Karantina Ikan Koi

Jul 30th, 2013 | By | Category: Koi Care

Centralkoi — Karantina ikan koi merupakan langkah yang hampir “wajib” bagi penghobis Koi saat menambah koleksi Koi kesayangannya. Karantina Koi dilakukan dengan mengisolasi ikan Koi dengan Koi-koi lainnya dalam tempat/kolam yang terpisah. Karantina biasanya dilakukan apabila ada ikan koi yang terserang penyakit atau ikan koi baru saja datang dari tempat lain. Ikan yang terserang penyakit akan menularkan penyakit tersebut ke ikan koi lainnya, selain itu ikan sakit bisa terganggu oleh aktivitas ikan sehat sehingga perlu dilakukan karantina. Dengan karantina ikan koi yang sakit lebih mudah dilakukan pengobatan jika pengobatan dicampur maka ikan sehat akan ikut “menikmati” obat bagi ikan sakit.

Ikan yang baru saja kita beli tidak berpotensi membawa penyakit, meski dari penjual sudah ada jaminan tidak berpenyakit terlalu beresiko jika ikan-ikan koi yang baru saja dibeli tersebut dicampurkan dengan ikan yang jelas sudah sehat. Meski ikan dari penjual diklaim sehat, tetapi stress selama pengangkutan juga berpotensi menimbulkan penyakit pada ikan Koi. Perubahan suhu antara kolam asal, kantong pengangkutan dan kolam baru juga rentan menimbulkan stress pada ikan koi. Ikan yang stress mudah terserang penyakit dan daya tahan tubuh menurun.

Karantina koi dilakukan agar ada penyesuaian antara lingkungan lama dan lingkungan baru, selain itu agar penyakit tidak menular pada ikan yang sudah ada. Jika di Kolam belum ada Ikan koi tidak masalah langsung di masukkan ke dalam kolam, asal kondisi air sudah mature dan disesuaikan dengan kolam asal.

Bak/Kolam Karantina

Mengingat pentingnya karantina ikan koi maka perlu disediakan tempat untuk mengkarantina Ikan koi. Tempat karantina bisa terbuat dari kolam semen, bak fiber atau media lainnya yang memiliki kapasitas air kurang lebih 1000 Liter air. Yang perlu diperhatikan jangan mengkarantina ikan dengan jumlah yang terlalu banyak dalam bak tersebut. Perhatikan kualitas air harus benar-benar mature, suhu air yang terjaga dan aerasi yang cukup. Waktu karantina biasanya dilakukan sekitar 3 minggu.

Hal-Hal Yang perlu Diperhatikan Pada Karantina Ikan Koi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan karantina Koi adalah sebagai berikut:
1. Siapkan tempat karantina dan fasilitasnya dengan baik, misal aerator,ukuran, filter dan lain-lain. Sehingga air benar-benar mature.
2. Mengganti air sebagian secara regular.
3. Monitor keadaan air seperti kandungan amonia dan nitrat.
4. Jangan memberi makan secara berlebihan
5. Amati perilaku Koi, jika menunjukkan gejala tidak sehat segera periksa.
6. Sterilkan bak karantina sebelum diisi Ikan Koi baru.
7. Suhu air diupayakan stabil pada suhu sekitar 17.5 derajat Celcius, pada karantina ikan sakit suhu air dinaikkan hingga diatas suhu 20 derajat Celcius.
8. Pada karantina Ikan sakit, beri garam ikan dengan Konsentrasi 1 s/d 3kg per 1000 Liter air dan Elbayou (atau merek lain). Ini berguna untuk menurunkan stress pada ikan koi. Suhu diset lebih dari 20 derajat Celcius.

Referensi:

http://www.koicarp.org.uk/quarantine.htm

Beberapa Sumber lainnya.

Tags: , , , ,

Popularity :


25 comments
Leave a comment »

  1. Saya punya kolam ikan KOi di perusahaan tempat saya kerja, jumlahnya ada 20 ekor, baru 2 ini (dalam kurun waktu 2 minggu), saya ada melihat gejala yang lain dengan ikan kami…, dulu kalau kita ngasih makan, ikannya sangat reaktif sekali.. tapi sekarang ikannya tak mau makan… kalaupun makan cuma sedikit2 aja, tadi pagi sewaktu saya masuk kerja saya tengok ada 3 ekor mati, sekali kkita perhatikan badannya…, sisiknya rata2 terkelupas, dan ketika saya perhatikan ikan yg ada di kolam nam[pak sisiknya macam penyakitan ataupun macam mau terkelupas, warna kulit ikannya pun macam pudar…
    minta tolong kepada rekan2 penggemer koi lainnya mana tau ada yg bisa menganalisa atau memberikan saran macam mana penanganan ataupun penyelamatan ikan kami tersebut.

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.
    Wassalam.
    Rangkuti

    Reply

  2. Dear Rangkuti

    Segera kuras dan bersihkan kolam. Masukan Air baru dan tambahkan Garam Ikan.

    Pemberian Garam kira2 5 kantong Plastik. Garam ikan dapet dibeli di toko ikan.

    Good Luck.

    Rgds

    Agi

    Reply

  3. Saya baru beli alat heater, mau saya masukkan kolam ikan koi saya, tapi saya masih ragu dg suhu brapa yang harus saya set pada heater tsb. kolam ikan koi saya ukurannya 2,5 X 1,5 m ketinggian air ant 10-20cm.
    Pertanyaan saya, berapa suhu yang harus saya set pada alat heater tsb ?

    Terima kasih atas tanggapannya

    Wasi

    Reply

    koikeeper Reply:

    Tujuan pemasangan Heater untuk apa Om.? Kalau untuk pengobatan bisa sampe 25 derajat celcius

    Reply

  4. […] sulit untuk memberikan water heater pada kolam yang luas. Biasanya terapi panas ini dilakukan pada tanki/bak karantina khusus yang tidak terlalu besar. Koi Yang Sehat Membuat Hati Riang, Foto […]

  5. saya punya kolam koi ukuran 1.5 x 2 m kedalaman 70 cm dan ukuran filter 50 cm x 120 cm baiknya pakai pompa dengan n handal apa ya?

    terima kasih atas perhatianya.

    hindro

    Reply

    koikeeper Reply:

    Kalau untuk Pompa Yang Handal, ada banyak merek di pasaran sy ndak mau menyebut merek mana yang paling bagus, karena itu relatif. dengan ukuran kolam 1.5x2x0.7 m. Volume air kolam kurang lebih 2100 liter, sehingga pompa yang diperlukan yang dapat memutar air kolam minimal 1 jam 1 siklus. Sehingga debit pompa harus sama atau lebih besar dari 2100liter/jam.

    Reply

  6. maaf saya penggemar baru,. ,ikan saya kena whitespot,uda di di kasi obat yg buat air kolam jadi biru,kalo nga salah nama blakangnya ada grenn nya..
    Yg saya mau tanya
    1.whitespot bisa kita sikat langsung dari tubuh koi nga??
    2.obat apa yg bagus dan murah??
    3.bagaimana agar tidak ter ulang lg?
    4.apakah peralatan kolam harus d siram dengan air panas agar tidak terualang lg??
    Mohon bantuanya..

    Reply

    koikeeper Reply:

    Whitespot disebabkan oleh protozoa,yg akan muncul jika kondisi air kolam buruk.
    1. Jika efek whitespot sdh cukup parah hingga meniimbulkan luka/infeksi bisa dibersihkan dan diberi betadine
    2.coba dg mathelene blue
    3.Agar whitespot tidak berulang jaga kondisi air selalu baik dan hati hati memasukkan ikan baru.
    4.Mengguyurkan air panas tidak efektif,lebih baik dg menambahkan heater pd kolam pengobatan/karantina

    Reply

  7. Saya br beli ikan koi.pembelian 1 swkt taruh di kolam semua OK.pembelian 2 OK. Nah pembelian ke tiga menyebabkan semua ikan koi saya berenang ya seperti gerakan salto.ada ya terbalik. Napa ya bisa begitu.solusinya apa

    Reply

    Suko Purwosunu Reply:

    Ikan Salto diakibatkan adanya kutu. Berikan pengobatan ABATE 100 Gr/ 1000 Liter, atau Dimilin 1 gram per M3 air. Selanjutnya karantina terlebih dahulu jika ada ikan baru, dan jaga selalu kondisi air kolam.

    Reply

  8. mau tnya, saya pernah beli ikan koi 2 ekor dg ukuran 10cm, yg satu saya taruh di kolam rumah, ukuran kolam P:1,5 x L:0,5..
    Yg satu saya taruh di kolam tambak udang yg luas, setelah 3bulan ikan yg ada di kolam tidak ad pertumbuhan, sedangkan ikan di tambak ukuran ny sekitar 45-50cm.
    Yg saya tanyakan: apakah ikan tersebut dapat dipijah/bertelur?
    standart umur ikan untuk dipijah kan sekitar 2tahun..??
    Trims

    Reply

    koikeeper Reply:

    Jika memang sudah gendong telur dan matang gonad bisa saja dipijahkan,tentunya harus ada pasangannya.idealnya memang setelah usia di atas 1,5th tp ada yg belum usia itu siap dipijahkan.

    Reply

  9. Om ikan saya kalau berenang kok suka mengambang dan pelan, kadang di dasar dg posisi kepala di bawah..
    Itu sakit apa ya om?
    Trus cara penanggulangan’y gimana ya?
    Makasih om

    Reply

    koikeeper Reply:

    Kepastian penyakitnya harus dilihat detail lainnya misal sisik,luka dll. Sementara karantina dulu kasih garam,heater dan aerasi yg cukup besar

    Reply

  10. saya sudah memelihara koi selama 6 bulan, tapi kok sampai sekarang perilaku koinya masih agresif ya om, kalau waktu dikasih makan maupun cuma ditonton itu seperti mencari tempat bersembunyi
    kira2 kenapa dan treatment apa yg harus saya lakukan
    terima kasih

    Reply

    koikeeper Reply:

    Coba tidak usah diberi makan beberapa hari, setelah itu berikan makanan sedikit sedikit saja. Tambahkan aerator atau pompa yang agak besar biar ikan merasa lebih nyaman dan tidak penakut. Bisa juga ditambahkan ikan yang sudah agak gede dan jinak ( biasanya jenis Chagoi), yang akan membantu menjadi “provokator” untuk lebih berani mengambil makanan di permukaan. Selamat mencoba.

    Reply

  11. saya mo tanya om, gmna cara pencegahan terhadap jamur dan bakteri pada air kolam, apakah di kasih obat ikan ketika mengkuras , makasih

    Reply

    koikeeper Reply:

    Saat menguras, keringkan terlebih dahulu jika diperlukan bisa diberikan obat jamur

    Reply

  12. Mas saya mau tanya bagaimana cara mncgah bkteri dn jmur pada kolam ikan.. Apakah di beri obat biru pada sat pengurasan…

    Reply

  13. mau tanya para suhu koi, sy pernah baca ikan koi bisa hidup hanya dengan nitrobacter yg di temukan oleh bpk thomas dan saat ini di jual dgn harga 300 rb per 5 leter, apa ada yg pernah mencoba nitro ini mohon penjelasannya

    Reply

  14. Perkenalkan saya kent. Baru baru ini saya membeli ikan koi dan menambahkan ke kolam tanpa proses karantina. Karrna saya masih sangat awam dlm pemeliharaan ikan koi. 1 hari setelah pelepasan koi batu, 1 koi saya menunjukan gejala menggesekan badannya di dinding kolam sekali sekali, namun tidak ada yang mencolok, namun keesokan paginya bafannya berubah menjadi merah merah seperti lebam seperti darah beku di sisik sisiknya, dan keesokan harinya koi tsb pun meninggal. Sebelum meninggal sy lihat koi tsb bersih dari jamur parasit ataupun borok lainnya. Sy khawatir kematian koi tsb akan menular ke koi lainnya. Karena di malam hari sy sering mendengar ada koi lain yg melompat di air dan terkadang menggesekan badannya.

    Peryanyaan saya adalah, bagaimana cara paling efektif dan efisien untuk masalah ini. Sementara ini belum ada koi saya yg menunjukan gejala sakit seperti lesu menyendiri. Penyakit apakah yg plg mungkin di idap oleh koi sy yg mati tsb. Di blog banyak yg menyarankan pemakaian garam, meningkatkan suhu dll.

    Mohon bantuan tips dan sarannya. Terima kasih

    Reply

    koikeeper Reply:

    Yup, standard yang biasa dilakukan adalah dengan karantina menggunakan garam ikan, Elbayou, aerasi tinggi dan jika diperlukan suhu yang agak tinggi dan jangan dikasih makan dulu. Setelah sekitar seminggu atau ikan benar-benar dipastikan sehat dan fit baru masuk kolam dan diberi makan sedikit demi sedikit. Semoga Koi oOm Kent sehat selalu.

    Reply

  15. kok ikan koi saya kalau di deketin orang, sering takut ya ? itu kenapa ?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Perlu proses penjinakan terlebih dulu. Kasih makan setelah benar2 lapar sedikit demi sedikit. Hentikan sebelum kenyang, ulangi lagi saat sudah lapar. Kasih air terjun atu aerator yang kenceng bisa bikin koi lebih jinak.

    Reply

Leave Comment