Ikan Koi Indonesia Berpotensi Ekspor

Oct 15th, 2012 | By | Category: Koi Care

BUDIDAYA IKAN KOI — Industrialisasi budidaya ikan koi di Indonesia ternyata memiliki potensi menyumbang devisa untuk pasar ekspor. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, permintaan ekspor ikan koi ke negara Cina mengalami peningkatan. Melihat Potensi bisnis ini Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupaya mendorong peningkatan ekspor ikan koi melalui nilai tambah dan peningkatan produksi.

Ikan koi Indonesia banyak diakui memiliki kualitas yang baik sehingga permintaan dari berbagai negara semakin besar. Pada Tahun 2011, produksi ikan koi di Indonesia tercatat mencapai 30 % dari total ikan hias hasil budidaya .

Melihat potensi besar ekspor ikan koi asal Indonesia yang cukup bagus ini, Kementrian Kelautan dan Perikanan mendorong seluruh stakeholder budidaya koi untuk terus meningkatkan kualitas dan budidaya ikan koi berorientasi ekspor.

Cicip mengajak eksportir ikan koi Indonesia meningkatkan nilai tambah dengan mengekspor ikan dalam kondisi sudah besar. Meski potensi ekspor ikan koi Indonesia besar, tapi nilainya jauh lebih kecil dibandingkan Singapura yang nilainya USD 60 juta dollar. Nilai ekspor ikan koi Indonesia hanya bernilai sekita 19 juta dollar AS atau sebesar Rp 178 miliar.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, ekspor Singapura bisa besar karena menerima impor ikan dalam kondisi masih kecil lalu dikembangkan menjadi besar dan barulah kembali diekspor.


Memelihara Ikan Koi

Memelihara Ikan Koi


Senada dengan itu Ketua Asosiasi Pecinta Koi Indonesia, Budi Wijaya, menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan pihak asosiasi dalam memajukan produk ikan koi dalam negeri. Menurut Budi, Hal tersebut penting, karena bisa menjadi pendorong berkembangnya industri ikan hias di dalam negeri.

Sumber:
http://www2.tempo.co/read/news/2012/10/08/089434370/Pemerintah-Dorong-Ekspor-Ikan-Koi

Tags: , ,

Popularity : 3,703 views


Leave Comment