Si Imut Ikan Molly Balon

Sep 17th, 2013 | By | Category: Ikan Hias

IKAN MOLLY BALON — Nama latin ikan Molly adalah Poelicia latipinna Sailfin molly, namun karena perut ikan ini saat dewasa buncit mirip balon banyak yang menyebutnya ikan molly balon. Bentuk ikan yang buncit dan lucu inilah yang menjadi daya tarik para penggemar ikan hias. Dengan corak warna yang bermacam-macam serta harga yang cukup murah, menjadikan ikan Molly balon diburu penggemar ikan hias dari anak-anak hingga orang dewasa.

Ikan Molly merupakan salah satu komoditas ikan hias air tawar di Indonesia. Konon ikan ini berasal dari kawasan Meksiko, Florida, Virginia. Ikan Molly termasuk dalam jenis ikan “live brearer” (melahirkan anaknya), bukan bertelur dan termasuk ikan omnivora.

Sampai saat ini ada beragam varietas dan warna yang sangat banyak ini disebabkan persilangan dan mutasi. Keindahan Ikan Molly Balon akan semakin tampak saat ikan ini sudah cukup besar dan berbentuk seperti bola. Ikan ini akan tampak sangat bagus seperti maskoki mini.

Memelihara Ikan Molly Balon

Ikan Molly Balon termasuk ikan yang cukup mudah dipelihara dan tidak memerlukan properti yang bermacam-macam. Cukup dipelihara di akuarium, ember plastik,bak semen atau media lainnya. Untuk memelihara ikan ini tidak perlu perawatan yang intensif karena ikan ini memiliki kekebalan tubuh yang tinggi. Ikan Molly tidak mudah terserang penyakit dan mempunyai daya tahan tubuh yang cukup baik dalam beradaptasi dengan lingkungannya.

Di habitat aslinya ikan Molly Balon suhu perairan 25 – 28° C dengan pH 8 dan kekerasan sekitar 14-20° dH. Namun, karena sudah lama dipelihara di daerah dengan pH netral (sekitar 7) maka saat ini tampaknya pembudidayaan di daerah ber-pH netral pun sudah tidak ada masalah.

Ikan Molly Balon

Ikan Molly Balon


Memijahkan molly hampir sama dengan guppy. Hanya saja hasilnya akan lebih bagus bila kondisi airnya agak keras. Untuk itu, penambahan garam dapur sekitar satu sendok makan per tiga liter air akan membantu memperbanyak produksi anakan molly. Selain itu, kecukupan sinar matahari merupakan syarat agar berhasil membudidayakan molly. Molly akan menjadi induk setelah berumur lima bulan. Ukuran jualnya sekitar 2,5-3,0 cm yang dapat dicapai dalam waktu 3-4 bulan.

Molly Balon Kuning

Molly Balon Kuning

 


Untuk membedakan jantan dan betina pada ikan molly balon ini sangat mudah. Dibanding jantan, betina biasanya lebih gemuk. Sirip punggung jantannya lebih panjang dan lebar serta tubuhnya lebih kecil dan langsing dibanding betina.

Cara Memijahkan Ikan Molly Balon

Pemijahan ikan Molly balon cukup mudah, namun demikian perlu dilakukan persiapan-persiapan yang baik. Apalagi jika akan diprogram warna dan corak tertentu dari anakan molly balon ini, maka pemilihan pasangan penting sekali.

Persiapan pelaksanaan proses budidaya meliputi , persiapan wadah, pemilihan induk, pemijahan, perawatan larva, dan panen. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilihlah induk yang berukuran relatif besar, bentuk tubuh yang mengembung serta mempunyai warna yang indah.
  • Induk-induk yang telah dipilih dimasukkan dalam satu bak untuk beberapa pasang induk. Namun apabila menghendaki keturunan tertentu dapat pula dilakukan dengan cara memisahkan dalam bak tersendiri sepasang-sepasang.
  • Bak-bak pemijahan harus dikontrol setiap hari. Setelah lahir, anak-anak ikan harus cepat-cepat diambil dan dipisahkan dari induknya agar tidak dimakan oleh induknya.



Breeding Molly Balon
Larva atau anakan Ikan Molly balon yang sudah lahir dan dipisahkan di tempat tersendiri bisa diberikan makanan berupa kutu air, cacing sutra atau pellet halus atau dihancurkan dengan cara direndam dengan air panas, diamkan beberapa menit, setelah itu dibentuk menjadi bola-bola kecil. Setelah benih berumur 3 bulan, maka dapat dilakukan pemanenan bisa dijual atau dihadiahkan kepada teman dan kerabat. Selamat Mencoba.

Sumber:
http://bisnisikan.blogspot.com/2008/03/nunung-ratna-sri-wahyuni-nis-0409284-bi.html
http://budidayaikanhiasairtawar.blogspot.com/2011/12/budidaya-ikan-molly.html

Tags: , , ,

Popularity : 20,094 views


16 comments
Leave a comment »

  1. Assalamualaikum, sebaiknya pemasaran ikan hias molly ditingkatkan karena dalam sebulan ini pasar ikan hias molly menurun. saya berhasil menemukan harga sesuai pasar Arab dengan harga 312.000 rupiah per ekor. waalaikumsalam.

    Reply

  2. Assalamualaikum, kenapa pengambilan ikan hias molly dari peternak menurun ya ? padahal stok sudah banyak , sebaiknya pasar ikan hias molly harus serius diperhatikan untuk meningkatkan hasil jual dan harga dari ikan ini, setelah saya melihat dan survei ke pedagang ikan hias molly banyak harga dari ikan ini yang jatuh serta berbeda dari harga pasar yang tinggi, dengan harga sebenarnya 312.000 rupiah satu ekor menjadi 1000 per ekor, 3 ekor sepuluh ribu, 5.000 rupiah satu ekor, dan ada juga yang menjual satu ekor 3.000 dan 4.000 rupiah saja, insha allah hasil survei saya ini bermanfaat bagi perkembangan pasar ikan hias molly yang berharga tinggi di pasar luar negeri khususnya di negara arab dimana harga ikan molly sangat tinggi dengan harga 312.000 satu ekor. waalaikumsalam.

    Reply

  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, perkembangannya sih meningkat, kendalanya pemasukan uang penjualan menurun karena harganya terlalu murah dan tidak sesuai dengan harga pasar dunia, karena kalau di jual di daerah kota Medan hanya berharga 1000 sampai 5000 rupiah saja dan pendapatan satu hari hanya dapat 5000 saja dengan harga per ekor 1000 rupiah, sedangkan harga pasar Arab mencapai 312.000 rupiah per ekor. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

    Reply

  4. Assalamualaikum,,,,untuk meng ekspor ikan molli itu apa perlu perijinan yang rumit,,,mohon sarannya karna masih asing dalam hal ekspor

    Reply

  5. hihihi lucu-lucu ya ikan molly nya,
    jadi pengen deh melihra ikan itu

    Reply

  6. mau nanya dong mas indra, beberapa anakan molly saya yg baru lahiran mati stelah 1 hari, kenapa ya ? apa perlu oksigen ? atau ada hal lain ?

    Reply

    Lutfi Nugroho Reply:

    mau nanya dong, beberapa anakan molly saya yg baru lahiran mati stelah 1 hari, kenapa ya ? apa perlu oksigen ? atau ada hal lain ?

    Reply

    wedi Reply:

    Anakan moli harus d kasih oksigen. Dan untuk makannya saya biasa ngasih setelah 3-4 hari setelah lahir.

    Reply

    deny Reply:

    gan kok ikan molly balon punya kumalah betinanya yang ngejar jantan..kenapa ya??apa itu tandanya betina mau beranak?? dijawab ya gan…

    Reply

    koikeeper Reply:

    Jantan-nya lebih kecil tidak gan?

    deny Reply:

    besarnya sama…

    Lolosa Reply:

    Kalo ga pkai oksigen gpp ?

    Reply

  7. hanya ada di laut saja gan?
    terimakasih 😉

    Reply

  8. Saya mau tanya gan, kenapa ya ikan mollyku yang jantan ngejar ngejar betina trus? apa itu tanda kalau mereka lagi pemijahan? tapi kenapa kalau molly betina nggak boleh makan sama molly jantan, pasati di kejar kejar terus… trus bagian bawah ekor molly betina berwarna keorenan, kenapa ya???

    Reply

    koikeeper Reply:

    Naluri Molly Jantan jika lagi Birahi memang mengejar betina, kadang sampai luka-luka di bagian bawahnya. Tambahin saja betinanya dengan perbandingan 1:5

    Reply

  9. kenapa ikan molly saya waktu di jodoh kan jantan nya suka dikejar-kejar betina ??

    Reply

Leave Comment