Membedakan Koi Jantan Dan Betina

Nov 15th, 2011 | By | Category: Koi Care

Centralkoi–Pertanyaan yang sering muncul pada penggemar ikan koi adalah bagaimana membedakan antara koi jantan dan koi betina. Pada usia dan ukuran koi yang masih muda dan kecil memang agak sulit untuk mengidentifikasi jenis kelamin ikan koi, meski bagi orang-orang yang sudah paham betul tidaklah sulit. Namun pada usia yang sudah cukup matang dan dewasa koi jantan dan betina dapat dibedakan dari segi fisik yang nampak. Ada beberapa hal yang bisa diamati sehingga bisa dibedakan mana koi jantan dan koi betina.

Hal pertama yang bisa diamati untuk membedakan koi jantan dan koi betina adalah pada bentuk badan ikan ( body conformation). Ikan Koi Jantan dan betina memiliki perbedaan pada bentuk badannya. Koi Jantan cenderung memiliki bentuk badan yang panjang dan kurus. Sedangkan Koi Betina memiliki bentuk badan yang lebih tambun dan lebih bulat.

Bentuk badan koi betina biasanya lebih bagus dibandingkan koi jantan. Karena alasan tersebut banyak penggemar koi memilih koi betina untuk dipelihara. Dalam beberapa kontes koi betina lebih sering menjadi juara karena bentuk badannya. Namun demikian ada pula koi jantan yang memiliki bentuk badan yang bagus.

Sirip Ikan Koi
Ikan koi jantan dan betina memiliki perbedaan pada bagian siripnya. Sirip Koi Betina cenderung lebih besar tetapi memiliki warna yang lebih sedikit. Pada koi betina sirip cenderung memiliki bentuk yang bulat. Sirip ikan koi jantan memiliki sirip yang runcing pada bagian tepinya dan memiliki warna yang solid.

Sirip Ikan Koi Betina, Bagian tepi Bulat

 

Sirip Ikan Koi Jantan

Sirip Ikan Koi Jantan, BagianTepi Runcing

 


Selain pada bagian-bagian tersebut kita dapat membedakan jenis kelamin ikan koi dengan meraba pada bagian pipi dan siripnya. Pada Koi Jantan pipi dan sirip terdapat bintik-bintik putih, yang bisa dirasakan jika diraba. Utamanya pada ikan koi jantan dewasa dan mature.

 

Sumber:

http://www.nishikigoi-info.com/koi-care/sexing-koi.html

Tags:

Popularity : 14,773 views


9 comments
Leave a comment »

  1. ttttttrrrrriiiiimmmmaaaaakkkkkaaaassssiiiiihhhhh!!!!!!! t r i m a k a s i h !

    Reply

    cik mok Reply:

    ayoyo

    Reply

  2. Permisi. . . .. . .
    Sya Dri bogor, sya mw tanya
    .. . . . . Ikan Koi sya Panjang.a 15 CM. . . . .
    APakah sdah bsa d kawinkan dengan yg betina. ?
    Ikan sya jantan. . . . . . . . . . . . Sya tunggu jawaban.a bsok Trimaksih. . . .. . . . .

    Reply

    koikeeper Reply:

    Om Arif,ukuran koi 15 cm yang tumbuh secara normal usianya masih sangat muda sehingga belum siap untuk dipijahkan. Lain persoalan jika memang koi anda pertumbuhannya lambat sehingga meski sudah di atas 1 th masih 15 cm. Biasanya ikan koi mulai dipijahkan di atas usia 1,5 th bahkan untuk betina di atas 2 th jika ingin menghasilkan keturunan yang bagus. Demikian juga dengan ukuran, beberapa breeder yang megutamakan kualitas belum mau memijahkan jika ukuran belum diatas 60 cm. Tapi memang ada beberapa breeder yang memijahkan koi ukuran dibawah itu, 30 cm, 40 cm, 50 cm -an.

    Semoga bermanfaat.

    Reply

  3. pak koi saya berukuran kurang lebih 50cm jenis chagoi betina apakah sudah bisa di kawinkan???

    Reply

    koikeeper Reply:

    Jika sudah gendong telur dan matang gonad bisa dipijahkan.

    Reply

  4. pak, koi saya masih kecil. itu jantan ada misai atau dua dua jantina sekali

    Reply

  5. Mau tanya nih om..
    Saya beli 2 ekor koi dg ukuran kurang lebih 15cm, ikan’y saya taruh 1 dikolam rumah dg ukuran 0,5 x 1,5 x 0,5 m.. Trus ikan yg 1 saya taruh di tambak udang yg luas..
    Setelah 3 bulan saya perhatikan ikan di kolam pertumbuhan’y lambat, hampir sama saat pertama beli, sedangkan ikan yg di tambak panjang’y udah sekitar 50cm..
    Yg saya tanyakan: apa ikan dg pertumbuhan cepat trsebut bisa dikawinkan..??
    Makasih om.. :)

    Reply

    koikeeper Reply:

    Asal sudah cukup umur dan matang Gonad/siap telur bisa dikawinkan.

    Reply

Leave Comment