Membuat Koi Tumbuh Menjadi Jumbo

Jan 30th, 2012 | By | Category: Koi Care

Ukuran ikan koi dapat terus tumbuh dari waktu ke waktu hingga mencapai ukuran jumbo. Kritetia koi jumbo yang dari waktu ke waktu juga terus mengalami perubahan, seiring dengan pencapaian yang bisa diperoleh oleh penghobi koi. Dulu ikan koi dengan ukuran 60 cm sudah bisa dikategorikan jumbo, namun sekarang koi bisa dikatakan jumbo jika mencapai 80 cm up. Untuk mencapai pertumbuhan koi dalam ukuran jumbo diperlukan lingkungan yang sehat dan perawatan yang tepat.

Selain itu ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan, agar koi bisa tumbuh menjadi ukuran jumbo. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi hingga koi bisa tumbuh menjadi ukuran jumbo:
1. Faktor Genetik Koi
Faktor genetik memiliki pengaruh besar untuk menjadikan koi menjadi ikan jumbo. Jika ikan tidak memiliki garis keturunan untuk berkembang  menjadi jenis yang besar, itu tidak akan terjadi meskipun dipelihara dengan penuh ketekunan. Pada umumnya jika dirawat dengan baik, ikan koi akan bisa tumbuh menjadi ukuran 50-an cm.

Garis keturunan sangat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih anakan koi, jika menginginkan koi jumbo. Warna ikan koi monocolor seperti ogon, Chagoim dan Magoi biasanya berpotensi tumbuh menjadi ikan jumbo.

2. Umur Koi
Jika Anda ingin menumbuhkan ikan besar, Anda harus memulai memeliharanya dari sejak burayak. Hal ini penting untuk melihat perkembangan dan ukurannya sesuai dengan usianya.

3. Kualitas Air Yang Optimum
Kualitas air adalah sangat  penting. Semua orang tahu, hal yang terpenting dalam membuat koi tumbuh dengan baik adalah menjaga kualitas air pertama, yang kedua baru menjaga ikan itu sendiri. Jika ada tingkat kronis Amonia dan Nitrit hadir, Anda tidak hanya akan menghambat pertumbuhan, tapi kemungkinan akan menyebabkan keadaan penyakit.
Kelebihan Nitrat juga akan memperlambat pertumbuhan turun dan pH perlu saturasi oksigen stabil dan perhatian. Menyediakan air bersih dan kimia ikan Anda memiliki setiap kesempatan untuk tumbuh secara konsisten dan cepat

4. Suhu Air
Meskipun koi bisa beradaptasi dengan kehidupan di suhu yang lebih rendah, potensi pertumbuhan utama mereka tidak akan tercapai. Suhu lingkungan standar untukpertumbuhan koi adalah sekitar 25-27 derajat celsius . Hal ini akan mempercepat metabolisme dan memungkinkan diberikan makanan dalam jumlah sejumlah besar.

5. Memberikan Nutrisi Yang Tepat
Tanpa nutrisi yang tepat koi tidak akan tumbuh dengan sempurna, meskipun semua kondisi di atas telah terpenuhi. Berikan makanan yang memiliki kandungan lengkap.

6. Ukuran Kolam Yang Besar dan Dalam
Ukuran kolam yang ,uas dan dalam akan mempengaruhi pertumbuhan ikan koi. Kolam yang besar memungkinkan ikan bergerak leluasa dan membantu pertumbuhan otot-otot tubuhnya. Selain itu kolam yang luas memungkinkan tersedia makanan alami.

Masing-masing faktor tersebut tidak bisa berdiri sendiri. Kesemua hal tersebut harus dipenuhi jika anda menginginkan koi anda tumbuh menjadi ukuran jumbo.

Tags:

Popularity :


Leave Comment