak mendukung. Yang penting diperhatikan adalah kualitas air harus terjaga, atau jika sudah ada gejala segera karantina koi dengan air garam, pemberian Elbayou dan suhu air dinaikkan.

    Reply

  2. Saya baru saja beli koi murah meriah, dari jutaan jadi beberapa ratus ribu.. Dijual murah karena sakit, saat di rumah saya periksa ternyata ada kutunya juga.. Saat mau saya ambil kutunya, malahan hilang.. Apakah bisa kutu dibasmi dengan elbayou? Karena selain kutu, ada sedikit aeromonas nya.. Terima kasih..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Setahu saya Elbayaou tidak untuk menghilangkan kutu. Untuk menghilangkan kutu, secara manual bisa diambil satu persatu. Namun jika sudah banyak lebih efektih ikan dikarantina dan air diberikan Abate yang biasa untuk membasmi jentik nyamuk. Elbayou dan Garam kemungkinan bisa mengatasi Aeromonasnya

    Reply

    Erik Reply:

    Makasih infonya :D

    Reply

    Erik Reply:

    Tadi kutunya mau diambil manual, tapi keburu hilang.. Akhirnya keburu diobat elbayo dulu..
    Berarti nanti harus saya cek lagi koinya sebelum digabung ke kolam besar..
    Makasih infonya ya.. Sangat membantu :D

  3. Mas bisa bantu saya? Koi saya tiba” ada yang buta matanya kanan kiri.. Apakah kena penyakit? Rasanya sehari sebelumnya normal.. Apakah perlu di karantina?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Bisa Juga Karena penyakit atau terbentur material yang ada di kolam. Baiknya dikarantina dulu.

    Reply

  4. Permisi mau tanya untuk perendama ikan dengan abate butuh jangka waktu berapa lama?

    Soalnya kemarin saya coba karantina semua ikan di kolam mati satu Per satu..

    Terimakasih bantuannya..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Sehari saja om, sekalian ganti air. tidak perlu ganti air semua juga tidak apa2, kurangi air sisakan 30%, lalu tambahkan lagi air segar

    Reply

Leave Comment