Melindungi Koi Dari Virus Herpes

Feb 11th, 2012 | By | Category: Koi Care

Koi Herpes Virus (KHV) atau Virus Herpes pada ikan koi merupakan penyakit yang mudah menular pada berbagai jenis ikan termasuk koi dan keluarga karper. Kematian ikan yang disebabkan Virus Herpes bisa mencapai 20% sampai dengan 100%. Virus ini biasa menyebar pada musim panas saat suhu air cukup tinggi, antara suhu 18 sampai 27 derajat celcius. Kematian yang disebabkan Virus Herpes ini termasuk cepat hanya dalam waktu 24 -48 jam sejak ada gejala. Kematian ikan koi yang disebabkan oleh Virus Herpes termasuk sporadis, karena kematian dalam jumlah yang besar.

Virus herpes pada ikan koi biasanya akan lebih mudah menyebar jika kondisi air dan lingkungan buruk. Untuk mengenali ikan koi yang terkena virus Herpes ini ada beberapa cara. Cara paling mudah adalah dengan mengenali gejala-gejala klinis yang mudah terlihat, sedangkan cara lain adalah dengan melakukan uji laboratorium.

Gejala-gejala klinis pada ikan koi yang terkena Virus Herpes dapat dilihat dari tingkah laku ikan. Beberapa gejala koi yang terkena Herpes antara lain:

  • Ikan Koi yang kerkena Herpes akan menunjukkan gerakan yang tidak terkontrol, kadang aktif dan kadang diam.
  • Gejala lain koi yang terkena Herpes adalah megap-megap dan selalu cenderung di permukaan air.
  • Terdapat bercak atau binti-bintik warna merah dan putih pada insang, bercak atau bintik putih muncul akibat nekrosis atau kematian jaringan insang. Insang tersebut akan tampak lebih pucat kemudian terjadi pembusukan
  • Nafsu makan menurun
  • Mata ikan menjadi cekung dan terjaadi lecet pada kulit ikan.
  • Kulit melepuh.
  • Kematian massal terjadi dalam waktu 1-5 hari.

Koi Herpes Virus ini akan menyerang pada ikan koi pada saat ikan ditebarkan maupun pada saat ada perpindahan ikan dari satu tempat ke tempat yang lain. Virus ini mudah menyebar antara ikan yang satu dengan yang lain. Namun anda dapat melakukan pencegahan dan melakukan pengurangan resiko agar Koi tidak terkena Virus Herpes.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah virus Herpes antara lain:
1. Berhati-hati jika akan memasukkan ikan baru ke dalam kolam, pastikan ikan yang masuk sehat, bebas dari KVH dan sudah dikarantina terlebih dahuku.
2. Pastikan ikan baru berasal dari sumber terpercaya dan bebas dari KHV.
3. Ada baiknya memasukkan ikan dari satu sumber yang memang terpercaya.
4. Jangan mencampurkan koi dengan ikan hias lain, khv biasa menyebar pada ikan hias karena itu jangan mencamourkan koi dengan ikan hias untuk menghindarkan dari KHV.
5. Jaga lingkungan kolam dalam kondisi yang baik dan optimal. Ini akan meningkatkan kesehatan dan ketahanan ikan terhadap KHV.
6. Kurangi jumlah ikan dalam kolam dan hindarkan ikan koi dari stress.

Jika Koi Herpes Virus terlanjur menjangkiti koi anda, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
– Pisahkan ikan koi yang sudah terinfeksi dari ikan yang masih sehat masukkan dalam kolam karantina. Pastikan air dalam kolam karantina bersih.
– Naikkan suhu air kolam karantina secara perlahan-lahan hingga 30 derajat celcius dan berikan aerasi yang cukup.
– Selama masa pengobatan tidak diberi makan dan berikan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder.

Tags: , ,

Popularity : 6,605 views


Leave Comment