Menempatkan Pompa Untuk Filter Kolam Koi

Apr 8th, 2012 | By | Category: Filter Kolam Koi

POMPA KOLAM KOI — Menentukan letak pompa pada kolam koi akan menentukan model filter dan desain kolam koi yang akan dibuat. Jika kolam koi sudah terlanjur dibuat dan sudah running namun belum memiliki sistem filter yang memadai, tentunya sedikit merepotkan untuk membuat desain filter kolam yang cukup ideal. Namun ada trik yang bisa dilakukan agar sistem filter tetap bisa berjalan dengan sesuai dengan fungsinya secara ideal.

Membangun sistem filter kolam koi ada kaitannya dengan dimana menempatkan pompa dalam sistem filter. Pada umumnya ada dua pilihan untuk menempatkan pompa dalam sistem , yaitu pada Kolam dan Pada chamber terakhir filter.

Penempatan pompa pada kolam koi merupakan cara yang cukup mudah dilakukan. Ini biasanya dilakukan jika kolam koi sudah terlanjur dibuat atau tidak didesain menggunakan sistem filter yang cukup memadai. Cara kerjanya pompa diletakkan di kolam koi dan air akan dipompakan ke dalam filter dengan posisi yang lebih tinggi dari kolam. Air dari filter akan dikembalikan ke kolam dengan gravitasi.


Penempatan Pompa Pada Kolam Koi

Ilustrasi Penempatan Pompa Pada Kolam Koi


Karena posisi filter lebih tinggi maka keluaran dari filter bisa dibuat air terjun yang masuk ke kolam koi. Kelemahan dari sistem ini adalah pompa ada kolam koi akan menyedot air kotor, sehingga memerlukan maintenance dan pembersihan yang lebih sering. Jika tidak sering dibersihkan akan menghambat kerja pompa bahkan kerusakan pompa. Selain itu posisi pompa yang ada di dalam kolam beresiko membahayakan koi di dalam kolam.

Cara kedua dalam menempatkan pompa adalah pada cahamber terakhir filter kolam koi. Penempatan pompa pada chamber terakhir membuat maintenace dan pembersihan pompa lebih jarang dilakukan(minimum cost), karena air yang dipompa merupakan air yang bersih yang sudah melewati filter.

Di dasar kolam koi harus dibuat bottom drain, berupa pipa yang tergubung ke filter kolam koi dengan memanfaatkan grafitasi. Setelah air memasuki sistem filter dan sampai chamber terakhir dimana pompa diletakkan, air dipompakan kembali ke kolam.

Cara ini memerlukan desain kolam yang matang sebelumnya, dan sudah dibuat sedemikian rupa sebelumnya. Ini memang sedikit rumit karena berkaitan dengan konstruksi kolam koi, anda harus mendesain dan membuat pada kolam koi anda sendiri. Tidak bisa menggunakan filter yang sudah ada di pasaran.

Tags: ,

Popularity : 29,212 views


3 comments
Leave a comment »

  1. Hmmmm..brrti designe filter di gmbar y nomor 2 ada d bawah leveling dsar kolam bro krena menggunakan gaya gravitasi,,kemudian air hasil filter di pompa kan dng positif sucktion,,,ada email y bisa utuk sharing kah pak bro,,,???thank u utk ilmunya,,,

    Reply

    koikeeper Reply:

    Terimakasih sudah menambahkan, silahkan koreksi jika ada kesalahan/kekurangan

    Reply

  2. Salam sejahtera,

    Mohon agar dapat memberikan informasai paket filtrasi untuk kolam ikan terutama koi untuk opsi luas dan kubisasi air berikut harganya. Terima kasih.

    Salam,
    Dion
    0812-924-6291

    Reply

Leave Comment