Membuat Sendiri Filter Kolam Sederhana

Oct 1st, 2011 | By | Category: Filter Kolam Koi

Filter Kolam dapat dibuat sendiri dengan barang-barang bekas atau memanfaatkan barang yang ada. Hal ini bisa dilakukan jika memang tidak memungkinkan menambah area untuk filter pada kolam koi atau ingin filter kolam koi yang murah meriah. Selain itu kolam dengan bak terpal atau bak fiber sebagai penampungan sementara cukup menyulitkan untuk menambah sistem filter. Dengan sedikit ketelatenan filter kolam sederhana dapat dibuat sendiri.

Barang-barang yang perlu dipersiapkan sebelum membuat filter kolam sederhana antara lain: Drum/Tong bisa juga memanfaatkan ember yang berukuran cukup besar, pipa pralon, shock drat, L pralon, T Pralon, lem pralon, gergaji besi dan peranngkat pendukung lainnya.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat filter kolam sederhana.
1. Buat lubang pada bagian bawah/dasar drum dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran pipa/shock drat, lubang ini difungsikan sebagai lubang pembuangan saat filter dibersihkan.

Buat Lubang pada bagian bawah samping sesuaikan pula dengan ukuran pipa/shock drat. Lubang ini difungsikan sebagai inlet filter dari air kolam.


Lubang-Lubang Pada Drum



Buat Lubang pada bagian samping atas drum, ini difungsikan sebagai outlet air masuk kembali ke kolam atau ke tong/drum yang berikutnya jika mau di cascade.

Selanjutnya pasang shock drat, pastikan tidak ada kebocoran.

2. Pasangkan Pipa pralon pada inlet filter dengan bentuk seperti pada gambar. Bentuk pipa dengan menggukanan T dan L seperti itu diharapkan membuat kotoran dari kolam akan mengendap di dasar filter, sehingga tidak kembali lagi ke kolam dan mudah dibersihkan.


Pemasangan Pipa Pralon Pada Bagian Inlet Filter



3. Tambahkan Media filter bisa menggunakan apa saja , paling sederhana menggunakan kassa untuk menyaring agar kotoran tidak naik.


Media Filter Pada Filter Sederhana

Media Filter Pada Filter Sederhana



4. Pasang Pipa untuk Outlet, pipa outlet filter juga diberikan L menghadap ke atas. Hal ini dimaksudkan untuk menangkap udara masuk bersama air kembali ke kolam sehingga meningkatkan kadar oksigen pada air kolam. Selain itu kotoran yang lolos ke atas tidak masuk ke kolam tetapi kembali mengendap ke dasar filter.


Pipa Outlet Masuk Kembali Ke Kolam Atau Chamber Lain



5. Instalasi pipa untuk bottom drain , diberikan kran buka tutup. Bisa dilakukan sebelum langkah memberikan media filter agar lebih mudah.


Bottom Drain Untuk Pembuangan Kotoran Filter

Bottom Drain Untuk Pembuangan Kotoran Filter



Setelah semua Instalasi selesai dilakukan. Filter sederhana buatan sendiri siap diaplikasikan pada kolam, bak fiber atau kolam terpal. Selain dengan cara ini filter sederhana bisa dibuat dengan model cascade dengan media filter yang bisa bervariasi. Hasil akhir dari filter sederhana buatan sendiri seperti gambar dibawah. Selamat berkreasi.


Filter Sederhana dengan Drum


Sumber:

http://www.koiclay.com/diy/pg5.htm

Tags: ,

Popularity : 66,745 views


8 comments
Leave a comment »

  1. biayane berapa?

    Reply

  2. trima kasih atas penjelasan anda yang cukup jelas, kami pemula yang dananya cdekak memang memerlukan tekhnologi sederhana dan murah.

    Reply

  3. boleh minta dibuatin ga, harganya brp?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Mohon maaf kami tidak bisa membantu, mungkin untuk yang lain kalau bisa membantu dipersilahkan.

    Reply

  4. Terima kasih atas inspirasinya …

    sangat membantu …

    Reply

  5. Pertanyaan :

    1. Berapa cm jarak pipa inlet filter dengan dasar tong.
    2. Apakah ada penyangga utk media filter?atau penyangganya hanya pipa inlet saja
    3. Barapa jarak antara pipa inlet dengan pipa outlet?
    4. Apakah harus menggunakan pompa khusus atau cukup pompa celup biasa saja.

    Reply

  6. sistem seperti ini, apakah membutuhkan 2 pompa, untuk inlet dan outlet ?

    Reply

    koikeeper Reply:

    Satu Pompa saja Om, pada bagian Inlet

    Reply

Leave Comment