Mendeteksi Penyakit Busuk Mulut Pada Koi

Sep 18th, 2011 | By | Category: Koi Care

Centralkoi — Seringkali dijumpai pada ikan koi dan ikan-ikan lainnya, pada bagian mulut nampak putih seperti kapas. Jika ini terjadi pada ikan koi kesayangan anda kemungkinan adalah penyakit busuk mulut (Cotton Wool Disease). Penyakit busuk mulut ini biasanya disebabkan oleh bakteri Flexibacter columnaris yang menyerang ikan koi. Bakteri ini dapat dengan mudah menyerang ikan koi yang terluka atau mengalami stres. Seringkali orang salah melakukan identifikasi penyakit ini disebabkan oleh jamur, sehingga penanganannya menjadi salah.

Gejala Busuk Mulut

– Bintik Putih di sekitar daerah mulut dan kepala yang menyebar ke tubuh dan sirip
– Pertumbuhan kapas putih yang menggerogoti mulut
– Geripis pada bagian pinggir sirip.
– Luka pada bagian sirip punggung.
– Stadium Lanjut menyerang bagian insang.

Pengobatan Busuk Mulut

Pengobatan untuk penyakit busuk mulut ini bisa dilakukan dengan melakukan perendaman air garam pada ikan. Selain itu berikan pula antibiotik untuk mencegah berkembangnya infeksi yang kemungkinan menyebabkan infeksi lanjutan. Memberikan Terramycin juga cukup membantu menghentikan bakteri columnaris ini.
Hal lain yang penting untuk dilakukan adalah menjaga kondisi air agar selalu dalam kondisi yang baik, karena akan membantu mencegah dan mempercepat penyembuhan penyakit busuk mulut ini.

 

 

 

 

Sumber:

http://koiandponds.com/disease-cottonwool.htm

Tags: ,

Popularity : 6,952 views


Leave Comment