Memelihara Koi Bagi Pemula

Jan 23rd, 2014 | By | Category: Koi Care

MEMELIHARA IKAN KOI — Memelihara Koi merupakan hobi yang sangat menyenangkan, karena keindahan ikan koi mampu menyejukkan pandangan dan menenteramkan pikiran. Koi berukuran jumbo yang berenang-renang di sekitar rumah menjadi hiburan tersendiri melepas kepenatan sehari bekerja. Sebagian masyarakat Jepang berkeyakinan bahwa memelihara koi dapat mendatangkan hoki bagi pemiliknya. Akan tetapi sebagian orang tidak terlalu peduli dengan hal tersebut. Yang jelas¬† beberapa pecinta koi memiliki pengalaman¬† memelihara koi dengan penuh ketekunan dan kesabaran, karena hobi tanpa disadari menghasilkan koi dengan kualitas unggul dan menang dalam berbagai kontes akhirnya koinya di hargai dengan harga mahal, mungkin ini yang disebut dengan hoki dalam memelihara koi.

Terlepas dari itu semua bagi pecinta koi pemula tentu banyak hal yang harus dipahami dan dipertimbangkan sebelum memulai memelihara ikan Koi. Banyak pecinta koi pemula harus stress karena koi yang dibeli dengan harga mahal mati setelah dimasukkan ke dalam kolam, alih-alih ingin mencari hiburan dengan melihat keindahan koi berenang di kolam tetapi malah pusing melihat ikan koi mengapung di kolam dan terus-terusan mati. Jangan cemas, berikut ada beberapa tips dalam memelihara Koi bagi pemula, meski tidak menjamin 100% keberhasilan dalam memelihara Koi tetapi paling tidak meminimalkan resiko kematian.



Basic Koi Care

Tips Memelihara Koi

1. Persiapan Kolam Koi Yang Baik
Kualitas air kolam koi merupakan penentu keberhasilan dalam memelihara Koi, ahli koi mengatakan bahwa memelihara koi adalah menjaga kualitas air kolam yang baik. Kolam koi harus terbebas dari zat-zat kimia, biasanya kolam Koi baru yang terbuat dari semen masih menyisakan bau yang berbahaya. Hilangkan terlebih dahulu dengan merendam dengan air sampai beberapa hari, dan jangan buru-buru memasukkan koi ke dalam kolam. Setelah direndam buang air dan isi dengan air bersih.

2. Memilih Koi Yang sehat
Banyak Jenis dan kualitas Koi tersedia di pasaran dan Koi Farm, dari yang berharga murah sampai berharga mahal. Pilih yang sesuai kondisi keuangan dan selera, yang penting Ikan Koi dalam Kondisi Sehat. Sebagian pecinta koi menyarankan lebih baik memelihara koi dengan kualitas baik 3 ekor daripada memelihara koi jelek dengan jumlah 100 ekor.

3. Jumlah Koi jangan terlalu padat di dalam Kolam, sesuaikan ukuran kolam dengan jumlah ikan yang dipelihara. Kolam padat membuat koi tidak tumbuh optimal dan mudah terserang penyakit.

4. Jumlah makanan yag diberikan jangan berlebihan dan pilih makanan yang berkualitas baik. Banyak makanan koi tersedia di pasaran dari yang berharga murah sampai mahal. Makanan Koi yang baik biasanya mahal karena sebagian diimport dari Jepang. Selain makanan bermutu baik juga disesuaikan dengan kualitas koi. Jangan sampai koi berharga 20 ribu diberi pakan seharga 150ribu per/kg, hanya akan membuat kantong kering tapi pertumbuhan koi tidak sebanding dengan dana. Memberikan makanan secara berlebihan membuat kolam cepat keruh,berapapun makanan yang diberikan koi akan tetap makan tetapi segera dikeluarkan menjadi kotoran.

5. Menjaga Kualitas air kolam dalam kondisi bersih
Kualitas air hendaknya dijaga selalu stabil dalam kondisi bersih, jangan sampai ada perubahan suhu dan kondisi air yang sangat mencolok. Menjaga Kualitas air kolam dilakukan dengan membuat sistem filter yang baik.Selain dengan sistem filter kolam yang baik, perlu penggantian air sebanyak 10%  maksimum 1 minggu sekali, jika diperlukan lebih sering dari itu.Faktor penentu warna koi antara lain kualitas koi/bloodline (70%), air (20%), dan faktor lainnya (10%).

6. Jika menambah ikan baru hendaknya dikarantina terlebih dahulu, pastikan tidak membawa penyakit. Setelah pasti tidak membawa penyakit baru dimasukkan ke dalam kolam.

7. Perhatikan perilaku ikan setiap saat, ikan sakit biasanya menunjukkan perilaku yang tidak biasa, segera dikarantina dan diobati. Kekurangan Oksigen juga menjadi penyebab kematian ikan koi, perhatikan apakah Koi selalu mengambang di pemukaan air sampil membuka mulutnya, perilaku ini akan lebih nampak di waktu subuh,jika demikian tambahkan aerator.

8. Memelihara koi bagi pemula sebaiknya dilakukan dari ukuran kecil kurang lebih 10-20 cm agar dapat belajar mengamati perkembangan koi dari waktu kewaktu. Pada ukuran tersebut biasanya sudah cukup mudah untuk dipelihara dan harga masih cukup murah. Selamat Memelihara Koi.

Tags: , , , ,

Popularity :


97 comments
Leave a comment »

  1. Bagaimana design filter kolam u kolam ikan koi ukuran 1, 5 x 2, 5 x 0, 6 m ?

    Reply

  2. mas.. Ini saya dan keluarga baru pemula untuk memelihara ikan koi… kami sudah hampir 1 tahun lebih memelihara ikan koi .. awalnya ikannya sih belum jinak.. 6 bulan berlalu.. sudah semakin jinak.. sudah bisa di pegang2 kalau tangan kita kita kibasin di air,,, namun sekarang kok Gk jinak lagi ya mas.. ?
    – .di sini Juga Saya menampung air hujan ke kolam tersebut,,.. Ikannya Terlihat senang dan segar. Apakah Tidak apa-apa menggunakan air hujan??
    -. Akhir akhir ini juga ikannya sering di permukaan deket pancoran air… Kenapa Itu ya mas?? kayaknya juga sekaarang Ikannya rata2 kurang aktif berenang2 di kolam tesebut..
    mohon solusinya ya mas..

    Reply

  3. halo soob, makasih ulasannya, saya sebenarnya pengin banget beternak ikan koi, kalo boleh usul nih, mohon bikin panduan donk untuk para peternak pemula seperti saya biar gak gagal ditengah jalan

    Reply

  4. kurang lengkap…

    Reply

    Vebby Reply:

    kasih juga donk caranya menjaga bayi ikan koi dan peralatannya dan juga makanannya

    Reply

  5. koi jenis ap???

    Reply

  6. kenapa ya koi saya suka berkumpul di sudut kolam…

    Reply

    koikeeper Reply:

    Biasanya masih takut om

    Reply

  7. Dh

    Saya 78 tahun punya ikan COI sdh besar besar dari Blitar , KL ada 12 ekor.
    Pikir pikir kalau saja ingin Budi daya kecil kecil an dulu , kemana minta tolong bantuan penyuluhan nya
    Alamat tilpun email , dengan siapa bisa tanya tanya.
    Hal kolam
    Pemilihan induk,
    Cara breeding nya dll.
    Hormat saya
    Sonny Witjaksono

    Reply

  8. Bagaimana warna ikan koi biar kelihatan bagus?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Jaga Kualitas air, Makanan yang berkualitas bagus dan mengandung color enhancher, yang lebih penting adalah genetik yang bagus

    Reply

  9. Saya punya kolam ukuran p 2.5m, l 60cm, kedalaman 50cm. Saya isi dengan 15 ekor koi dan bberapa ikan kcil, skitar 4 hari kmudian ada 2 ekor yg berjamur, sy pisah dan kmudian mari. 3 hari kmudian ada yh sakit lagi, sy amati dia sering lompat dan mnabrak dinding, saya pisahkan ternyata mati jg. Gimana agar ikan2 saya bisa bertahan hidup, apakah perlu diberi tumbuhan semisal eceng gondok?
    Trimakasih

    Reply

    koikeeper Reply:

    Om Taufik,
    Sebenarnya prosedur anda sudah tepat dengan mengkarantina ikan sakit. Yang penting diperhatikan saat ada ikan sakit kemungkinan penyakit sudah menyebar juga di kolam hanya saja setiap ikan berbeda-beda ketahanannya. Selain karantina perlu juga pembersihan kolam saat ada ikan yg sakit. Enceng gondok dan tumbuhan air lainnya memang baik dalam membantu menetralkan amoniak. Jika filter kolam anda sudah cukup bagus mungkin tidak perlu enceng gondok, namun memberikan tambahan enceng gondok pada salah satu chamber filter akan meningkatkan kerja filter kolam.Semoga ikannya sehat-sehat.

    Reply

    Taufik Reply:

    Trmksh infonya, mdh2 stlah ini koi saya sehat. Walaupun sampai saat ini dari 16 ekor sdh trsisa 8 ekor sj

    Reply

    Taufik Reply:

    Terimakasih masukannya, alhamdulillah dari 16 ekor koi dikol sy tersisa 5 ekor dn kelihatannya sehat2 dan lincah. Masalahnya kolam stelah 2 minggu ini sdh klihatan kotor, sy ingin bersihkan tp khawatir kjadian sbelumnya terulang (koi banyak yg mati). Bagaimana cara membersihkan kolam yg benar, lalu bisakah koi dicampur dgn patin? Swkrg baru sy campur dgn bberapa ikan platty.

    Reply

    koikeeper Reply:

    Untuk mengatasi air kolam yang kotor bisa dilakukan penggantian air sebagian om. Misal air dikurangi 30% dan tambah lagi air bersih jangan semuanya. Bisa juga setiap hari ditambah air 10% dan dikurangi 10%. Untuk bagusnya mungkin perlu dicek kembali sistem filternya, pola pemberian makan dll. Pada dasarnya dicampur dengan ikan apapun ndak masalah asal ikan tersebut sehat dan tidak over populasi.

  10. Teeimakasih tamggapannya. Sy ikut saran untuk ganti air brdasarkan persentase. Berarti walaupun dasar dan dinding kolam sudah berlumut tidak perlu disaikat/dibersihkan yh? Kalau harus ganti smua sy khawatir kejadian awal akan berulang.
    Trmksh

    Reply

    koikeeper Reply:

    Boleh dibersihkan asal tidak terlalu sering biar ikan tidak stress. Atau bila ingin kolam bersih dr lumut, bersihkan saat masih sedikit

    Reply

  11. Tpi sdh hampir brlumut smua pak, dinding dan dasar kolamnya. Ada yg bilang gpp katanya, lumutnya bisa jadi makanan ikan juga soalnya…
    Trmkasih

    Reply

  12. Pengalaman syviru penyakit. Bahkan koi sy akhirnya bbrapa mati stlah 2-3 hari

    Reply

  13. Mau nanya,kalo melihara koi diempang perawatanya gimana? mohon dijawab

    Reply

    koikeeper Reply:

    Prinsipnya hampir sama dengan di Kolam Semen Om. Jaga Kualitas air itu yang penting. Untuk pembesaran biasanya malah bagus di empang atau kolam sawah karena lebih cepat besar.

    Reply

  14. Kang admin mohon infonya, biasanya sy hanya gunakan garam ikan stiap ada prtukrn air kolam dgn filter kotak paje kapas sj. Skitar sminggu ini saya pake box yg agak besar untuk filter dgn tambahan zeolit (air lbih jernih), kapas, dan bio ball. Di bbrpa referensi penggunaan garam ikan berbahaya bagi ikan kalau sudah menggunakan zeolit. Apa benar seperti itu? Mksh infonya….

    Reply

    koikeeper Reply:

    Berbahaya atau tidak sebenarnya tergantung situasinya Om. Zeolit memang memiliki fungsi mengikat amoniak yang terlarut di air, dan “disimpan” di Zeolit tersebut. Nah Garam ikan memiliki sifat bisa mengurai amoniak yang terikat di Zeolit, sehingga mengakibatkan booming amoniak di kolam. Nah biasanya jika mau kasih garam ikan , zeolit dilepas dulu dari filter, kecuali zeolit-nya baru sehingga belum ada amoniak di dalamnya.Demikian yang saya tahu om, semogha bermanfaat

    Reply

  15. Mau tanya nih..saya pengen banget memelihara ikan koi. Yang saya tanyakan boleh tidak sih ikan koi di pelihara di aquarium. klo misalnya boleh ukuran brp kah yang cocok untuk 3 ekor ikan koi. apa saja yang harus ada di aquarium tersebut.
    Tolong di respon dan di balas ya..karena saya lihat dr beberapa pertanyaan dia atas banyak yang tidak di jawab.
    Terima kasih atas perhatiannya..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Boleh Saja Mbak Aprilina, tp menurut saya agak susah menikmati keindahan ikan koi di Aquarium karena yang tampak hanya bagian samping ikan. Padahal keindahan ikan ada di kulit punggung, sehingga cantik dinikmati dari atas. Namun jika memang mau piara koi di aquarium tidak masalah. Untuk ukuran Aquarium menyesuaikan dengan ukuran ikan koi. Untuk koi dibawan 10 cm bisa di akuarium 60×40 cm

    Reply

  16. mau tanya gan… klo kolam koi tidak ada filternya gmn? yang ada cma air mengalir.. dr atas saya saya baca kolam khusus koi pada ada filternya… makasih

    Reply

    koikeeper Reply:

    Sebenarnya ndak masalah Om tanpa filter. Asal air mengalir/berganti. Filter sebenarnya untuk mengatasi kotoran koi pada kolam yang airnya tidak berganti agar amoniak dan racun lain tersaring. Kalau air selalu berganti dengan yang bersih otomatis amoniak dan kotoran juga akan ikut hilang.

    Reply

  17. Dear admin : mohon petunjuk
    1. kolam dngn ukuran p: 3m x L: 1.40 m, dinding dan dasar kolam saya pakai keramik. apakah itu diperbolehkan?
    2. kedalam air 85 cm apakah cukup?
    3. untuk menetralisir kolam, untuk awal saya masukan gedebog pisang slama 2 minggu. apakah berpengaruh?
    4.berapa bnyak ikan yg kira2 cukup dengan kapasitas kolam tersebut?
    5. apakah betul ikan hias sumatera bagus untuk koi?
    6. apakah boleh pakan koi sya cmpur dengan bawang putih ygdihaluskan dan dicampur dengan pakan koi?
    mohon dengan sangat masukan dri admin atau koilovers
    dikarnakan saya pemula yg sangat mncintai koi. terima kasih

    Reply

  18. Saya baru membeli ikan kkoki kalau ikan koki kecil ditaruh diembaer itu bagus gak sama kalau ikan itu gak ada temennya gak papa?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Di ember tidak masalah asal kebutuhan oksigen-nya cukup, tapi susah dinikmati keindahannya. Sebaiknya dikasih temen, ikan juga kayak manusia butuh berinteraksi dengan kawan-kawannya

    Reply

  19. Saya pemula ikan koi. Minggu kmarin sya membeli 5 ekor sya taruh di kolam panjang 60 lebr 40 tinggi 35. Tampa alat2 hanya ada kerang( buatan) kok ikannya mala sembunyi terus, apakah ikan koi bisa bertahan tampa alat2 seperti filter adan air mengalir mohon petunjuknya.

    Reply

    koikeeper Reply:

    Di kolam baru biasanya masih adaptasi sehingga kadang masih sembunyi dan malu-malu. Filter berfungsi menyaring kotoran yg tampak dan tidak tampak, jadi asal kolam terjaga kebersihannya dari zat2 pencemar filter tidak diperlukan. Contoh jika kolam koi selalu berganti airnya. Selain itu juga asal oksigen dalam kolam cukup, maka tidak perlu aerator, tetapi jika air tidak mengalir dan tidak berganti ini sulit terpenuhi.

    Reply

  20. Om saya pemula memelihara ikan koi…sudah 3 hari saya pelihara ikan koi di kolam semen tidak ada yg mati dan air juga jernih…lalu saya iseng selang dr pompa ke filter saya cat dengan pylox agar kelihatan sewarna dengan kolamnya,tp saya jemur sampai benar2 cat kering…besoknya ikan saya mati 3 om? Apa ini gara selang yg saya pylox? Lalu ke depannya biar ikan2 saya tdk mati lg gmn om?

    Trima kasih sebelumnya

    Reply

    koikeeper Reply:

    Untuk Waktu 3 Hari ikan di Kolam, mungkin masih sulit ya untuk diambil kesimpulan penyebabnya dari selang yang di Pilox. Karena bisa juga ikan mati karena memang proses perpindahan yang kurang baik, ikan sudah tidak sehat dari asalnya, atau air kolam tang kurang sehat ( meski terlihat jernih). Meski sudah dijemur, bau dan kandungan zat kimia berbahaya pada cat masih belum hilang, sebaiknya jangan langsung masuk ke kolam sehabis dicat.

    Agar ikan sehat, yang penting jaga kualitas air yg berarti bebas dari zat berbahaya baik yang tampak ataupun tidak. Sekali lagi air jernih belum tentu sehat. Mengenai ornamen bisa memperindah juga bisa melukai ikan,apalagi ikan agresif bergerak. Jadi sebaiknya hindari asesoris yang berbahaya.

    Reply

  21. Tambahan om…di dalam kolam saya beri hiasan lampu,apa itu tdk mengganggu ikan2….
    Trima kasih sebelumnya..

    Reply

  22. Saya sangat berterimh kasih atas jawabannya. Salam sukses selalu amiiiiinn.

    Reply

  23. Kurad kolamnya. Jgan isi air terlebih dahulu sampai bener bener kering.
    kalo sudah kasih bubuk abate. Harus perhatikan seberapa banyak kasih obat abatenya.
    Selamat mencoba

    Reply

  24. Diam itu apa kah sampai mati atau tidak.
    Coba ikan nya di ambil. Apakah ada kerusakan pasa sisik. Sisip. Atau pun badannya yg merah merah. Saya pengalaman ada kutunya. Namanya argulus. Dia membuat ikan saya diam sampai bisa kematian.

    Reply

  25. Ikan koi riskan karna sakit jamur, tp kalau tempatnya bersih pasti bisa di jauhi sama jamur” ikan. makasih infonya mas.

    Reply

  26. eh…saya baru melihara koi..kalau aquarium ga pake filter oksigen segala boleh gak?..(anak koi 10 cm’an)

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ikan koi memiliki kebutuhan oksigen yang lebih besar dibandingkan dengan ikan jens=is lain. Jadi sumber oksigen mutlak diperlukan

    Reply

  27. Pak mau nnya, yg di maksud dg kandungan organik terlarut itu seperti apa ? Hal Apa saja yg mengandung organik terlarut?
    Apakah semisal memberikan pot di dalam kolam yg tanahny mengandung pupuk alami dan gabah padi, serta air hujan juga termasuk di dalamnya?
    Terimakasih

    Reply

    koikeeper Reply:

    Kandungan organik biasanya berasal dari sisa-sisa tumbuhan, hewan yang ada dalam air. Misal kotoran ikan, sebelum ia mengalami proses lanjutan cukup berbahaya baki ikan. namun setelah proses lebih lanjut akan aman bagi ikan koi

    Reply

  28. mas, bibit ikan koi yg baik yg seperti apa? harganya yg umum kira2 brpa? mohon di jwb ke email ya

    Reply

    koikeeper Reply:

    Bibit koi yang baik pertama harus sehat, warna tegas dan jelas, pola menarik, body seimbang dan tidak ada cacat

    Reply

  29. Om. Anak ikan koi saya mati tiba” padahal sblumnya baik” aja. Air dalam kolam kadang” berbuih kecil kenapa ya? Apa aman jika kolam bercampur air hujan? Trim jawabannya.

    Reply

Leave Comment