Warna-Warni Lobster Air Tawar

Jun 2nd, 2016 | By | Category: Ikan Hias

LOBSTER AIR TAWAR — Badan bongkok dengan tubuh berwarna-warni bergerak lincah di sela-sela karang dan hiasan aquarium. Itulah yang bisa kita nikmati dari Lobster Air tawar di akuarium. Lobster air tawar golongan crustasea memiliki macam warna seperti merah, ungu, oranye, biru, hingga putih. Hobi memelihara lobster air tawar yang bentuknya menyerupai udang ini kini makin diincar penghobis akuarium fresh water.

Lobster air tawar atau yang dikenal dengan nawa crayfish ini selain dipergunakan sebagai hiasa, bisa juga dikonsumsi seperti udang atau lobster. Namun karena warnanya yang indah sementara ini banyak dipakai sebagai ikan hias.

Keindahan lobster air tawar ini bisa dirasakan saat melihat mereka berjalan menggunakan kakinya. Lobster air tawar juga bisa berpegangan pada dahan atau tangkai daun menggunakan capitnya saat memanjat tanaman air. Sangat menyenangkan bila atraksi ini sempat tertangkap mata.

 

lobster-air-tawar

Lobster Air Tawar Biru

Selain itu Lobster juga air tawar juga lihai dalam menangkap mangsa berupa ikan yang diumpankan sebagai makanan. Lobster akan mencabik-cabik ikan menjadi potongan kecil dengan capitnya yang kokoh dan tajam.

Jenis-Jenis Lobster Air Tawar

Lobster air tawarmemiliki Varian yang cukup banyak misalnya saja lobster air tawar dibedakan berdasarkan bentuk alat kelaminnya, ada lobster (alat kelamin berupa titik) dan klarcii (alat kelamin berupa tangkai panjang).
Kelompok lobster air tawar terdiri dari lobster capit merah (red claw) dan lobster papua, seperti tiger papua, orange papua, blue moon, blue stream, dan blue yabbie. Sedangkan kelompok klarcii meliputi snow white, red marlboro, dan red klarcii.

Lobster red claw berasal dari Australia dengan sekujur tubuh berwarna biru tapi bagian bawah capitnya berwarna merah. Karena warna capit itulah ia diberi nama red claw. Selain cantik menghias akuarium, red claw juga mudah dijumpai di restoran sebagai lobster konsumsi karena ukurannya mencapai 8 inci atau 20,3 cm.

Lobster papua berasal dari perairan Papua. Bermacam-macam pula warnanya, seperti oranye, biru, ungu, cokelat, hingga cokelat kehitaman, dan dengan ukuran mencapai 7 inci. Kelompok klarcii berwarna putih dan merah berukuran maksimal sekitar 4 inci (10,2 cm). Sedangkan lobster hias umumnya dijual dengan ukuran 2 – 4 inci.

Cara Memelihara Lobster Air Tawar

Memelihara Lobster air tawar tergolong mudah, inilah yang menjadi keunggulan dari hobi lobster air tawar. Untuk memberi makan lobster air tawar ini bisa diberikan pelet atau ikan-ikan kecil seperti seperti ikan mas dan guppy. Jika tidak ingin ribet bisa diberi makan pelet khusus untuk lobster air tawar yang memiliki kandungan protein 30 persen. Selain itu pemberian pakan ikan kecil terlalu sering membuat lobster agresif dan cenderung kanibal.
Penting diperhatikan bahwa Lobster air tawar merupakan jenis hewan nocturnal atau hidup di malam hari. Karena itu pemberian pakan sebaiknya dilakukan pada sore atau malam hari.
Berbeda dengan ikan hias lain seperti ikan Koi, Lobster air tawar ini tidak memerlukan sirkulasi oksigen yang tinggi. Lobster air tawar lebih senang mengambil oksigen dari udara bebas dengan muncul di permukaan air. Untuk mengakomodasi kebiasaan Lobster air tawar ini ketinggian air cukup dua kali panjang tubuh lobster ini atau sekitar 6 cm.

Dalam memelihara Lobster air tawar penting juga diberikan tempat berlindung bagi lobster air tawar ini. Tempat berlindung lobster bisa berupa paralon, bambu, atau bata yang bolong untuk perlindungan. Tanaman air yang berdaun keras juga bisa sjuga sebagai tempat berlindung lobster air tawar, contohnya keladi.

Tags: , , , , , , ,

Popularity : 2,452 views


Leave Comment