Memelihara Koi Bagi Pemula

Jan 23rd, 2014 | By | Category: Koi Care

MEMELIHARA IKAN KOI — Memelihara Koi merupakan hobi yang sangat menyenangkan, karena keindahan ikan koi mampu menyejukkan pandangan dan menenteramkan pikiran. Koi berukuran jumbo yang berenang-renang di sekitar rumah menjadi hiburan tersendiri melepas kepenatan sehari bekerja. Sebagian masyarakat Jepang berkeyakinan bahwa memelihara koi dapat mendatangkan hoki bagi pemiliknya. Akan tetapi sebagian orang tidak terlalu peduli dengan hal tersebut. Yang jelas¬† beberapa pecinta koi memiliki pengalaman¬† memelihara koi dengan penuh ketekunan dan kesabaran, karena hobi tanpa disadari menghasilkan koi dengan kualitas unggul dan menang dalam berbagai kontes akhirnya koinya di hargai dengan harga mahal, mungkin ini yang disebut dengan hoki dalam memelihara koi.

Terlepas dari itu semua bagi pecinta koi pemula tentu banyak hal yang harus dipahami dan dipertimbangkan sebelum memulai memelihara ikan Koi. Banyak pecinta koi pemula harus stress karena koi yang dibeli dengan harga mahal mati setelah dimasukkan ke dalam kolam, alih-alih ingin mencari hiburan dengan melihat keindahan koi berenang di kolam tetapi malah pusing melihat ikan koi mengapung di kolam dan terus-terusan mati. Jangan cemas, berikut ada beberapa tips dalam memelihara Koi bagi pemula, meski tidak menjamin 100% keberhasilan dalam memelihara Koi tetapi paling tidak meminimalkan resiko kematian.



Basic Koi Care

Tips Memelihara Koi

1. Persiapan Kolam Koi Yang Baik
Kualitas air kolam koi merupakan penentu keberhasilan dalam memelihara Koi, ahli koi mengatakan bahwa memelihara koi adalah menjaga kualitas air kolam yang baik. Kolam koi harus terbebas dari zat-zat kimia, biasanya kolam Koi baru yang terbuat dari semen masih menyisakan bau yang berbahaya. Hilangkan terlebih dahulu dengan merendam dengan air sampai beberapa hari, dan jangan buru-buru memasukkan koi ke dalam kolam. Setelah direndam buang air dan isi dengan air bersih.

2. Memilih Koi Yang sehat
Banyak Jenis dan kualitas Koi tersedia di pasaran dan Koi Farm, dari yang berharga murah sampai berharga mahal. Pilih yang sesuai kondisi keuangan dan selera, yang penting Ikan Koi dalam Kondisi Sehat. Sebagian pecinta koi menyarankan lebih baik memelihara koi dengan kualitas baik 3 ekor daripada memelihara koi jelek dengan jumlah 100 ekor.

3. Jumlah Koi jangan terlalu padat di dalam Kolam, sesuaikan ukuran kolam dengan jumlah ikan yang dipelihara. Kolam padat membuat koi tidak tumbuh optimal dan mudah terserang penyakit.

4. Jumlah makanan yag diberikan jangan berlebihan dan pilih makanan yang berkualitas baik. Banyak makanan koi tersedia di pasaran dari yang berharga murah sampai mahal. Makanan Koi yang baik biasanya mahal karena sebagian diimport dari Jepang. Selain makanan bermutu baik juga disesuaikan dengan kualitas koi. Jangan sampai koi berharga 20 ribu diberi pakan seharga 150ribu per/kg, hanya akan membuat kantong kering tapi pertumbuhan koi tidak sebanding dengan dana. Memberikan makanan secara berlebihan membuat kolam cepat keruh,berapapun makanan yang diberikan koi akan tetap makan tetapi segera dikeluarkan menjadi kotoran.

5. Menjaga Kualitas air kolam dalam kondisi bersih
Kualitas air hendaknya dijaga selalu stabil dalam kondisi bersih, jangan sampai ada perubahan suhu dan kondisi air yang sangat mencolok. Menjaga Kualitas air kolam dilakukan dengan membuat sistem filter yang baik.Selain dengan sistem filter kolam yang baik, perlu penggantian air sebanyak 10%  maksimum 1 minggu sekali, jika diperlukan lebih sering dari itu.Faktor penentu warna koi antara lain kualitas koi/bloodline (70%), air (20%), dan faktor lainnya (10%).

6. Jika menambah ikan baru hendaknya dikarantina terlebih dahulu, pastikan tidak membawa penyakit. Setelah pasti tidak membawa penyakit baru dimasukkan ke dalam kolam.

7. Perhatikan perilaku ikan setiap saat, ikan sakit biasanya menunjukkan perilaku yang tidak biasa, segera dikarantina dan diobati. Kekurangan Oksigen juga menjadi penyebab kematian ikan koi, perhatikan apakah Koi selalu mengambang di pemukaan air sampil membuka mulutnya, perilaku ini akan lebih nampak di waktu subuh,jika demikian tambahkan aerator.

8. Memelihara koi bagi pemula sebaiknya dilakukan dari ukuran kecil kurang lebih 10-20 cm agar dapat belajar mengamati perkembangan koi dari waktu kewaktu. Pada ukuran tersebut biasanya sudah cukup mudah untuk dipelihara dan harga masih cukup murah. Selamat Memelihara Koi.

Tags: , , , ,

Popularity : 66,097 views


56 comments
Leave a comment »

  1. Waw mantab…

    Reply

  2. kalau peliharanya di bak fiber bisakah?
    kalau bisa sebaiknya bak fiber tersebut ukuran berapa?

    salam
    agus

    Reply

  3. Saya baru memulai memelihara 2 ekor Koi di Aquarium berukuran p 90 x l 40 x t 50 ingin menambah 2 ekor lagi apakah ukuran tersebut masih cukup nyaman ? atau tidak terlalu padat nantinya ?

    Reply

  4. Tambahan ukuran panjang Koi nya sekitar 28 – 30 cm

    Reply

  5. Kepadatan ikan koi sebaiknya dalam 1m3 berapa?

    Reply

  6. saya penangkar ikan koi di Makassar…..yang berminat ikan koi impor bisa hub saya di Makassar Sulawesi Selatan

    Reply

    MAN Reply:

    BISA MINTA FOTOX?

    Reply

    arhul ramadhan Reply:

    bisa minta nomornya karena saya mau buka usaha jual ikan hias di Kab. Selayar tapi pasokan ikan saya masih kurang dan saya ingin mencari tambahannya… kalo situ ada pasokan minta no hapenya

    Reply

    rizal Reply:

    hub saya di no 04115079385 an rizal uchenk. tanx

    Reply

  7. Siang om.. Bagaimana penerapan filtrasi sistem Reverse Osmosis (RO) pada Kolam Beton ? mohon penjelasan om.

    Reply

  8. Perilaku ikan koi yang terkadang loncat keluar permukaan air disebabkan karena apa? Pertanda apakah itu?. Karena tidak jarang ikan keluar dari kolam dengan meloncat dan mati. Mohon jawabannya terimakasih.

    Reply

  9. saya punya koi..tapi ikan nya nanpa liar gtu<<padahal udah 3minggu pelihara nya..and klo kolam nya berlumut boleh g di biar kan???tolong bimbingan nya

    Reply

  10. sekali lagi mao nanya kepada pakar koi..klo memilih showa gmana yah ciri2 nya??takut nya di tipuu seh<<udah mahal ikan nya klo kena tipu kan bisa pucink juga<<<tolong yah jawaban nya

    Reply

  11. saya bingung,krna ikan koi saya slalu timbul penyakit jamur stelah beubeurapa hari,bagai mana cara nya agar terhindar dari penyakit tersebut?????

    Reply

  12. Seringkali ikan koi saya mati karna ada kutunya atau kulitnya luka seperti mengelupas padahal kolamnya barusaja saya kuras n bersihkan serta saya taburi garam ikan secukupnya. Gimana Pak solusinya mohon bantuannya.

    Reply

  13. mohon bantuan,
    apakah air pdam yang di alirkan terus menerus berbahaya untuk koi

    Reply

    koikeeper Reply:

    Air Pam Biasanya mengandung Kaporit, sebaiknya jika menggunakan Air PAM diendapkan terlebih dahulu.

    Reply

  14. saya sangat tertarik buka usaha ikan hias tapi sekarang saya belum ada pasokannya

    Reply

  15. Jika ada yg ingin beli ikan koi impor murah,sehat dng uang kurang dr50rb,silahkan hubungi saya Anang Widianto: 085228509009/ 085228558008

    Reply

    Vebby Reply:

    koi jenis ap???

    Reply

  16. singkat, padat, dan jelas, thanks infonya, sangat membantu buat yang baru belajar memelihara koi seperti saya ini..

    Reply

  17. thanks infonya…sangat membantu….

    Reply

  18. bagi yang berminat untuk mendapatkan koi murah dan berkualitas dalam jumlah banyak ataupun satuan
    siap kirim ke seluruh antero tanah air

    iwan (makassar)
    04115353447
    085399099888
    0811460600
    pin BB 25db3304

    Reply

    ichsan Reply:

    pak iwan di makssar alamatnya dimn..?

    Reply

    ros Reply:

    Alamatnya Pak Iwan d Makassar dimana

    Reply

  19. kayaknya gampang ya.. tapi saya sudah beberapakali mencoba memelihara ikan koi, tapi gak pernah bertahan lama ikannya pada mati …sampe kapok sekarang…

    Reply

  20. saya mau beli ikan koi…. dimana alamatta di makassar?

    Reply

  21. sy punya kolam baru kira2 ukurannya 3×4 meter dan sudah sy isi air sampai seminggu lebih untuk menetralisir semennya, setelah itu sy isi dengan ikan koi tapi g tau knpa ikannya pada mati semua, mungkin sy fikir kondisi kolamnya masih kurang baik maka dari itu sy biarkan kolam saya sampai 2 minggu kemudian baru sy isi dengan koi lagi, tapi sy binggung knpa ikannya malah mati lagi padahal airnya bersih dan ada tempat fitering untuk airnya, dan sy juga sudah menggunakan aerator untuk oksigennya. mohon saran dan bantuannya..makasih

    Reply

    koikeeper Reply:

    Coba Om pastikan lagi sudah tidak bau semen. Biarkan kolam terisi air sampai berlumut tidak usah dikasih Koi. Tes dulu pakai ikan lain yang murah-murah saja. Kematian bisa juga disebabkan Ikan koi yang dibeli dalam kondisi yang kurang sehat. Pastikan juga koi yang dibeli benar-benar sehat dan fresh dan jangan terlalu padat populasinya.

    Reply

  22. saya mempunyai ikan koi,,beli pertama 4 ekor,,1 ekor mati keesokan harinya,,sya perhatikan bberapa hari ikan sya sring berkumpul di sudut,,dibwah kerang,,jrg bergerak gtu lah,,kl sya dkati br ikan2nya berlari2,,2minggu kemudian sya beli lagi ikan koi 3 ekor,,sya plih yg lincah dan gesit,,sya masukkan kolam dan saya amati bberapa hari knapa 3ekor ikan yg baru jg ikut sring diam…..sya tanya ke penjual ikannya,,katanya ikan nya stres,,apa bner bgtu?? kl iya minta tips spya ikan tdak stres…oiya skedar info,,kolam sya make sanyo yg air mancurnya tdak mancur setiap saat,,jd sya hidupnya sehari cm skali dr jam set8-jam 11siang aj….mohon saran dan tanggapannya???

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ikan Koi yang baru pindah tempat ada kemungkinan stress, apalagi jika lingkungan baru berbeda jauh dengan lingkungan sebelumnya. Misalnya saja biasanya petani koi membesarkan koi anakan di sawah/kolam lumpur, saat pindah di kolam semen perlu waktu untuk adaptasi karena lingkungan berbeda jauh. Supaya lebih cepat beradaptasi ada beberapa langkah yang bisa dicoba al: Aerasi dibuat lebih kencang, membuat arus air pada kolam, membuat air mancur/air terjun. Sebaiknya ikan tidak usah diberi makan beberapa hari, jika sudah benar-benar lapar beri makan sedikit demi sedikit, lama-lama akan berani. Sebaiknya air mancur hidup terus saja, jangan dimatikan. Sabar ya, koi-koi hanya belum kenal sama pemilik barunya jadi masih malu-malu :D….semoga menyenangkan.

    Reply

  23. saya br beli ikan koi 3hr yg lalu…stlh ditaruh di kolam koq banyak bgt busa ny ya??apa itu gpp?trs krn sbnere pengetahuan ttg ikan koi sy minim..waktu penjualnya nawarin 1 ekor harganya 30 rb sy mau ajah..tp kt temen itu kemahalan..pdhl sy dah beli 10 ekor…huhuhu…

    Reply

    koikeeper Reply:

    Ada beberepa kemungkinan Kolam Berbusa, salah satunya adalah kandungan organik terlarut dalam air yang terlalu besar. Solusinya adalah melakukan penggantian air secara parsial namun reguler, misal setiap pagi/sore diganti 20-30%. Untuk Jangka Panjang Perbaiki sistem filter dan jangan terlalu banyak memberi makan sehingga tidak banyak sisa makanan di kolam.

    Kalau soal harga ikan koi,memang tidak ada patokan baku. 30 ribu/ekor bisa jadi terlalu mahal kalau ikan koi-nya kualitas lauk, tapi bisa jadi sangat murah jika ternyata kualitasnya bagus. Nikmati saja jangan menyesal, angap sebagai pengalaman kalau ternyata kemahalan. Happy Keeping…!

    Reply

  24. misi Om mau tanya .
    Sy pemula ,memelihara ikan koi .
    sy beli ikan koi , tp setiap hari pasti ada yang mati .knapa ya.
    kalau sy kasih mkn tdk langsung di makan ,nafsu makannya kurang .saya kasih mkn san koi.
    kolam berlumut itu baik untuk ikan koi apa tidak ya, & kalau kolam terisi air hujan baik apa tidak buat ikan koi .
    thanks bgt, mohon penjelasannya ya .

    Reply

    koikeeper Reply:

    Karena ikan yang masuk kolam baru beli,yang penting dipastikan adalah apakah ikan koi sehat dari tempat asalnya? Kalu bisa dilakukan karantina dulu dg prosedur karantina yang baik dan benar. Jika kematian masih berlangsung sebaiknya jangan diberi makan dulu, amati perilaku ikan apakah ada gejala sakit atau tidak. Selanjutnya cek kualitas air kolam, pastikan bersih kalau bisa tidak bercampur dengan air hujan, air hujan kurang bersahabat dengan kesehatan koi. Jika lokasi kolam di outdoor, ganti air sebagian setelah kemasukan air hujan. Pada dasarnya kolam berlumut tidak masalah untuk kesehatan koi, hanya mengganggu pandangan saja. Semoga bermanfaat, kalau ada yang mau menambah atau mengoreksi dipersilahkan.

    Reply

  25. Thanks ya Om atas penjelasannya.
    kemarin sy main ke peternakan koi,sy br tau ternyata kalau kita beli ikan koi yang berasal dari kolam empang
    tidak bisa langsung di taruh di kolam semen .harus di karantina dahulu .
    setelah sy beli ikan yg berasal dari kolam semen bisa langsung sy taruh di kolam rumah,dan nafsu makannya pun sangat besar .berarti tidak ada masalah dengan makanannya .
    sy tanya ke peternakan ikan ,ternyata san koi itu bagus untuk ikan koi untuk pembesaran dan warna .
    kalau boleh, sy minta tutunan penjelasan prosedur karantina ikan koi yg baru di beli .
    Thanks .

    Reply

    koikeeper Reply:

    Semoga Ikan Koi-nya sehat dan menyenangkan Om, untuk prosedur karantina mungkin tulisan ini bisa membantu :
    http://centralkoi.com/koi-care/karantina-ikan-koi.html

    Reply

  26. saya baru pertama pelihara koi, kolam saya (PxLxT)300x300x50cm. lengkap dengan biofilter kapasitas 7000.
    koi saya melompat satu ekor tapi yg lain tidak lompat knp ya?
    merek makanan apa yg bagus buat koi?
    bagaimna cara membedakan koi biasa dgn yang kwalitas bagus biar tidak ditipu?

    apa yg kurang drkolam saya mohon penjelasannya agar saya sukses pelihara koi

    Reply

    koikeeper Reply:

    Saat memasuki lingkungan yang baru, koi perlu beradaptasi dengan lingkungannya. Dalam proses adaptasi tersebut kadang koi melompat,akan tetapi jika sudah terbiasa dengan lingkungan baru akan berhenti melompat sendiri. Selain itu koi juga akan melompat atau menggesekkan tubuh di dinding kolam jika di tubuhnya terdapat parasit seperti kutu. Solusinya di kolam baru,kolam ditutup jaring sampai koi beradaptasi.

    Menurut saya kolam anda kurang dalam kalau ingin menargetkan pertumbukan koi menjadi jumbo, paling tidak 1.5 meter. Tetapi jika ingin sekedar punya koi berwarna-warni tidak masalah dengan kedalaman tersebut. Untuk memilih koi yang baik mungkin tulisan ini bisa membantu http://centralkoi.com/koi-care/memilih-koi.html

    Selamat memelihara Koi.

    Reply

  27. saya baru buat kolam ikan semen P : 1,2 m dan L : 2 m dan Kedalaman : 50 cm
    rencana mau pelihara koi. menurut pembaca disini apakah cocok kolam seperti yg diatas untuk peliahara koi dan bagusnya kolam seperti itu maksimal koi berapa ekor ???? dan pergantian air berapa lama harusnya ?? terimakasih

    Reply

  28. Permisi agan2 sekalian saya mo nanya nih…
    Saya barusan pelihara 5 Koi anakan ukuran 10cm dia akuarium
    apakah boleh gan kalo dirawat diakuarium?
    bolehkah di campur dengan ikan mas Koki?
    apa boleh kalo didalam akuarium ada pernak-pernik ornamen hiasan sprti akuarium hias lainya atau justru harus kosongan hanya ikan aja?
    Trus kalo untuk vitamin dan pakan yg bagus apa ya gan biar koi sehat dan warnanya cerah kalo udah gede nanti?
    trus sebaiknya dipindah kolam pd ukuran brp gan?
    mohon petunjuknya…

    o iya..sekedar info
    ukuran akuarium saya (p=2m; l=1m; t= 0,5m)
    ada filtrasi air dan aerator
    Thanks..

    Reply

  29. saya memelihara ikan koi brukuran kurang dr 10cm,tp hnya brtahan sekitar 1mnggu kmudian mati,smntara sya pake aquarium kecil,filter juga ada dn dsar sya pake pasir.mhon informsinya.trmksih

    Reply

  30. ikan qu bnyk yg mati, setelah aq iseng2 ngasih makan nasi.. gimana cara supaya yg masih hidup tdk ikut mati..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Asal Nasi belum berjamur atau mengandung bakteri tidak berbahaya diberikan kepada koi. Ada kemungkinan penyebab kematian koi bukan karena makan nasi tetapi terserang penyakit. Hentikan dulu pemberian makanan, karantina atau dikasih garam ikan. Setelah sehat baru diberikan makanan kembali.

    Reply

  31. Gan ikan koi saya kok banyakbyg mati setelah hujan ya.. Kira apa masalahnya dan apa solusinya.. Tolong haa..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Air hujan banyak mengandung asam dan suhunya lebih dingin. Kuras air kolam gantti air baru, kasih garam ikan.

    Reply

  32. Klo pake garam gk mempan pakau ABATE aja om

    Reply

  33. gan saya punya ikan koi sdah dipelihara dari kecil dan kira2 sudah 3 tahun saya pelihara didalam aquarium ukuran :pjng:85,,lbr:40,,tggi:40…mau tanyak bagaimana ya gan cara buat pemijahan ikan didalam aquarium..soalnya ada salah satu koi saya sudah hampir bertelur sayangnyaa keburu mati…..makasi sebelumnya atas infonya gan….

    Reply

    koikeeper Reply:

    Kalau sudah siap telur, bisa pindahkan pasangan koi ke bak/akuarium pemijahan dengan air baru dan aerator yang cukup. Jangan lupa berikan substrat/media untuk menaruh telur. Substrat ini bisa dibuat dari ijuk,tali rafia yang di bikin kecil-kecil atau bisa tanaman enceng gondok.

    Reply

  34. gan saya punya koi ukuran 3 jari skitar 20 ekor dikolam berukuran 1m x 2m,
    sekira’a cukup atau terlalu byk?

    mesin filter da 2,
    yg satu berukuran 40w untuk penyaringan air,yg satunya berukuran 12w untuk dorongan air saja.
    bgmn pndapatnya?

    saya memakai air galon,
    apakah bnr?

    klo sisik ikan koi terlihat putih-putih kya panu terus siripnya rusak/rontok,
    itu termasuk jenis penyakit pa gan dan bgmn cra mengobati dan perawatannya…?

    mhn penjelasannya gan,thankz…

    Reply

  35. jenis makanannya, saya memakai shan koi
    apa bgus,

    Reply

  36. Bagaimana design filter kolam u kolam ikan koi ukuran 1, 5 x 2, 5 x 0, 6 m ?

    Reply

  37. mas.. Ini saya dan keluarga baru pemula untuk memelihara ikan koi… kami sudah hampir 1 tahun lebih memelihara ikan koi .. awalnya ikannya sih belum jinak.. 6 bulan berlalu.. sudah semakin jinak.. sudah bisa di pegang2 kalau tangan kita kita kibasin di air,,, namun sekarang kok Gk jinak lagi ya mas.. ?
    - .di sini Juga Saya menampung air hujan ke kolam tersebut,,.. Ikannya Terlihat senang dan segar. Apakah Tidak apa-apa menggunakan air hujan??
    -. Akhir akhir ini juga ikannya sering di permukaan deket pancoran air… Kenapa Itu ya mas?? kayaknya juga sekaarang Ikannya rata2 kurang aktif berenang2 di kolam tesebut..
    mohon solusinya ya mas..

    Reply

  38. halo soob, makasih ulasannya, saya sebenarnya pengin banget beternak ikan koi, kalo boleh usul nih, mohon bikin panduan donk untuk para peternak pemula seperti saya biar gak gagal ditengah jalan

    Reply

  39. kurang lengkap…

    Reply

    Vebby Reply:

    kasih juga donk caranya menjaga bayi ikan koi dan peralatannya dan juga makanannya

    Reply

Leave Comment