Biosecure Mencegah Koi Herves Virus

Aug 23rd, 2015 | By | Category: Koi Care

MENCEGAH PENYAKIT KOI — Sudah banyak diketahui oleh para peternak maupun penggemar ikan koi, bahwa Koi Herves Virus (KHV) menjadi penyebab kematian ikan koi yang paling menakutkan. Tidak jarang akibat penyakit ini membuat usaha ternak ikan koi mengalami kebangkrutan. Bagi penggemar ikan koi, kematian ikan koi akibat herpes ini menjadi trauma tersendiri, sehingga kapok memelihara ikan koi. Sebenarnya kematian ikan koi akibat herpes ini bisa dicegah atau diminimalkan dengan pendekatan biosecurity atau biosecure.

Konsep biosecure inilah yang menjadi konsen dari PT Bio Farma, dengan memberikan pelatihan Biosecure kepada Kelompok Pembudidaya Koi di Sukabumi. Menurut Heri, Kepala Divisi Umum dan CSR Bio Farma, usaha budidaya ikan koi di Sukabumi mengalami penurunan populasi karena serangan penyakit herpes pada koi. Pdahal dari waktu ke waktu penggemar ikan koi selalu mengalami peningkatan.

biosecure-koi

Heri menambahkan bahwa yang menyebabkan serangan Koi Herpes ini adalah karena cara budidaya ikan koi masih menggunakan cara tradisional. Dengan cara budidaya ikan koi tradisional ini kematian ikan koi karena herpes bisa mencapai 50 sampai 100%. Karena itu Bio Farma menggandeng kelompok pembudidaya koi binaan di Sukabumi untuk menerapkan Konsep Biosecure dalam budidaya ikan koi.

Konsep Biosecure Dalam Budidaya Ikan Koi

Konsep Biosecure sendiri merupakan pendekatan yang bertujuan mengurangi tingkat lematian pada ikan koi. Cara ini dilakukan dengan membuat kolam menjadi aman secara biologi. Kolam ikan koi dibuat secara tertutup dengan sistem monokultur atau satu jenis saja dengan perlakuan yang ketat.

Dengan konsep biosecure ini mulai dari pasokan air hingga pemeliharaan ikan koi harus dilakukan dengan perlakuan yang ketat, sehingga ikan terhindar dari penyakit dan lebih produktif, warna lebih cerah dan sehat.Konsep biosecure juga menghindarkan penularan penyakit dari ikan yang satu kepada ikan yang lain.

Tags: , , ,

Popularity : 3,161 views


Leave Comment