Zeolit Sebagai Kontrol Amonia Pada Filter Kolam Koi

Dec 19th, 2011 | By | Category: Filter Kolam Koi

Centralkoi–Memberikan Zeolit pada filter kolam koi merupakan cara yang sering dilakukan untuk mengurangi amonia. Pada kolam baru atau pada saat penggantian air baru umumnya filter biologi kolam belum berfungsi secara maksimal sehingga kadar amonia pada kolam meningkat cukup drastis. Karena itu memberikan zeolit dalam jangka pendek akan mampu mengurangi kadar amonia hingga kerja filter biologi bekerja secara optimal. Namun perlu dipertimbangkan bahwa filter biologi memerlukan sedikit amonia untuk mendorong pembentukan bakteri nitrifikasi dalam filter.

Zeolit merupakan jenis mineral alami yang memiliki fungsi sebagai penyaring molekul-molekul dan mampou megikat amonia. Dalam bentuk alami mereka adalah aluminosilikat, yang biasa mengandung mineral silikat aluminium. Saat ini zeolite telah diproduksi dalam bentuk artifisial. Zeolite bertindak sebagai ion-exchanger dan ‘bertukar’ ion natrium mereka, untuk ion bermuatan positif lainnya, misalnya kalsium atau amonium.


Zeolite

Bentuk Zeolit Sebagai Media FilterKolam


Menggunakan zeolite biasanya ditempatkan di filter sebelum air dikembalikan ke kolam atau tangki. Namun jangan me letakkan zeolite sebelum filter biologis, karena bisa jadi pada filter biologis tidak cukup amonia tersisa untuk mendorong pertumbuhan bakteri nitrifikasi.

Zeolit memiliki batas kemampuan dalam mengikat amonia dari kolam, karena itu zeolite perlu dilakukan”recharge” kembali agar bisa berfungsi sebagai pengikat amonia. Recharge zeolit dilalukan dengan merendam amonia dengan air garam. Zeolit diambil dari filter dan direndam pada air garam selama satu malam. Konsentrasi garam kurang lebih 100 gram garam pada 4 liter air. Pada saat zeolite direndam air garam, amonia yang diikat zeolit akan dibebaskan. Hal inilah yang menyebabkan booming amonia jika dilakukan terapi garam pada kolam yang terdapat zeolit pada media filter. Karena itu sebelum memberikan terapi garam saat ada koi yang sakit, pastikan tidak ada zeolit pada filter kolam.Setelah zeolite di-recharge maka siap dipergunakan lagi untuk menyaring amonia.

Sumber:
http://www.fishdoc.co.uk/water/zeolite.html

Tags: , ,

Popularity : 16,027 views


Leave Comment