Memahami Bagaimana Ikan Koi Berkembang

Oct 27th, 2011 | By | Category: Koi Care

Mengamati pertumbuhan ikan koi adalah hal yang cukup rumit dan memerlukan pengalaman yang cukup. Hal yang sering dilupakan orang mengenai ikan koi adalah perkembangan masa depan ikan koi itu. Umumnya orang memilih koi adalah apa yang ada saat ini dan tidak memikirkan bagaimana ikan koi tersebut di masa depan. Padahal ikan koi selalu mengalami perubahan terutama pada jenis-jenis tertentu seperti showa. Showa pada usia muda akan bisa sangat berbeda pada saat usia tua dan sudah finish perkembangannya.

Dalam memilih koi utamanya jika koi masih dalam usia muda, ada dua hal yang penting untuk dipertimbangkan yaitu memilih koi untuk saat ini atau memilih Koi Untuk masa yang akan datang atau jangka panjang. Memilih koi untuk saat ini adalah jika anda tidak terlalu memikirkan ukuran dan dipelihara pada kolam sempit dan dangkal. Selain itu memilih koi untuk saat ini sesuai bagi anda yang tidak sabar menanti pertumbuhan koi yang lambat untuk mencapai keindahan sejatinya.

Jika anda ingin memilih koi untuk saat ini tentu saja yang dipilih adalah koi yang nampak indah dan bagus untuk saat ini. Misalnya saja warna merah yang tebal, hitam yang sudah tajam dan padat. Koi yang sudah finish seperti ini biasanya tidak bisa tumbuh menjadi koi jumbo(meski tidak selalu demikian) dan cenderung koi jantan.

Memilih koi untuk jangka panjang adalah jika anda menginginkan koi berukuran jumbo dan berkualitas bagus. Anda bisa saja membeli koi dengan ukuran jumbo dan kualitas serta pola yang bagus namun tentu harganya sudah pasti sangat mahal. Jika anda tidak mau itu tentu pilihannya adalah membeli koi saat masih muda tetapi memiliki potensi yang bagus untuk tumbuh sempurna. Inilah seni dalam memilih dan memelihara ikan koi.
Warna hitam (sumi) pada koi muda biasanya belum berkembang dan tersembunyi di bawah warna putih yang menyebabkan warna bercak biru atau abu-abu demikian juga denganwarna merah belum selesai berkembang. Tubuh koi nampak panjang dan ramping dengan struktur tulang belakang yang kokoh dari kepala hinga ekor dan akan tampak seperti itu dalam perkembanggannya.

Contoh kasus perkembangan ikan koi adalah pada Showa dan Sankes yang pada awalnya memiliki warna merah tua, tapi sumi(hitam) masih nampak di bawah kulit. Dalam pengembangan Sumi/hitam akan semakin naik dan berpadu dengan warna merah membentuk koi baik finish dengan indah.

Sebaliknya bisa terjadi juga di mana sumi/hitam sudah padat pada ikan koi uyang masih kecil, tapi warna merah/hi masih tersembunyi dan belum berkembang. Dalam beberapa tahun saat koi tumbuh, sumi mungkin mulai memecah sementara hi hanya mulai terlihat bagus menyembul diantara warna hitam

Memilih koi adalah seni dan selera, namun ada rahasia-rahasia yang hanya pengalaman yang bisa membuat itu lebih menarik. Selamat Memilih ikan koi.

Sumber:
http://www.canadiankoiandpond.ca/articles/article4.html

Tags: ,

Popularity : 6,462 views


Leave Comment